Lengkap - 90+ Contoh Soal Essay Sejarah Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
90+ Contoh Soal Essay Sejarah Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Hai adik adik yang baik ini pada kesempatan kali ini kakak ingin berbagi Contoh soal SEJARAH untuk adik adik yang sedang duduk dibangku kelas 10 SMA/MA. Soal ini terdiri dari soal ESSAY sebanyak 90 soal yang siap dijadikan sebagai bahan latihan adik adik. Oiya Sejarah merekam kehidupan masyarakat manusia, perubahan masyarakat yang terus menerus, merekam ide-ide yang membatasi aksi-aksi masyarakat, dan merekam kondisi-kondisi material yang telah membantu atau merintangi perkembangnnya.
Mereka hidup secara bersama-sama dalam satu kelompok sosial, mereka masih food gathering (mengumpulkan makanan) yang kemudian meningkat ke food producing (menghasilkan makanan).
Sejarah sosial terus mengalami perkembangan selaras dengan perkembangan masyarakatnya dari yang paling sederhana ke tingkat yang lebih maju. Munculnya modernisasi, masyarakat pun akan terus membangun kemajuan sosial. Seperti dalam taraf hidup yang sederhana di masa bercocok tanam, maka upaya sosial muncul dengan masyarakat gotong royong yang dirasakan sebagai hal yang wajib dalam kehidupan bermasyarakat luas bahkan kepada aturan-aturan masyarakat yang perlu mereka taati bersama untuk dijaga kelestariannya.
Setelah masuknya hinduisme, kehidupan sosial masyarakat semakin baik, bahkan mereka secara sukarela dan bersama mampu menghasilkan bangunan yang amat besar dan dianggap suci, seperti candi Prambanan dan Borobudur.
Masyarakatnya jujur, taat kepada sang pencipta secara sukarela, juga taat kepada para pemimpin bahkan di dalam keluarga mereka taat dan saling menghormati. Pada masa Hindu-Buddha inilah di Indonesia muncul kerajaan yang pertama, seperti Kerajaan Kutai pada abad ke-5,
Tarumanegara, kemudian Sriwijaya di Sumatra. Hubungan yang erat terjadi di dalam atau di luar istana, walaupun mempunyai satu arah pada istanasentris bahkan muncul pengultusan pada raja.
Di zaman Islam, seiring dengan berkembangnya kerajaan Islam di Nusantara masyarakat sudah mulai teratur, kehidupan sosial semakin tampak membawa kesejahteraan dan perbaikan sosial. Kehidupan demokrasi mulai tertata melalui system kerajaan. Sistem ini kemudian dikembangkan di tengah masyarakat luas dengan cara mengurangi sikap feodal sebab para raja Islam telah memberikan contoh kehidupan yang demokratis. Oleh karena itu, masalah sosial tidak lepas dari perkembangan hidup masyarakat yang menciptakan perkembangan sejarah umat manusia.
90+ Contoh Soal Essay Sejarah Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sahabat rumpunnews dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Essay Sejarah Kelas 10 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di rumpunnews dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal Essay Sejarah Kelas 10 SMA/MA Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut rumpunnews memberikan Soal Essay Sejarah Kelas 10 SMA/MA
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang benar !
1. Sejarah sebagai peristiwa disebut sejarah....
Jawaban: objektif
2. Dimensi ruang disebut....
Jawaban: spasial
3. Perspektif waktu dalam sejarah adalah waktu dilihat sebagai....
Jawaban: linier
4. Manusia dalam sejarah berperan sebagai....
Jawaban: subjek atau objek sejarah
5. Sejarah tidak akan terulang, yang terulang hanya.....
Jawaban: polanya saja
6. Istilah dan erpistiwa itu abadi, yaitu....
Jawaban: immortal
7. Dimensi temporal adalah konsep sejarah terhadap....
Jawaban: waktu
8. Konsep waktu sejarah sangat berhubungan erat dengan ilmu....
Jawaban: sejarah
9. Dalam menjalani hidup saat ini, manusia perlu membuat....
Jawaban: perencanaan masa depan
10. Unsur-unsur sejarah, yaitu ruang, waktu, dan....
Jawaban: manusia
11. Jelaskan hubungan manusia dengan sejarah!
Jawaban: hubungan manusia dan sejarah sangat erat. Hal ini karena manusia adalah subjek dan objek sejarah. Peristiwa sejarah terjadi dalam raung dan berproses dalam waktu di mana manusia beraktivitas.
12. Apakah sejarah dapat terulang kembali?
Jawaban: sejarah tidak dapat terulang kembali sebab sejarah merupakan peristiwa yang unik karena hanya sekali terjadi dan tidak pernah terulang kembali persis sama untuk kedua kalinya.
13. Jelaskan perspektif waktu dalam sejarah!
Jawaban: perspektif waktu dalam sejarah merupakan suatu proses yang terus berjalan dalam sebuah garis lurus
14. Jelaskan konsep ruang dalam sejarah!
Jawaban: konsep ruang dalam sejarah merupakan tempat terjadinya peristiwa sejarah. Peristiwa sejarah akan selalu berkaitan dengan batasan ruang dan berhubungan dengan konsep waktu.
15. Mengapa sejarah berkaitan dengan masa depan?
Jawaban: sejarah berkaitan dengan masa depan karena manusia masa kini belajar dari masa lalu dan masa kini menjadi harapan harapan masa yang akan datang. Masa lalu menjadi pijakan masa kini dan masa kini menjadi harapan dan cita-cita masa depan.
16. Hal yang terpenting dalam penyusunan periodisasi adalah....
Jawaban: prinsip kontinuitas
17. Sebuatan bapak sejarah diberikan kepada....
Jawaban: Herodotus
18. Peristiwa sejarah bersifat abadi karena....
Jawaban: tidak berubah-ubah
19. Kejadian dalam masyarakat manusia pada zaman lampau meliputi....
Jawaban: gejala, perbuatan, dan keadaan.
20. Menurut Kuntowijoyo objek sejarah sebagai ilmu adalah...
Jawaban: manusia
21. Pembabakan waktu disebut juga....
Jawaban: periodisasi
22. Urutan peristiwa sejarah yang terjadi disebut....
Jawaban: kronologi
23. Historia vitae magistra artinya....
Jawaban: sejarah adalah guru kehidupan
24. Secara etimologi sejarah berasal dari bahasa Arab, yaitu....
Jawaban: syajarotun
25. Sejarah dalam bahasa Belanda adalah....
Jawaban: geschiedenis
26. Mengapa timbul perbedaan pandangan mengenai definisi sejarah? Jelaskan Jawabanmu!
Jawaban: timbulnya perbedaan pandangan mengenai definisi sejarah dikarenakan setiap orang akan memiliki argumen yang berbeda dan dari pendidikan yang berbeda, selain itu juga sumber yang diambil pun berbeda
27. Apa yang dimaksud dengan sejarah sebagai ilmu?
Jawaban: sejarah sebagai ilmu adalah suatu susunan pengetahuan (a body of knowledge) tentang peristiwa dan cerita yang terjadi di masyarakat manusia pada masa lampau yang disusun secara sistematis dan metodis berdasarkan asas-asas, prosedur, dan metode serta teknik ilmiah yang diakui oleh para pakar sejarah.
28. Jelaskan ciri-ciri utama sejarah!
Jawaban: ciri-ciri utama sejarah, yaitu:
a. Peristiwa yang abadi
Peristiwa sejarah merupakan peristiwa yang abadi, karena peristiwa tersebut tidak berubah-ubah dan tetap dikenang sepanjang masa
b. Peristiwa yang unik
Peristiwa sejarah unik karena hanya terjadi satu kali dan tidak pernah terulang sama persis sama untuk kedua kalinya
c. Peristiwa yang penting
Peristiwa sejarah merupakan peristiwa yang penting dan dapat dijadikan momentum kehidupan semua orang.
29. Jelaskan fungsi sejarah sebagai fungsi rekreatif!
Jawaban: sejarah sebagai fungsi rekreatif dapat memberikan kesenangan dan rasa estetis karena penulisan sejarah mampu menarik pembaca berkreasi tanpa beranjak dari tempat. Kita dapat mengetahui peristiwa yang telah lampau. Dengan mempelajari kisah-kisah sejarah di tempat yang jauh, di negara-negara lain, maka seolah-olah kita bertamasya dan memberikan kepuasan dalam bentuk “pesona perlawatan”.
30. Apa yang dimaksud kegunaan intrinsik dan ekstrinsik dalam sejarah?
Jawaban:
- Fungsi intrinsik, yakni kegunaan dari dalam yang nampak terkait dengan keilmuan dan pembinaan profesi kesejarahan. Fungsi intrinsik sejarah adalah sejarah sebagai ilmu, sejarah sebagai cara mengetahui masa lampau, sejarah sebagai pernyatan pendapat, dan sejarah sebagai profesi.
- Fungsi ekstrinsik terkait dengan proses penanaman nilai dan proses pendidikan. Fungsi ekstrinsik meliputi sejarah sebagai pendidikan moral, sejarah sebagai pendidikan penalaran, sejarah sebagai pendidikan politik, sejarah sebagai pendidikan kebijakan, sejarah sebagai pendidikan perubahan, sejarah sebagai pendidikan masa depan, sejarah sebagai pendidikan keindahan, dan sejarah sebagai ilmu bantu.
31. Keruntutan dalam penulisan sejarah disebut....
Jawaban: kronologi
32. Metode sosiohistoris disebut juga...
Jawaban: diakronik
33. Pendekatan sejarah dengan menekankan struktur disebut...
Jawaban: sinkronik
34. Metode penyusunan dan pengolahan sumber, yaitu....
Jawaban: interpretasi
35. Pendapat tentang sejarah sebagai ilmu, tidak kurang atau lebih, dikemukakan oleh...
Jawaban: J.B. Burry
36. Dalam sejarah, kausalitas disamakan dengan konsep....
Jawaban: sebab akibat
37. Kausalitas merupakan inti dari penjelasan sejarah, dikemukakan oleh....
Jawaban: Sartono Kartodirdjo
38. Kronologi dalam sejarah memiliki arti yang sama dengan cara berpikir....
Jawaban: diakronik
39. Sejarah itu diakronik, berarti sejarah menekankan....
Jawaban: diakronik
40. Diakronik diambil dari bahasa....
Jawaban: Yunani
41. Sebutkan beberapa pendapat mengenai periodisasi!
Jawaban:
a. Menurut pendapat monistis, tidak mengenal periodisasi, karena setiap pembabakan sejarah atas zaman akan mengurangi kontinuitas.
b. Menurut pendapat atomistis, menentang periodisasi. Hal ini dikarenakan periodisasi hanya khayalan saja, sebab yang bersifat nyata hanyalah pengalaman langsung dari masing-masing individu.
c. Pendapat jalan tengah antara monistis dan atomistis. Dalam pendapat ini kenyataan merupakan heterogenitas kontinu yang dapat diartikan walaupun terdapat perbedaan pendapat, tetapi selalu berkelanjutan (kontinu).
d. Menurut Sartono Kartodirjo, bahwa periodisasi diperlukan untuk menetapkan karakteristik zaman dan membantu menyusun sistematika dalam penulisan sejarah.
42. Mengapa pada umumnya sejarawan memaki konsep three age system? Jelaskan alasanya!
Jawaban:
a. Jumlah tiga mudah diingat
b. antara periode pertama dan ketiga sangat berbeda, dan
c. periode kedua umumnya periode peralihan
43. Jelaskan arti dari sejarah itu sinkronik!
Jawaban: sejarah itu sinkronik artinya sebuah metode yang lebih menekankan struktur ketimbang proses di dalam penelitiannya.
44. Mengapa diperlukan berpikir kronologi dalam sejarah?
Jawaban: agar penulisan sejarah yang dilakukan bersifat runut, selain itu sejarah yang diakronik atau memanjang dalam waktu.
45. Apa itu konsep kausalitas?
Jawaban: kausalitas adalah hukum sebab akibat mengenai suatu peristiwa.
46. Prasasti, dokumen, naskah adalah sumber sejarah....
Jawaban: tertulis
47. Sumber tertulis sekunder adalah....
Jawaban: buku-buku sejarah
48. Kata fakta berasal dari bahasa latin, yaitu....
Jawaban: faktus
49. Fakta sejarah sebagai suatu yang dijabarkan secara langsung atau tidak langsung dari sumber sejarah yang dipandang kredibel dan telah diuji dengan metode sejarah merupakan pendapat....
Jawaban: Louis Gottschalk
50. Sumber menurut sifatnya ada dua, yaitu.... dan ....
Jawaban: primer dan sekunder
51. Rekaman atau bukti sejarah disebut....
Jawaban: sumber sejarah
52. Sumber yang mengalami sendiri suatu peristiwa disebut....
Jawaban: sumber primer
53. Oral tradition termasuk sumber.....
Jawaban: lisan
54. Peninggalan-peninggalan zaman praaksara berupa fosil-fosil dan benda-benda buatan manusia disebut....
Jawaban: artefak (sumber benda)
55. Peninggalan di masa lampau, tetapi masih dipergunakan saat ini disebut....
Jawaban: sumber sejarah
56. Sebutkan dua jenis sumber sejarah!
Jawaban: sumber sejarah ada dua, yaitu sumber primer dan sumber sekunder
57. Sebutkan yang termasuk sumber tertulis!
Jawaban: sumber tertulis contohnya prasasti, babad, kronik, piagam, dokumen, arsip, laporan, dan surat kabar
58. Jelaskan pengertian dari sumber benda dan berikan contohnya!
Jawaban: sumber benda, yaitu benda-benda peninggalan masa lampau, seperti bangunan, kapak, gerabah, perhiasan, patung, candi, gereja, dan masjid. Sumber sejarah yang diperoleh dari peninggalan benda-benda kebudayaan, misalnya kapak, gerabah, perhiasan, manik-manik, candi, dan patung.
59. Sebutkan kedudukan dari sumber sejarah!
Jawaban: sumber sejarah mempunyai kedudukan yang amat penting dalam penelitian sejarah. Contohnya bahan dokumentar mempunyai kedudukan.
a. Membentuk dan memperbaiki alat konseptual
b. Menyarankan hipotesis baru
c. Memberi fakta
d. Mengawasi fenomena
60. Apa yang dimaksud sumber primer? Jelaskan!
Jawaban: sumber primer adalah sumber yang menyaksikan, mendengar sendiri, atau mengalami sendiri suatu peristiwa. Sumber primer ini terbagi menjadi dua, yaitu:
a. Strictly primary sources (sumber primer yang kuat), yaitu sumber yang berasal dari para pelaku atau para saksi yang menyaksikan langsung suatu peristiwa.
b. Less strictly primary sources (sumber primer kurang kuat), yaitu sumber yang hidup satu zaman dengan suatu peristiwa, tetapi tidak memiliki hubungan langsung dengan peristiwa tersebut.
61. Kata heuristik diambil dari bahasa....
Jawaban: Yunani
62. Kritik mengenai keaslian sumber disebut kritik....
Jawaban: ekstern
63. Tahap akhir metode sejarah adalah....
Jawaban: historiografi
64. Interpretasi rentan dimasuki oleh sifat....
Jawaban: subjektivitas
65. Kritik terbagi menjadi dua, yaitu... dan ...
Jawaban: kritik intern dan kritik ekstern
66. Pencarian fakta dapat disebut....
Jawaban: heuristik
67. Interpretasi terdiri atas....
Jawaban: interpretasi faktual, logis dan teknis
68. Dalam historiografi diperlukan kemampuan....
Jawaban: imajinasi
69. Penyusunan yang berurutan disebut....
Jawaban: kronologis
70. Laporan yang berisi tentang materi hasil penelitian sejarah disebut....
Jawaban: historiografi
71. Apa yang dimaksud metode sejarah?
Jawaban: metode sejarah adalah kegiatan mengumpulkan, menguji, dan menganalisis data yang diperoleh dari peninggalan peninggalan masa lampau kemudian direkonstruksikan berdasarkan data tersebut sehingga menghasilkan cerita sejarah
72. Sebutkan dan jelaskan langkah-langkah metode sejarah!
Jawaban: langkah-langkah metode sejarah sebagai berikut
a. Heuristik adalah mengumpulkan dan menghimpun berbagai sumber data sejarah
b. Verifikasi adalah melakukan pemeriksaan terhadap sumber-sumber sejarah yang telah dikumpulkan, baik terhadap autentisitas sumber maupun kredibilitas sumber
c. Interpretasi adalah menafsirkan fakta sejarah dan merangkainya menjadi satu kesatuan yang harmonis dan masuk akal
d. Historiografi adalah rekonstruksi imajinatif masa lampau berdasarkan data yang diperoleh dengan menempuh proses menguji dan menganalisis secara kritis rekaman dan peninggalan masa lampau
73. Apa yang dimaksud kritik ekstern? Jelaskan!
Jawaban: kritik ekstern adalah kritik terhadap keaslian bahan yang digunakan dalam pebuatan sumber sejarah
74. Mengapa interpretasi menjadi kelemahan dalam penyusunan historiografi?
Jawaban: interpretasi menjadi kelemahan dalam penyusunan historografi, sebab dalam interpretasi terdapat subjektivitas peneliti. Namun demikian, subjektivitas dapat ditekan dengan pendekatan ilmiah, konsep, atau teori dalam menginterpretasikan sumber.
75. Jelaskan langkah-langkah penyusunan laporan hasil penelitian sejarah!
Jawaban:
a. Bab I Pendahuluan
Pendahuluan berisi berbagai informasi tentang materi dalam suatu laporan secara keseluruhan. Adapun di dalam pendahuluan terdapat subbab sebagai berikut.
1) Latar belakang masalah, berisi pengantar yang memaparkan tentang sebab-sebab suatu masalah dan pemikiran tentang pentingnya masalah tersebut untuk dikaji
2) Perumusan masalah, berisi tentang masalah utama yang akan diteliti
3) Tujuan dan manfaat penelitian, berisi rincian yang ingin dicapai dalam penelitian
4) Metode penelitian, berisi penjelasan tentang metode yang digunakan
5) Tinjuan pustaka, berisi tentang tinjauan atau sumber pustaka/buku yang digunakan sebagai pendukung penelitian
6) Kerangka teoritis, berisi tentang penggunaan berbagai teori berkaitan dengan masalah atau topik yang diteliti.
b. Bab II Hasil Penelitian
Di dalam bab ini, yang dipaparkan adalah hasil dari penyusunan sumber-sumber yang didapat, pengolahan, dan penulisan secara interpretasi terhadap hasil penelitian. Bab untuk hasil tidak terpaku hanya satu bab saja. Bab hasil bisa terdiri atas satu bab atau lebih tergantung pembahasan yang dilakukan oleh penulis terhadap suatu masalah.
c. Bab III Penutup
bab penutup merupakan kesimpulan dari laporan penelitian secara keseluruhan. Setelah bab penutup, di dalam laporan penelitian sejarah dicantumkan juga daftar pustaka sebagai pemberi informasi atau petunjuk terkait sumber yang digunakan dalam membuat laporan penelitian sejarah. Selain itu, terdapat lampiran yang berisi data-data pendukung, baik berupa dokumen, gambar atau tabel.
76. Kolonial Geschiedenis merupakan karya....
Jawaban: Colenbrander
77. Hal yang ditonjolkan pada historiografi kolonial adalah....
Jawaban: Neerlandosentris/Eropasentris
78. Historiografi tradisional contohnya kitab Negarakertagama yang ditulis pada masa pemerintah....
Jawaban: Hayam Wuruk
79. Seminar sejarah Nasional Indonesia pertama kali dilakukan tahun....
Jawaban: 1957
80. Fase dalam perkembangan historiografi modern, yaitu...., .... , ....
Jawaban: revolusi, Orde Baru, dan reformasi
81. History of Java merupakan karya....
Jawaban: Thomas Stamford Raffles
82. Karya sejarah ditulis bersifat ilmiah dan berorientasi kepada pemecahan masalah disebut....
Jawaban: Problem Oriented
83. Istana sentris dan religio magis adalah ciri-ciri....
Jawaban: historiografi tradisional
84. Babad Tanah Jawi termasuk historiografi....
Jawaban: tradisional
85. Raja besar Kerajaan Kediri yang juga sebagai penulis adalah....
Jawaban: Jayabaya
86. Jelaskan perbedaan historiografi tradisional dan historiografi kolonial!
Jawaban: perbedaan historiografi tradisional dan historiografi kolonial terletak pada materi tulisan di mana historiografi tradisional masih mencampur unsur-unsur mitologi, eskhatologi, dan kronologis, sedang historiografi kolonial deskripsinya berorientasikan fakta-fakta dan kejadian serta sudah menghilangkan unsur-unsur mitologis.
87. Sebutkan tokoh-tokoh sejarawan masa kolonial!
Jawaban:
a. Valentijn
b. Van Dam
c. de Jonge
d. Meinsma
e. G. Gonggrijp
88. Jelaskan lima karakteristik historiografi tradisional!
Jawaban:
a. Istana/keraton sentris, artinya karya historiografi tradisional di dalamnya banyak mengungkapkan sekitar kehidupan keluarga istana/keraton
b. Religio magis, artinya dalam historiografi tradisional seorang raja ditulis sebagai manusia yang memiliki kelebihan secara batiniah, dianggap memiliki kekuatan energi gaib. Tujuannya agar seorang raja mendpat apresiasi yang luar biasa di mata rakyatnya, sehingga rakyat takut, patuh, dan mau melaksanakan perintahnya. Rakyat akan memandang, bahwa seorang raja keberadaannya di muka bumi merupakan sebagai perwujudan atau perwakilan dari Tuhan.
c. Regio sentrisme, artinya historiografi tradisional ditulis lebih menonjolkan regio (wilayah) kekuasaan suatu kerajaan.
d. Etnosentrisme, artinya dalam historiografi tradisional ditulis dengan penekanan pada egoisme terhadap suku bangsa dan budaya yang ada dalam wilayah kerajaan.
e. Psiko-politis sentrisme, artinya historiografi tradisional ditulis oleh para pujangga sangat kental dengan muatan-muatan psikologis seorang raja, sehingga karya historiografi tradisional dijadikan sebagai alat politik oleh sang raja dalam rangka mempertahankan kekuasaannya. Karya historiografi tradisional oleh masyarakat setempat dipandang sebagai kitab suci yang di dalamnya penuh dengan fatwa para pujangga dalam pengabdiannya terhadap sang raja.
89. Apa yang dimaksud dengan historiografi kolonial?
Jawaban: histiografi kolonial adalah karya sejarah (tulisan sejarah) yang ditulis pada masa pemerintahan kolonial berkuasa di Indonesia
90. Sebutkan contoh dari histiografi modern!
Jawaban: contoh historiografi modern, diantaranya:
a. Sekitar perang kemerdekaan Indonesia karya A.H. Nasution
b. Indonesia dalam Arus Sejarah, Jilid 1 hingga 8, editor Taufik Abdullah dan A.B. Lapian
c. Sejarah Nasional Indonesia, Jilid I hingga VI, editor Marwati Djoened Poesponegoro dan Nugroho Notosusanto.
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 90+ Contoh Soal Essay Sejarah Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
90+ Contoh Soal Essay Sejarah Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru |
Sejarah sosial
Sejarah sosial bangsa Indonesia tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Masalah sosial menjadi pendorong munculnya peristiwa-peristiwa sejarah. Sejarah social mengalami proses perkembangan sesuai dengan perkembangan taraf hidup manusia. Ketika masa bercocok tanam, kehidupan sosial mulai tumbuh, gotong royong dirasakan sebagai kewajiban yang mendasar dalam kehidupan sehari-hari.Mereka hidup secara bersama-sama dalam satu kelompok sosial, mereka masih food gathering (mengumpulkan makanan) yang kemudian meningkat ke food producing (menghasilkan makanan).
Sejarah sosial terus mengalami perkembangan selaras dengan perkembangan masyarakatnya dari yang paling sederhana ke tingkat yang lebih maju. Munculnya modernisasi, masyarakat pun akan terus membangun kemajuan sosial. Seperti dalam taraf hidup yang sederhana di masa bercocok tanam, maka upaya sosial muncul dengan masyarakat gotong royong yang dirasakan sebagai hal yang wajib dalam kehidupan bermasyarakat luas bahkan kepada aturan-aturan masyarakat yang perlu mereka taati bersama untuk dijaga kelestariannya.
Setelah masuknya hinduisme, kehidupan sosial masyarakat semakin baik, bahkan mereka secara sukarela dan bersama mampu menghasilkan bangunan yang amat besar dan dianggap suci, seperti candi Prambanan dan Borobudur.
Masyarakatnya jujur, taat kepada sang pencipta secara sukarela, juga taat kepada para pemimpin bahkan di dalam keluarga mereka taat dan saling menghormati. Pada masa Hindu-Buddha inilah di Indonesia muncul kerajaan yang pertama, seperti Kerajaan Kutai pada abad ke-5,
Tarumanegara, kemudian Sriwijaya di Sumatra. Hubungan yang erat terjadi di dalam atau di luar istana, walaupun mempunyai satu arah pada istanasentris bahkan muncul pengultusan pada raja.
Di zaman Islam, seiring dengan berkembangnya kerajaan Islam di Nusantara masyarakat sudah mulai teratur, kehidupan sosial semakin tampak membawa kesejahteraan dan perbaikan sosial. Kehidupan demokrasi mulai tertata melalui system kerajaan. Sistem ini kemudian dikembangkan di tengah masyarakat luas dengan cara mengurangi sikap feodal sebab para raja Islam telah memberikan contoh kehidupan yang demokratis. Oleh karena itu, masalah sosial tidak lepas dari perkembangan hidup masyarakat yang menciptakan perkembangan sejarah umat manusia.
Soal Essay Sejarah Kelas 10 SMA/MA
90+ Contoh Soal Essay Sejarah Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sahabat rumpunnews dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Essay Sejarah Kelas 10 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di rumpunnews dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal Essay Sejarah Kelas 10 SMA/MA Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut rumpunnews memberikan Soal Essay Sejarah Kelas 10 SMA/MA
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang benar !
1. Sejarah sebagai peristiwa disebut sejarah....
Jawaban: objektif
2. Dimensi ruang disebut....
Jawaban: spasial
3. Perspektif waktu dalam sejarah adalah waktu dilihat sebagai....
Jawaban: linier
4. Manusia dalam sejarah berperan sebagai....
Jawaban: subjek atau objek sejarah
5. Sejarah tidak akan terulang, yang terulang hanya.....
Jawaban: polanya saja
6. Istilah dan erpistiwa itu abadi, yaitu....
Jawaban: immortal
7. Dimensi temporal adalah konsep sejarah terhadap....
Jawaban: waktu
8. Konsep waktu sejarah sangat berhubungan erat dengan ilmu....
Jawaban: sejarah
9. Dalam menjalani hidup saat ini, manusia perlu membuat....
Jawaban: perencanaan masa depan
10. Unsur-unsur sejarah, yaitu ruang, waktu, dan....
Jawaban: manusia
11. Jelaskan hubungan manusia dengan sejarah!
Jawaban: hubungan manusia dan sejarah sangat erat. Hal ini karena manusia adalah subjek dan objek sejarah. Peristiwa sejarah terjadi dalam raung dan berproses dalam waktu di mana manusia beraktivitas.
12. Apakah sejarah dapat terulang kembali?
Jawaban: sejarah tidak dapat terulang kembali sebab sejarah merupakan peristiwa yang unik karena hanya sekali terjadi dan tidak pernah terulang kembali persis sama untuk kedua kalinya.
13. Jelaskan perspektif waktu dalam sejarah!
Jawaban: perspektif waktu dalam sejarah merupakan suatu proses yang terus berjalan dalam sebuah garis lurus
14. Jelaskan konsep ruang dalam sejarah!
Jawaban: konsep ruang dalam sejarah merupakan tempat terjadinya peristiwa sejarah. Peristiwa sejarah akan selalu berkaitan dengan batasan ruang dan berhubungan dengan konsep waktu.
15. Mengapa sejarah berkaitan dengan masa depan?
Jawaban: sejarah berkaitan dengan masa depan karena manusia masa kini belajar dari masa lalu dan masa kini menjadi harapan harapan masa yang akan datang. Masa lalu menjadi pijakan masa kini dan masa kini menjadi harapan dan cita-cita masa depan.
16. Hal yang terpenting dalam penyusunan periodisasi adalah....
Jawaban: prinsip kontinuitas
17. Sebuatan bapak sejarah diberikan kepada....
Jawaban: Herodotus
18. Peristiwa sejarah bersifat abadi karena....
Jawaban: tidak berubah-ubah
19. Kejadian dalam masyarakat manusia pada zaman lampau meliputi....
Jawaban: gejala, perbuatan, dan keadaan.
20. Menurut Kuntowijoyo objek sejarah sebagai ilmu adalah...
Jawaban: manusia
21. Pembabakan waktu disebut juga....
Jawaban: periodisasi
22. Urutan peristiwa sejarah yang terjadi disebut....
Jawaban: kronologi
23. Historia vitae magistra artinya....
Jawaban: sejarah adalah guru kehidupan
24. Secara etimologi sejarah berasal dari bahasa Arab, yaitu....
Jawaban: syajarotun
25. Sejarah dalam bahasa Belanda adalah....
Jawaban: geschiedenis
26. Mengapa timbul perbedaan pandangan mengenai definisi sejarah? Jelaskan Jawabanmu!
Jawaban: timbulnya perbedaan pandangan mengenai definisi sejarah dikarenakan setiap orang akan memiliki argumen yang berbeda dan dari pendidikan yang berbeda, selain itu juga sumber yang diambil pun berbeda
27. Apa yang dimaksud dengan sejarah sebagai ilmu?
Jawaban: sejarah sebagai ilmu adalah suatu susunan pengetahuan (a body of knowledge) tentang peristiwa dan cerita yang terjadi di masyarakat manusia pada masa lampau yang disusun secara sistematis dan metodis berdasarkan asas-asas, prosedur, dan metode serta teknik ilmiah yang diakui oleh para pakar sejarah.
28. Jelaskan ciri-ciri utama sejarah!
Jawaban: ciri-ciri utama sejarah, yaitu:
a. Peristiwa yang abadi
Peristiwa sejarah merupakan peristiwa yang abadi, karena peristiwa tersebut tidak berubah-ubah dan tetap dikenang sepanjang masa
b. Peristiwa yang unik
Peristiwa sejarah unik karena hanya terjadi satu kali dan tidak pernah terulang sama persis sama untuk kedua kalinya
c. Peristiwa yang penting
Peristiwa sejarah merupakan peristiwa yang penting dan dapat dijadikan momentum kehidupan semua orang.
29. Jelaskan fungsi sejarah sebagai fungsi rekreatif!
Jawaban: sejarah sebagai fungsi rekreatif dapat memberikan kesenangan dan rasa estetis karena penulisan sejarah mampu menarik pembaca berkreasi tanpa beranjak dari tempat. Kita dapat mengetahui peristiwa yang telah lampau. Dengan mempelajari kisah-kisah sejarah di tempat yang jauh, di negara-negara lain, maka seolah-olah kita bertamasya dan memberikan kepuasan dalam bentuk “pesona perlawatan”.
30. Apa yang dimaksud kegunaan intrinsik dan ekstrinsik dalam sejarah?
Jawaban:
- Fungsi intrinsik, yakni kegunaan dari dalam yang nampak terkait dengan keilmuan dan pembinaan profesi kesejarahan. Fungsi intrinsik sejarah adalah sejarah sebagai ilmu, sejarah sebagai cara mengetahui masa lampau, sejarah sebagai pernyatan pendapat, dan sejarah sebagai profesi.
- Fungsi ekstrinsik terkait dengan proses penanaman nilai dan proses pendidikan. Fungsi ekstrinsik meliputi sejarah sebagai pendidikan moral, sejarah sebagai pendidikan penalaran, sejarah sebagai pendidikan politik, sejarah sebagai pendidikan kebijakan, sejarah sebagai pendidikan perubahan, sejarah sebagai pendidikan masa depan, sejarah sebagai pendidikan keindahan, dan sejarah sebagai ilmu bantu.
31. Keruntutan dalam penulisan sejarah disebut....
Jawaban: kronologi
32. Metode sosiohistoris disebut juga...
Jawaban: diakronik
33. Pendekatan sejarah dengan menekankan struktur disebut...
Jawaban: sinkronik
34. Metode penyusunan dan pengolahan sumber, yaitu....
Jawaban: interpretasi
35. Pendapat tentang sejarah sebagai ilmu, tidak kurang atau lebih, dikemukakan oleh...
Jawaban: J.B. Burry
36. Dalam sejarah, kausalitas disamakan dengan konsep....
Jawaban: sebab akibat
37. Kausalitas merupakan inti dari penjelasan sejarah, dikemukakan oleh....
Jawaban: Sartono Kartodirdjo
38. Kronologi dalam sejarah memiliki arti yang sama dengan cara berpikir....
Jawaban: diakronik
39. Sejarah itu diakronik, berarti sejarah menekankan....
Jawaban: diakronik
40. Diakronik diambil dari bahasa....
Jawaban: Yunani
41. Sebutkan beberapa pendapat mengenai periodisasi!
Jawaban:
a. Menurut pendapat monistis, tidak mengenal periodisasi, karena setiap pembabakan sejarah atas zaman akan mengurangi kontinuitas.
b. Menurut pendapat atomistis, menentang periodisasi. Hal ini dikarenakan periodisasi hanya khayalan saja, sebab yang bersifat nyata hanyalah pengalaman langsung dari masing-masing individu.
c. Pendapat jalan tengah antara monistis dan atomistis. Dalam pendapat ini kenyataan merupakan heterogenitas kontinu yang dapat diartikan walaupun terdapat perbedaan pendapat, tetapi selalu berkelanjutan (kontinu).
d. Menurut Sartono Kartodirjo, bahwa periodisasi diperlukan untuk menetapkan karakteristik zaman dan membantu menyusun sistematika dalam penulisan sejarah.
42. Mengapa pada umumnya sejarawan memaki konsep three age system? Jelaskan alasanya!
Jawaban:
a. Jumlah tiga mudah diingat
b. antara periode pertama dan ketiga sangat berbeda, dan
c. periode kedua umumnya periode peralihan
43. Jelaskan arti dari sejarah itu sinkronik!
Jawaban: sejarah itu sinkronik artinya sebuah metode yang lebih menekankan struktur ketimbang proses di dalam penelitiannya.
44. Mengapa diperlukan berpikir kronologi dalam sejarah?
Jawaban: agar penulisan sejarah yang dilakukan bersifat runut, selain itu sejarah yang diakronik atau memanjang dalam waktu.
45. Apa itu konsep kausalitas?
Jawaban: kausalitas adalah hukum sebab akibat mengenai suatu peristiwa.
46. Prasasti, dokumen, naskah adalah sumber sejarah....
Jawaban: tertulis
47. Sumber tertulis sekunder adalah....
Jawaban: buku-buku sejarah
48. Kata fakta berasal dari bahasa latin, yaitu....
Jawaban: faktus
49. Fakta sejarah sebagai suatu yang dijabarkan secara langsung atau tidak langsung dari sumber sejarah yang dipandang kredibel dan telah diuji dengan metode sejarah merupakan pendapat....
Jawaban: Louis Gottschalk
50. Sumber menurut sifatnya ada dua, yaitu.... dan ....
Jawaban: primer dan sekunder
51. Rekaman atau bukti sejarah disebut....
Jawaban: sumber sejarah
52. Sumber yang mengalami sendiri suatu peristiwa disebut....
Jawaban: sumber primer
53. Oral tradition termasuk sumber.....
Jawaban: lisan
54. Peninggalan-peninggalan zaman praaksara berupa fosil-fosil dan benda-benda buatan manusia disebut....
Jawaban: artefak (sumber benda)
55. Peninggalan di masa lampau, tetapi masih dipergunakan saat ini disebut....
Jawaban: sumber sejarah
56. Sebutkan dua jenis sumber sejarah!
Jawaban: sumber sejarah ada dua, yaitu sumber primer dan sumber sekunder
57. Sebutkan yang termasuk sumber tertulis!
Jawaban: sumber tertulis contohnya prasasti, babad, kronik, piagam, dokumen, arsip, laporan, dan surat kabar
58. Jelaskan pengertian dari sumber benda dan berikan contohnya!
Jawaban: sumber benda, yaitu benda-benda peninggalan masa lampau, seperti bangunan, kapak, gerabah, perhiasan, patung, candi, gereja, dan masjid. Sumber sejarah yang diperoleh dari peninggalan benda-benda kebudayaan, misalnya kapak, gerabah, perhiasan, manik-manik, candi, dan patung.
59. Sebutkan kedudukan dari sumber sejarah!
Jawaban: sumber sejarah mempunyai kedudukan yang amat penting dalam penelitian sejarah. Contohnya bahan dokumentar mempunyai kedudukan.
a. Membentuk dan memperbaiki alat konseptual
b. Menyarankan hipotesis baru
c. Memberi fakta
d. Mengawasi fenomena
60. Apa yang dimaksud sumber primer? Jelaskan!
Jawaban: sumber primer adalah sumber yang menyaksikan, mendengar sendiri, atau mengalami sendiri suatu peristiwa. Sumber primer ini terbagi menjadi dua, yaitu:
a. Strictly primary sources (sumber primer yang kuat), yaitu sumber yang berasal dari para pelaku atau para saksi yang menyaksikan langsung suatu peristiwa.
b. Less strictly primary sources (sumber primer kurang kuat), yaitu sumber yang hidup satu zaman dengan suatu peristiwa, tetapi tidak memiliki hubungan langsung dengan peristiwa tersebut.
61. Kata heuristik diambil dari bahasa....
Jawaban: Yunani
62. Kritik mengenai keaslian sumber disebut kritik....
Jawaban: ekstern
63. Tahap akhir metode sejarah adalah....
Jawaban: historiografi
64. Interpretasi rentan dimasuki oleh sifat....
Jawaban: subjektivitas
65. Kritik terbagi menjadi dua, yaitu... dan ...
Jawaban: kritik intern dan kritik ekstern
66. Pencarian fakta dapat disebut....
Jawaban: heuristik
67. Interpretasi terdiri atas....
Jawaban: interpretasi faktual, logis dan teknis
68. Dalam historiografi diperlukan kemampuan....
Jawaban: imajinasi
69. Penyusunan yang berurutan disebut....
Jawaban: kronologis
70. Laporan yang berisi tentang materi hasil penelitian sejarah disebut....
Jawaban: historiografi
71. Apa yang dimaksud metode sejarah?
Jawaban: metode sejarah adalah kegiatan mengumpulkan, menguji, dan menganalisis data yang diperoleh dari peninggalan peninggalan masa lampau kemudian direkonstruksikan berdasarkan data tersebut sehingga menghasilkan cerita sejarah
72. Sebutkan dan jelaskan langkah-langkah metode sejarah!
Jawaban: langkah-langkah metode sejarah sebagai berikut
a. Heuristik adalah mengumpulkan dan menghimpun berbagai sumber data sejarah
b. Verifikasi adalah melakukan pemeriksaan terhadap sumber-sumber sejarah yang telah dikumpulkan, baik terhadap autentisitas sumber maupun kredibilitas sumber
c. Interpretasi adalah menafsirkan fakta sejarah dan merangkainya menjadi satu kesatuan yang harmonis dan masuk akal
d. Historiografi adalah rekonstruksi imajinatif masa lampau berdasarkan data yang diperoleh dengan menempuh proses menguji dan menganalisis secara kritis rekaman dan peninggalan masa lampau
73. Apa yang dimaksud kritik ekstern? Jelaskan!
Jawaban: kritik ekstern adalah kritik terhadap keaslian bahan yang digunakan dalam pebuatan sumber sejarah
74. Mengapa interpretasi menjadi kelemahan dalam penyusunan historiografi?
Jawaban: interpretasi menjadi kelemahan dalam penyusunan historografi, sebab dalam interpretasi terdapat subjektivitas peneliti. Namun demikian, subjektivitas dapat ditekan dengan pendekatan ilmiah, konsep, atau teori dalam menginterpretasikan sumber.
75. Jelaskan langkah-langkah penyusunan laporan hasil penelitian sejarah!
Jawaban:
a. Bab I Pendahuluan
Pendahuluan berisi berbagai informasi tentang materi dalam suatu laporan secara keseluruhan. Adapun di dalam pendahuluan terdapat subbab sebagai berikut.
1) Latar belakang masalah, berisi pengantar yang memaparkan tentang sebab-sebab suatu masalah dan pemikiran tentang pentingnya masalah tersebut untuk dikaji
2) Perumusan masalah, berisi tentang masalah utama yang akan diteliti
3) Tujuan dan manfaat penelitian, berisi rincian yang ingin dicapai dalam penelitian
4) Metode penelitian, berisi penjelasan tentang metode yang digunakan
5) Tinjuan pustaka, berisi tentang tinjauan atau sumber pustaka/buku yang digunakan sebagai pendukung penelitian
6) Kerangka teoritis, berisi tentang penggunaan berbagai teori berkaitan dengan masalah atau topik yang diteliti.
b. Bab II Hasil Penelitian
Di dalam bab ini, yang dipaparkan adalah hasil dari penyusunan sumber-sumber yang didapat, pengolahan, dan penulisan secara interpretasi terhadap hasil penelitian. Bab untuk hasil tidak terpaku hanya satu bab saja. Bab hasil bisa terdiri atas satu bab atau lebih tergantung pembahasan yang dilakukan oleh penulis terhadap suatu masalah.
c. Bab III Penutup
bab penutup merupakan kesimpulan dari laporan penelitian secara keseluruhan. Setelah bab penutup, di dalam laporan penelitian sejarah dicantumkan juga daftar pustaka sebagai pemberi informasi atau petunjuk terkait sumber yang digunakan dalam membuat laporan penelitian sejarah. Selain itu, terdapat lampiran yang berisi data-data pendukung, baik berupa dokumen, gambar atau tabel.
76. Kolonial Geschiedenis merupakan karya....
Jawaban: Colenbrander
77. Hal yang ditonjolkan pada historiografi kolonial adalah....
Jawaban: Neerlandosentris/Eropasentris
78. Historiografi tradisional contohnya kitab Negarakertagama yang ditulis pada masa pemerintah....
Jawaban: Hayam Wuruk
79. Seminar sejarah Nasional Indonesia pertama kali dilakukan tahun....
Jawaban: 1957
80. Fase dalam perkembangan historiografi modern, yaitu...., .... , ....
Jawaban: revolusi, Orde Baru, dan reformasi
81. History of Java merupakan karya....
Jawaban: Thomas Stamford Raffles
82. Karya sejarah ditulis bersifat ilmiah dan berorientasi kepada pemecahan masalah disebut....
Jawaban: Problem Oriented
83. Istana sentris dan religio magis adalah ciri-ciri....
Jawaban: historiografi tradisional
84. Babad Tanah Jawi termasuk historiografi....
Jawaban: tradisional
85. Raja besar Kerajaan Kediri yang juga sebagai penulis adalah....
Jawaban: Jayabaya
86. Jelaskan perbedaan historiografi tradisional dan historiografi kolonial!
Jawaban: perbedaan historiografi tradisional dan historiografi kolonial terletak pada materi tulisan di mana historiografi tradisional masih mencampur unsur-unsur mitologi, eskhatologi, dan kronologis, sedang historiografi kolonial deskripsinya berorientasikan fakta-fakta dan kejadian serta sudah menghilangkan unsur-unsur mitologis.
87. Sebutkan tokoh-tokoh sejarawan masa kolonial!
Jawaban:
a. Valentijn
b. Van Dam
c. de Jonge
d. Meinsma
e. G. Gonggrijp
88. Jelaskan lima karakteristik historiografi tradisional!
Jawaban:
a. Istana/keraton sentris, artinya karya historiografi tradisional di dalamnya banyak mengungkapkan sekitar kehidupan keluarga istana/keraton
b. Religio magis, artinya dalam historiografi tradisional seorang raja ditulis sebagai manusia yang memiliki kelebihan secara batiniah, dianggap memiliki kekuatan energi gaib. Tujuannya agar seorang raja mendpat apresiasi yang luar biasa di mata rakyatnya, sehingga rakyat takut, patuh, dan mau melaksanakan perintahnya. Rakyat akan memandang, bahwa seorang raja keberadaannya di muka bumi merupakan sebagai perwujudan atau perwakilan dari Tuhan.
c. Regio sentrisme, artinya historiografi tradisional ditulis lebih menonjolkan regio (wilayah) kekuasaan suatu kerajaan.
d. Etnosentrisme, artinya dalam historiografi tradisional ditulis dengan penekanan pada egoisme terhadap suku bangsa dan budaya yang ada dalam wilayah kerajaan.
e. Psiko-politis sentrisme, artinya historiografi tradisional ditulis oleh para pujangga sangat kental dengan muatan-muatan psikologis seorang raja, sehingga karya historiografi tradisional dijadikan sebagai alat politik oleh sang raja dalam rangka mempertahankan kekuasaannya. Karya historiografi tradisional oleh masyarakat setempat dipandang sebagai kitab suci yang di dalamnya penuh dengan fatwa para pujangga dalam pengabdiannya terhadap sang raja.
89. Apa yang dimaksud dengan historiografi kolonial?
Jawaban: histiografi kolonial adalah karya sejarah (tulisan sejarah) yang ditulis pada masa pemerintahan kolonial berkuasa di Indonesia
90. Sebutkan contoh dari histiografi modern!
Jawaban: contoh historiografi modern, diantaranya:
a. Sekitar perang kemerdekaan Indonesia karya A.H. Nasution
b. Indonesia dalam Arus Sejarah, Jilid 1 hingga 8, editor Taufik Abdullah dan A.B. Lapian
c. Sejarah Nasional Indonesia, Jilid I hingga VI, editor Marwati Djoened Poesponegoro dan Nugroho Notosusanto.
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 90+ Contoh Soal Essay Sejarah Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
Soal Essay Sejarah Kelas 10 SMA/MA File ini dalam Bentuk .doc File Size 42Kb
Diupload oleh www.rumpunnews.com
Baca juga yang sejenis
- RPP Untuk Kelas 1 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 2 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 3 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 4 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 5 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 6 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
Pencarian yang paling banyak dicari
- soal essay sejarah wajib kelas 10
- soal essay sejarah indonesia kelas 10 semester 2
- soal essay sejarah indonesia kelas 10 semester 1
- soal essay sejarah kelas 10 semester 2 beserta jawabannya
- soal essay sejarah kelas 11
- soal sejarah kelas 10 beserta jawabannya
- contoh soal essay sejarah beserta jawabannya
- soal sejarah kelas 10 semester 2 beserta jawabannya 2018,2019,2020,2021,2022