Materi Resiko, Pemasaran, Administrasi Dan Rencana Usaha Pengolahan Makanan Awetan Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA
Materi Resiko, Pemasaran, Administrasi Dan Rencana Usaha Pengolahan Makanan Awetan Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Resiko, Pemasaran, Administrasi Dan Rencana Usaha Pengolahan Makanan Awetan Dari Bahan Hewani mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas X SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!
Materi Resiko, Pemasaran, Administrasi Dan Rencana Usaha Pengolahan Makanan Awetan Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA |
Modul ini sebagai pendamping buku teks pelajaran (BTP) atau buku sekolah elektronik (BSE) sebagai media pendukung bagi kalian dalam memahami materi tentang proses perencanaan usaha pengolahan makanan awetan dari bahan pangan hewani meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran.
Materi perencanaan usaha pengolahan makanan awetan dari bahan pangan hewani meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran ini adalah materi yang sangat penting dan harus kalian kuasai karena berguna dalam kehidupan sehari-hari sebagai perencanaan awal untuk memulai suatu usaha yang berkaitan dengan usaha usaha pengolahan makanan awetan dari bahan pangan hewani.
Dalam mempelajari modul ini kalian harus membaca dengan cermat kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan latihan soal sebagai alat evaluasi disertai refleksi.
Semoga Materi ini bermanfaat, kalian dapat mengerti dan memahami isi modul serta menerapkannya.
Istilah
- Administrasi : suatu proses yang umumnya terdapat pada usaha kelompok negara, swasta, sipil, atau militer serta berbagai bentuk perkumpulan untuk mencapai tujuan bersama.
- Pemasaran : suatu cara yang dilakukan oleh individu atau organisasi atau produsen untuk menyebarluaskan informasi seputar produk atau jasa yang dihasilkan kepada konsumen demi memperoleh keuntungan dengan melalui beberapa strategi yang diterapkan dalam perusahaan tersebut.
- Peluang Usaha : kesempatan yang dimiliki seseorang untuk mencapai tujuan (keuntungan, uang, kekayaan) dengan cara melakukan usaha yang memanfaatkan berbagai sumber daya yang dimiliki.
- Perencanaan : proses yang mendefinisikan tujuan dari organisasi, membuat strategi digunakan untuk mencapai tujuan dari organisasi, serta mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi.
- Sumber Daya Usaha : segala sesuatu sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya.
- Kongjungtur : pertukaran naik turunnya kemajuan dan kemunduran ekonomi yang terjadi secara bergantiganti.
- Resiko Usaha : sebuah tindakan yang dihubungkan dengan suatu kemungkinan munculnya kerugian yang tak terduga dan memang tidak diharapkan terjadi.
A. Tujuan Pembelajaran
- Memahami resiko usaha pengolahan makanan awetan dari bahan pangan hewani.
- Memahami administrasi dan pemasaran usaha pengolahan makanan awetan dari bahan pangan hewani.
- Memahami perencanaan usaha pengolahan makanan awetan dari bahan pangan hewani.
B. Uraian Materi
Resiko Usaha Pengolahan Makanan Awetan Bahan Pangan Hewani
- Permintaan (perubahan mode, selera, dan daya beli)
- Perubahan kongjungtur (perubahan kondidi perekonomian yang pasang surut)
- Persaingan
- Akibat lain, menyerupai: peristiwa alam, perubahan aturan, perubahan teknologi, dan lain-lain.
- Adanya kesadaran dalam kemampuan mengelolah usaha, peluang, dan kekuatan perusahaan.
- Adanya keinginan berpengaruh untuk berprestasi, dorongan berinisiatif, dan motivasi untuk melaksanakan taktik usaha.
- Adanya kemampuan merencanakan taktik untuk mewujudkan perubahan di dalam lingkungan usahanya.
- Adanya kreativitas dan inovatif dalam menerapkan cara mengolah modal perjuangan untuk memperoleh keuntungan.
Keberhasilan dan kegagalan dalam Usaha
- Keyakinan yang kuat
- Sikap mental yang positif
- Percaya diri
- Bertanggung jawab
- Inovatif dan kreatif
- Unggul dalam menjalankan usaha
- Tepat sasaran
- Pengelolaan wakyu yang efisien dan efektif
- Pengembangan diri
- Selalu mengadakan evaluasi atas usaha yang dijalankannya
- Tidak ada tujuan tertentu dalam usaha
- Kurang berambisi
- Tidak disiplin
- Pendidikan yang tidak cukup
- Sikap selalui menunda- nunda
- Kesehatan yang terganggu
- Kurang tekun
- Kepribadian yang negative/pesimis
- Tidak jujur
- Tidak dapat bekerja sama dengan orang lain atau relasi
Pemasaran dan Administrasi Usaha
1. Konsep produksi
2. Konsep produk
3. Konsep penjualan
4. Konsep pemasaran
Strategi Pemasaran
1. Daur hidup produk
2. Posisi persaingan perusahaan di pasar
3. Situasi ekonomi
Analisis Pemasaran
1. Product (produk)
2. Price (harga)
3. Place (tempat)
4. Promotion (promosi)
C. Rangkuman
- Permintaan (perubahan mode, selera, dan daya beli)
- Perubahan kongjungtur (perubahan kondidi perekonomian yang pasang surut)
- Persaingan
- Akibat lain, menyerupai: peristiwa alam, perubahan aturan, perubahan teknologi, dan lain-lain.
- Konsep produksi
- Konsep produk
- Konsep Penjualan
- Konsep pemasaran
- Daur hidup produk
- Posisi persaingan perusahaan di pasar
- Situasi ekonomi
- Product (produk)
- Price (harga)
- Place (tempat)
- Promotion (promosi)
D. Latihan Soal
- Jelaskan pemahaman kalian yang dimaksud dengan pemasaran !
- Sebut dan jelaskan strategi pemasaran awetan bahan baku hewani !
- Dalam memasarkan sebuah usaha hasil awetan bahan baku hewani perlu adanya analisa pemasaran, jelaskan yang kalian !
Kunci Jawaban dan Pembahasan
E. Penilaian Diri
- apakah peranan analisis sumber daya dalam sebuah perencanaan usaha
- pengawetan dengan suhu dingin pada ikan bandeng berfungsi untuk
- biaya produksi suatu usaha pengolahan makanan dapat ditentukan dengan memperhatikan
- sebutkan 3 cara pengawetan ikan secara tradisional
- makanan awetan nabati
- kriteria peluang usaha
- berikut ini yang tidak termasuk kriteria peluang usaha adalah
- tahapan pengolahan pangan yang tepat adalah