Materi Pemasaran Mapel Prakarya Kelas 10 SMA/MA
Materi Pemasaran Mapel Prakarya Kelas 10 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Pengertian, Fungsi Dan Tugas Pemasaran, Jenis Pemasaran Dan Manfaat Pemasaran dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas X SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!
Materi Pemasaran Mapel Prakarya Kelas 10 SMA/MA |
Merasakan hidup mapan serta mempunyai waktu luang untuk dapat menikmati penghasilan yang diperolah tanpa dibatasi oleh waktu karena khawatir akan mendapat surat pemutusan hubungan kerja, langkah yang paling tepat untuk segera direncanakan untuk masa depan adalah menjadi seorang wirausahawan. Salah satu jenis usaha yang dapat dijalankan adalah usaha pengolahan makanan awetan dari bahan nabati.
Istilah
- Peluang usaha : suatu ide yang menarik atau usulan usaha yang memberikan kemungkinan untuk memberikan hasil bagi seseorang yang ingin mengambil risiko.
- Makanan awetan dari bahan nabati : makanan yang dibuat dari sumber daya alam nabati, yang sudah melalui proses pengolahan yang tepat sesuai dan dikemas dengan baik, baik menggunakan pengawet maupun tidak sehingga mempunyai umur simpan yang lebih panjang.
- Material : adalah bahan baku apa yang akan digunakan untuk kegiatan produksi.
- Machine (mesin): merupakan adalah alat yang digunakan untuk mempermudah kegiatan produksi agar dapat menghasilkan produk secara maksimal.
- Metode: cara yang digunakan oleh perusahaan agar
- kegiatan produksi dapat berjalan secara efektif dan efisien.
- Pemasaran: merupakan suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
A. Tujuan Pembelajaran
- Menjelaskan pengertian pemasaran
- Menjelaskan fungsi dari pemasaran
- Menjelaskan jenis-jenis pemasaran
- Menentukan strategi pemasaran yang potensial agar target penjualan produk sesuai dengan yang telah direncanakan.
B. Uraian Materi
1. Pengertian Pemasaran
2. Fungsi Pemasaran
a. Pengenalan produk
b. Riset (penelitian)
c. Distribusi
d. Layanan purnajual
3. Jenis-jenis Pemasaran
a. Branding
b. Iklan Siaran
c. Multi-Level Marketing
d. Internet atau online
C. Rangkuman
- Pemasaran berfungsi untuk mengenalkan atau menentuka produk secara tepat, agar hasil yang diharapkan sesuai dengan target atau tujuan yang telah direncanakan.
- Terdapat beberapa jenis pemasaran, semuanya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Sangat ditentukan oleh kondisi usaha yang kamu miliki.
- Pemasaran merupakan hal yang penting dalam sebuah usaha, semakin baik strategi marketing pada usaha, semakin cepat usaha yang dijalankan berkembang.
- Jika strategi marketing Anda bagus tanpa dibarengi pembukuan yang terstruktur maka bisnis Anda akan berantakan. Untuk melakukan proses pembukuan yang baik dibutuhkan pencatatan transaksi yang teratur agar menghasilkan laporan keuangan yang bisa dipertanggungjawabkan.
D. Latihan Soal
- Apakah yang dimaksud dengan pemasaran?
- Ada berapa jenis-jenis pemasaran? Jelaskan dengan bahasamu sendiri.
- Bagaimana menentukan jenis pemasaran yang paling tepat untuk dilakukan?
- Apakah semua jenis pemasaran bisa dilakukan secara bersamaan?
Pembahasan Latihan Soal
- Pemasaran merupakan suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
- Ada 4 jenis pemasaran, yaitu
- Branding, merupakan bentuk pemasaran yang memiliki fungsi sebagai iklan jangka panjang. Branding sangat membantu untuk membuat produk atau layanan menjadi lebih menarik dan terkenal, contoh logo, slogan, dll.
- Iklan siaran, contohnya iklan melalui radio atau televisi
- Pemasaran dengan menggunakan multi-level marketing adalah bentuk penjualan langsung yang melibatkan banyak orang di mana perusahaan merekrut dan menjual produk-produknya.
- Internet atau online. Internet menjadi salah satu media pemasaran yang paling diminati. Hampir semua orang pasti menggunakan internet, sehingga pasarnya sangat luas. Pemasaran dapat dilakukan dalam berbagai cara seperti menggunaan email, website atau iklan.
- Menentukan jenis pemasaran perlu diperhatikan sasaran pasar yang akan dituju.
- Semua jenis pemasaran bisa dilakukan secara bersamaan, satu contoh pemasaran produk minuman sari buah diiklankan di televisi, dibranding dengan logo dan kemasan yang menarik sehingga semua orang tau, diiklankan juga secara online.
E. Penilaian Diri
- jenis pemasaran
- perencanaan pemasaran
- pemasaran pdf
- konsep pemasaran
- fungsi pemasaran
- strategi pemasaran
- contoh pemasaran
- pemasaran adalah jurnal