Lengkap - 105+ Contoh Soal Essay Seni Budaya Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru

105+ Contoh Soal Essay Seni Budaya Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Halo adik adik yang baik hati, kakak ada kabar gembira , pada kesempatan kali ini kakak ingin berbagsi soal Essay Seni Budaya sebanyak 105 soal yang siap dijadikan sebagai bahan latihan adik adik sebelum ujian sekolah berlangsung. Oiya Seni menurut Drs. Popo Iskandar digambarkan dengan sebagai sarana komunikasi yang diungkapkan dalam sebuah karya sehingga dapat memberikan suatu bentuk pengalaman berupa kesadaran sosial bagi manusia dalam menjalani kehidupanya baik di skala kelompok maupun masyarakat luas.
    105+ Contoh Soal Essay Seni Budaya Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
    105+ Contoh Soal Essay Seni Budaya Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru



    Pengertian Seni Menurut Drs. Suwaji Bastomi

    Prof. Drs. Suwaji bastomi menjelaskan bahwa menurutnya seni merupakan aktivitas batin dengan pengalaman estetika yang menyatakan dalam bentuk agung yang memiliki daya membangkitkan rasa takjub & haru.

    Penjelasan:
    Prof. Drs. Bastomi menyatakan bahwa seni merupakan sebuah kegiatan atau aktifitas batin bagi seseorang yang nantinya akan menghasilkan pengalaman estetika berupa karya yang agung dan memiliki daya tarik yang membuat orang lain merasa takjub dan haru.

    Pengertan Seni Menurut Schopenhaur

    Seni menurut Schopenhauer merupakan segala usaha untuk menciptakan bentuk-bentuk yang sangat menyenangkan. Menurut tiap orang senang dengan fungsi seni musik meskipun seni musik ialah seni yang paling abstrak

    Penjelasan:
    Schopenhaur menjelaskan bahwa seni merupakan kegiatan yang menyenangkan melalui penciptaan sesuatu bentuk (Hasil karya). Sebagai contoh Schopenhaur menyatakan bahwa semisal seni musik akan sangat dicintai oleh semua orang dari berbagai kalangan walaupun seni musik dianggap sebaia sebuah seni yang paling abstrak akan tetapi selalu menjadi seni yang dapat dinikmati.




      Soal Essay Seni Budaya Kelas 10 SMA/MA



      105+ Contoh Soal Essay Seni Budaya Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sahabat rumpunnews dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Essay Seni Budaya Kelas 10 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di rumpunnews dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal Essay Seni Budaya Kelas 10 SMA/MA Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

      Berikut rumpunnews memberikan Soal Essay Seni Budaya Kelas 10 SMA/MA

      PETUNJUK UMUM
      1. Tulis namamu di sudut kanan atas
      2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
      3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
      4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

      A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang benar !


      1. Pameran akhir semester di sekolah merupakan jenis pameran….
      Jawaban: rutin

      2. Bahan kain yang digunakan dalam membatik harus….
      Jawaban: polos

      3. keramik dibuat dibahan….
      Jawaban: tanah liat

      4. Pameran yang hanya menampilkan satu jenis karya seni saja disebut pameran….
      Jawaban: homogen

      5. Undangan merupakan media untuk….
      Jawaban: Mempublikasikan acara pameran.

      6. Pameran yang dilakukan di lapangan merupakan pameran jenis
      Jawaban: terbuka

      7. Batik merupakan jenis karya senirupa berbentuk….
      Jawaban: dua dimensi

      8. Rangkaian kegiatan pameran diakhiri oleh kegiatan….
      Jawaban: evaluasi

      9. Suatu pameran dapat dikatakan berhasil jika….
      Jawaban: memiliki banyak pengunjung

      10. Melakukan perizinan penyelenggaraan pameran dapat dilakukan dengan menunjukan….
      Jawaban: proposal

      11. Sebutkan lima tujuan dari penyelenggara pameran!
      Jawaban:
      a. Guna menunjukan dan mengembangkan bakat-bakat seni pada semua kalangan, sehingga mendapatkan pengakuan akan prestasi yang dimiliki.
      b. Guna menigkatkan sikap aspresiatif seni pada setiap pengunjung
      c. Guna menghibur (rekreasi), baik bagi para penikmat seni maupun masyarakat pada umumnya.
      d. Guna membangun motivasi pada para pengunjung untuk mampu mengambil tindakan yang bermanfaat dari pesan yang terkandung dalam karya-karya yang terdapat dalam pameran
      e. Memupuk dan meningkatkan kecintaan pada seni rupa terutama karya anak bangsa
      f. Mewujudkan hasil praktik dari mempelajari seni rupa dalam sebuah lembaga pendidikan
      g. Memupuk semangat kekeluargaan, kegotongroyongan, dan kerjasama (komunikasi antar sesame panitia)
      h. Memperluas cakrawala (informasi dan edukasi dibidang kesenian)

      12. Jelaskan jenis-jenis pameran berdasarkan tempat berlangsungnya!
      Jawaban:
      a. Pameran terbuka, yaitu pameran yang dilakukan secara terbuka diluar ruangan (outdoor exhibition).
      b. Pameran tertutup, yaitu pameran yang dilakukan didalam ruangan.
      c. Pameran bergerak, yaitu pameran yang dilakukan dengan menggunakan alat yang
      bergerak (mobile exhibition), misalnya mobil

      13. Apa saja yang harus dilaksanakan dalam perencanaan pameran
      Jawaban:
      a. Membentuk kepanitiaan
      b. Menentukan tema dan tujuan pameran
      c. Menentukan waktu penyelenggaraan pameran
      d. Menentukan rencana kegiatan

      14. Jelaskan hal-hal yang harus diperhatikan dalam menentukan tempat pameran!
      Jawaban:
      a. perkiraan kapasitas gedung untuk menampung para pengunjung
      b. Pilihlah tempat yang letaknya strategis atau mudah dijangkau oleh berbagai transportasi umum, juga yang banyak dikenal atau populer.
      c. Usaha tempat tersebut memiliki sarana dan prasarana yang memadai.
      d. Biaya murah dan kualitas terjamin.
      e. Terjamin situasi yang aman, nyaman, dan menyenangkan.
      f.  Memiliki tempat parker yang dapat menampung jumlah pengunung yang telah ditentukan.

      15. Sebutkan fungsi pameran menurut pendapatmu!
      Jawaban: sebagai sarana apresiasi, sarana edukasi, sarana komunikasi, sarana prestasi, dan sarana rekreasi.

      16. Karya seni rupa terapan yang digunakan sebagai alat berburu pada zaman….
      Jawaban: prasejarah.

      17. Campuran satu warna primer dengan satu warna sekunder menghasilkan warna….
      Jawaban:  tersier.

      18. Teknik pembuatan batik yang dilakukan dengan mengambil dan menarik bagian kain yang tidak ingin terkena warna, yaitu teknik….
      Jawaban:  jumputan.

      19. Alat teknik manual dan tradisional disebut….
      Jawaban: tustel.

      20. Teknik pembuatan keramik dengan alat bantu alat cetak merupakan teknik....
      Jawaban: cor.

      21. Seorang apresiator harus memiliki kemampuan mengnal dan memahami….
      Jawaban: Niai-nilai seni.

      22. Salah satu hasil kerajinan menganyam adalah….
      Jawaban: tikar, tas, dompet, dan lain-lain.

      23. Kota yang dikenal sebagai penghasil kerajinan kulit adalah….
      Jawaban: Cibaduyut, Jawa Barat.

      24. Hal yang paling diutamakan dalam karya seni rupa terapan adalah….
      Jawaban: daya pakai (fungsinya).

      25. Kritik seni merupakan salah sau bentuk dari kegiatan….
      Jawaban: apresiasi.

      26. Jelaskan tahapan-tahanpan pada kegiatan apresiasi!
      Jawaban:
      a. Kegiatan mengamati
      Kegiatan ini merupakan kegiatan awal dalam mengapresiasikan sebuah karya seni, dimana terjadinya beberapa proses, yaitu:
      - Proses pengamatan yang dilakukan dengan mata, yaitu proses rangsangan dari objek karya seni yang diamati.
      - Proses penyaluran rangsangan dari hasil pengamatan ke otak syaraf, proses ini dapat disebut juga dengan proses fisiologis.
      - Proses psikologis berupa aktifitas jiwa dan rasa pada objek tersebut, hingga pengamat mampu memberikan tanggapan dan gambaran berdasarkan pemahamannya.
      b. Kegiatan menghayati

      Kegiatan ini merupakan proses terjadinya penyesuaian dan penerimaan akan nilai-nilai estetis yang terkandung dalam karya seni yang dihayatinya.
      c. Kegiatan mengevakuasi.
      Kegiatan mengevakuasi dilakukan dengan kegiatan penilaian karya berdasarkan kaidah, norma, dan estetika yang berlaku.
      d. Kegiatan berapresiasi
      Pada tahapan ini, apresiator mulai menikmati dan merasakan maksud dari pembuatan karya seni tersebut.

      27. Sebutkan lima prinsip seni yang perlu dipenuhi dalam sebuah karya seni rupa!
      Jawaban:
      a. kesatuan (unity),
      b. keseimbangan (balance),
      c. irama (rytme),
      d. proporsi, dan
      e. aksentuasi.

      28. Sebutkan lima jenis karya seni rupa terapan nusantara!
      Jawaban:
      a. kerajinan anyaman,
      b. kerajinan keramik,
      c. kerajinan ukiran,
      d. kerajinan tenun,
      e. kerajinan batik,
      f. kerajinan bordir, dan
      g. kerajinan kuliit

      29. Jelaskan tiga pendekatan yang dapat dilakukan dalam melakukan apresiasi!
      Jawaban:
      a. Pendekatan deskriptif yang dilakukan dengan mengamati dan memaparkan karya seni apa adanya, yaitu dengan berdasarkan bentuk fisik karya seni yang dilihatnya.
      b. Pendekatan analitik merupakan pendekatan yang dilakukan dengan mengamati karya seni berdasarkan pedoman keindahan dari karya seni rupa, seperti pemenuhan unsur-unsur dan prinsip seninya.
      c. pendekatan interperatif merupakan pendekatan yang dilakukan dengan cara melakukan interprestasi pada karya seni, dengan berdasarkan sudut pandang pengamat yang baik, berdasarkan pemahamannya terhadap seni rupa maupun berdasarkan pengalaman dalam karyanya di bidang seni rupa.
      d. Pendekatan penilaian merupakan pendekatan yang dilakukan dengan proses pengukuran. Adapun caranya dapat dilakukan secara objektif maupun subjektif.
      e. Pendekatan interdisipllin merupakan pendekatan yang diakukan dalam menilai sebuah karya seni yang diihubungkan dengan berbagai keilmuan, seperti ilmu psikologis, antropologi, kebudayaan, filsafat, ekonomi, dan kesastraan.

      30.  Sebutkan lima teknik yang digunakan untuk membuat keramik!
      Jawaban:
      a. teknik lempeng,
      b. teknik cetak tekan,
      c. teknik cor
      d. teknik butsir,
      e. teknik pijit.
      f. teknik pilin,
      g. teknik putar, dan
      h. teknik plester.

      31. Acara yang berisikan berbagai musik yang ditampilkan dengan tujuan-tujuan tertentu adalah pengertian dari….
      Jawaban: musik.

      32. Keberhasilan sebuah pertunjukan dapat ditandai dengan….
      Jawaban: banyaknya penonton.

      33. Guna memperoleh perizinan penyelenggaraan pergelaran dapat menggunakan….
      Jawaban: proposal.

      34. Pergelaran musik dapat menjadi media atau sebagai sarana yang mampu memberikan kesempatan bagi para musisi untuk dapat menunjukan dan mengekspresikan berbagai gagasan yang dimilikinya dalam karya-karya seni musik yang dibuatnya. Hal tersebut merupakan fungsi pergelaran seni musik, yaitu sebagai….
      Jawaban: sebagai media aktualisasi diri.

      35. Kegiatan yang dilakukan peserta pergelaran pada akhir persiapan adalah….
      Jawaban: geladi bersih.

      36. Terdapat beberapa prosedur yang harus dilakukan secara bertahap dalam melakukan kegiatan pergelaran karya seni musik, yaitu….
      Jawaban: perencanaan, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi.

      37. Hal utama dalam merencanakan pergelaran seni musik adalah….
      Jawaban: membentuk kepanitiaan.

      38. Pergelaran musik yang dilakukan didalam gedung disebut….
      Jawaban: indoor.

      39. Kegiatan memberikan tambahan atau mengolah pola permainan musik dalam susunan yang sesuai, dengan tujuan untuk menambah keindahan dari karya musik tersebut disebut….
      Jawaban: aransemen.

      40. Penentuan segi harmoni dalam mengaransemen lagu dapat dilakukan dalam penulisan….
      Jawaban: akor dan instrumen secara keseluruhan.

      41. Sebutkan unsur-unsur penunjang pergelaran musik!
      Jawaban:
      a. Materi sajian,
      b. pemain,
      c. sarana,
      d. penonton.

      42. Sebutkan hal-hal yang perlu dipersiapkan panitia dalam pergelaran karya seni musik!
      Jawaban:
      a. Mempersiapkan lagu.
      b. Menentukan penyanyinya.
      c. Menentukan iringannya.
      d. Melakukan iringannya.
      e. Mempersiapkan panggung.
      f.  Mempersiapkan sound system.
      g. Mempersiapkan kostum.

      43. Sebutkan hal-hal yang harus dipersiapkan dalam menentukan tempat pergelaran musik!
      Jawaban:
      a. Disesuaikan dengan jenis dan bentuk karya musik yang akan disajikan.
      b. Mampu mencapai tujuan diselenggarakannya pergelaran musik tersebut.
      c. Mampu memenuhi sasaran kegiatan pergelaran musik tersebut.
      d. Memenuhi kapasitas penonton sesuai undangan.

      44. Apa saja yang harus dibahas dalam evaluasi pergelaran musik?
      Jawaban:
      a. Kinerja panitia
      b. Kekurangan dari berbagai peserta
      c. Hasil penampilan dari berbagai peserta
      d. kecukupan dana
      e. Hasil dan tanggapan
      f. Laporan dari masing-masing seksi

      45. Jelaskan tiga fungsi dari pergelaran musik!
      Jawaban:
      a. Media membangun bakat
      Semua orang memiliki bakat, termasuk pada siswa sekolah. Salah satu bakat yang dimiliki dapat berkaitan dengan seni musik.
      b. Media aktualisasi diri
      Pergelaran musik dapat menjadi media atau sarana yang mampu memberikan kesempatan bagi musisi untuk menunjukan dan mengekspresikan berbagai gagasan yang dimilikinya dalam karya-karya seni musik yang dibuatnya.
      c. Sebagai apresiasi
      Pergelaran karya seni mampu menampilkan berbagai karya seni musik yang dapat didengar dan dinikmati para pengunjungnya.

      46. Musik tradisional Jawa Barat …. mengutamakan vokal atau gending.
      Jawaban: celempungan.

      47. Vokalis wanita pada musik gamelan disebut….
      Jawaban: sinden.

      48. Alat musik yang berupa dawai-dawai yang direntangkan pada kotak kayu yang sekaligus berfungsi sebagai resonator adalah….
      Jawaban: kecapi.

      49. Kelompok …. dalam gamelan terdiri atas alat musik bonang, barung, bonang penerus, kethuk atau kempyang, kenong, kenong pekuk, kempul, dan gong.
      Jawaban: pencon.

      50. Instrumen gesek yang menjadi salah satu bagian dari alat musik gamelan disebut….
      Jawaban: rebab.

      51. Musik tradisional merupakan warisan seni budaya leluhur yang bernilai tinggi sehingga musik ini selalu …. dan …. oleh masyarakat.
      Jawaban: dicintai dan dilestarikan.

      52. Musik sebagai media …. sehingga  dapat dijadikan alat bermain bagi anak-anak.
      Jawaban: hiburan.

      53. Musik …. merupakan campuran antara gamelan dengan musik instrumen biola, rebab, bonang, kecrek, gendang, gong, dan gambang yang berasal dari betawi.
      Jawaban: gambang kromong.

      54. Gamelan, laras, slendro, menggunakan tangga nada….
      Jawaban: pentatonik.

      55. Rebab dengan dua dawai yang digesek dan berasal dari Makasar disebut….
      Jawaban: keso-keso.

      56. Jelaskan empat fungsi musik tradisional!
      Jawaban:
      a. sebagai media ekspresi
      b. sebagai media komersil
      c. sebagai iringan tari
      d. sebagai media upacara
      e. sebagai media hiburan

      57. Sebukan empat contoh lagu tradisional setempat yang dapat digunakan untuk permainan!
      Jawaban:
      a. Cublak-Cublak Suweng
      b. Es Lilin
      c. Jamuran
      d. Ayo Mama
      e. Tokecang

      58. Apa yang dimaksud musik sebagai media ekspresi!
      Jawaban: Media ekspresi adalah media untuk mengungkapkan ekspresi isi hati, ide, dan gagasan.

      59. Sebutkan empat alat musik yang berasal dari Jawa Barat!
      Jawaban:
      a. celempungan,
      b. angklung,
      c. kliningan, dan
      d. calung.

      60. Sebutkan jenis-jenis alat musik tradisional nonvokal berdasarkan bahan dan cara memainkannya! Berikan contoh masing-masing!
      Jawaban:
      a. Membranofon = gendang, tifa, dogdog
      b. Idiofon = calung, kolintang, bonang
      c. Aerofon = serunai, seruling
      d. Kardofon = sasando, rebab, kapetom, kecapi, dan sampek

      61. Tahapan kreatifitas yang dilakukan dengan proses mencari yang dapat dilakukan dengan cara berpikir, berimajinasi, merasakan, dan merespon merupakan tahapan….
      Jawaban: eksplorasi.

      62. Gerakan  mengagguk, mendongak, dan menggeleng merupakan bagian dasar dari gerakan….
      Jawaban: kepala dan leher.

      63. Gerakan dasar tangan merupakan gerakan dasar yang dilakukan oleh bagian….
      Jawaban: lengan atas dan bawah, serta telapak tangan.

      64. Gerakan mumi dapat dikenal juga dalam istilah Jawa dengan sebutan….
      Jawaban: gerak wantah.

      65. Dasar pijakan yang digunakan dalam seni tari meliputi….
      Jawaban: pijakan tradisional dan pijakan gaya.

      66. Tari yang lahir, tumbuh, dan berkembang dilingkungan masyarakat, yang kemudian diturunkan dan diwariskan pada generasi-generasi berikutnya, disebut tari….
      Jawaban: tradisional.

      67. Pergelaran tari tunggal, tari berpasangan, dan pergelaran tari kelompok merupakan pergelaran tari berdasarkan….
      Jawaban: jumlah penarinya.

      68. Fungsi pergelaran sebagai sarana dalam mengembangkan bakat dengan gerakan tari merupakan fungsi….
      Jawaban: pengembangan bakat.

      69. Proses untuk menetapkan apa yang ingin dicapai dan bagaimana cara mencapainya dilakukan pada tahap….
      Jawaban: perencanaan.

      70. Berbagai perencanaan yang dibuat perlu dicatat dalam bentuk….
      Jawaban: proposal.

      71. Sebutkan lima tari tradisional diindonesia!
      Jawaban:
      a. Tari tor-tor dari Sumatra Utara.
      b. Tari baris dari Bali.
      c. Tari ketuk tilu dari Jawa Barat.
      d. Tari saman dari Aceh.
      e. Tari bedhaya dari Yogyakarta.

      72. Prinsip apa saja yang dapat menjadi pedoman dalam penyelenggaraan karya seni tari?
      Jawaban:
      a. planning (perencanaan).
      b. organizing (pengaturan).
      c. acting (pelaksanaan).
      d. controlling(pengawasan).

      73. Sebutkan gerakan dasar kepala dalam tarian Sunda!
      Jawaban: godeg, gilek, dan godeg oray meuntas.

      74. Tuliskan isi dari proposal!
      Jawaban:
      a. Jenis kegiatan: Pergelaran
      b. Tempat penyelenggaraan: Aula sekolah
      c. Pelaksanaan pergelaran: Awal semester 2
      d. karya yang dipergelarkan: Seni tari klasik dan modern
      e. Materi pergelaran: Karya tari siswa
      f. Jumlah karya: Tarian klasik 2 buahhh dan tari modern 8 buah
      g. Peserta pergelaran: Tunggal, berpasangan, dan kelompok
      h. Anggaran dana: Siswa dan donator
      i. Kepanitiaan: Siswa
      j. Penentuan rapat panitia: Lampiran penentuan tema dan rencana kegiatan

      75. Hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam menari?
      Jawaban: Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menari adalah wiraga, wirama, wirasa, dan wirupa.

      76. Membantu pengaturan waktu dalam penggunaan irama sebagai hitungan dalam melakukan gerakan tari merupakan fungsi dari….
      Jawaban: musik iringan.

      77. Sarana seni tari yang mampu membantu peranan gerak dalam bentuk koreografi secara utuh adalah….
      Jawaban: kostum.

      78. Keunikan simbol pada karya seni tari daerah dapat merupakan pengaruh budaya dan….
      Jawaban: filosofi yang terdapat pada daerah asalnya.

      79. Ekspresi pengaturan rasa, pengalaman jiwa, dan sikap seseorang dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Hal tersebut merupakan nilai….
      Jawaban: nilai estetik.

      80. Bagian dari kegiatan apresiasi yang dilakukan pada karya seni tari adalah….
      Jawaban: kritik seni tari.

      81. Pada zaman Indonesia Hindu, seni tari mulai digarap dan dipengaruhi oleh kebudayaan….
      Jawaban: India.

      82. Kedua kerajaan dizaman Indonesia islam mengembangkan identitas seni tari kerajaannya menjadi dua jenis tari, yaitu….
      Jawaban: kasunanan dan kasultanan.

      83. Peran atau fungsi tertua dari seni tari diindonesia adalah fungsi sebagai sarana….
      Jawaban: upacara.

      84. Tari piring dari Sumatra Utara dan tari merak dari Jawa Barat merupakan contoh jenis tari yang berperan sebagai….
      Jawaban: hiburan dan pertunjukan.

      85. Tarian Jawa jenis putri yang banyak memeragakan langkah-langkah kecil, tungkai tertutup, dan lengan tidak terangkat tinggi, merupakan keunikan karya seni tari berdasarkan….
      Jawaban: gerakannya.

      86. Jelaskan sejarah perkembangan tari nusantara!
      Jawaban:
      a. Zaman prasejarah.
      Zaman prasejarah adalah zaman sebelum lahirnya kerajaan diindonesia. Bangsa-bangsa primitif percaya pada daya magis dari tari.
      b. Zaman Indonesia Hindu.
      Pada zaman Indonesia hindu, seni tari digarap dan banyak dipengaruhi oleh kebudayaan India.
      c. Zaman Indonesia Islam.
      Seni tari pada permulaan islam berbentuk sederhana dan hanya dllakukan oleh orang-orang pendatang dari Jazirah Arab.
      d. Zaman penjajahan.
      Pada zaman penjajahan tarian mengalami kesuraman, sebab berada suasana penjajahan.
      e. Zaman modern
      Di zaman modern peran tari difungsikan untuk keagamaan ataupun berbagai hiburan dan muncul kreasi-kreasi baru ataupun inovasi terhadap seni tari klasik.

      87. Sebutkan jenis, peran, dan fungsi seni tari di lingkungan masyarakat!
      Jawaban:
      a. tari upacara,
      b. tari hiburan,
      c. tari pertunjukan,
      d. tari pergaulan, dan
      e. tari pendidikan.

      88. Sebutkan ciri-ciri dari tarian upacara!
      Jawaban:
      a. Tempat pertunjukan tidak sembarang tempat, biasanya pertunjukan dilakukan ditempat yang dianggap sakral seperti pura, candi, hutan, atau tanah lapang.
      b. Pemilihan waktu atau saat pertunjukan biasanya dkaitkan dengan sesuatu yang dianggap sakral, seperti saat bulan purnama atau tengah malam.
      c. Penarinya dipilih, yang berada dalam keadaan bersih secara spiritual dan dianggap suci.
      d. Dalam pertunjukannya, tari tidak terlepas dari sesaji yang jenisnya banyak dan bermacam-macam.
      e. Pertunjukan selalu dikaitkan dengan penyelenggaraan tertentu.
      f. Dalam pertunjukan penari menggunakan buasana khusus.

      89. Sebutkan keunikan yang terdapat pada seni tari daerah!
      Jawaban:
      a. keunikan gerak,
      b. keunikan iringan,
      c. keunikan kostum, dan
      d. keunikan Simbol.

      90. Sebutkan isi dari data pengamatan pada karya seni tari!
      Jawaban:
      a. judul/nama tarian,
      b. penciptanya/koreografernya,
      c. synopsis,
      d. jumlah penari,
      e.tata rias dan kostum yang digunakan,
      f. Iringan yang digunakan,
      g. bentuk dan setting panggung,
      h. tata pencahayaan,
      i. lamanya pementasan,
      j. properti yang digunakan, dan
      k. keunikan-keunikan yang dijumpai selama pertunjukan.

      91. Untuk dapat menampilkan sebuah pertunjukan seni teater sangat memerlukan….
      Jawaban: perencanaan.

      92. Teknik membina puncak dalam bermain teater perlu dilakukan dengan….
      Jawaban: intonasi/suara.

      93. Orang yang pertama kali harus dapat menafsirkan naskah cerita yang akan dibawakan dalam seni teater adalah….
      Jawaban: sutradara.

      94. Petugas yang mengatur berbagai suara yang diperlukan dalam menggambarkan cerita yang digambarkan adalah….
      Jawaban: penata suara.

      95. Kegiatan inti dalam latihan teater merupakan kegiatan yang dilakukan guna….
      Jawaban: meningkatkan kemampuan dalam memainkan seni peran.

      96. Contoh teater tradisional dari Kalimantan Selatan adalah….
      Jawaban: mamanda.

      97. Ludruk merupakan teater tradisional dari….
      Jawaban: Jawa Timur

      98. Teater tradisional dari Minangkabau adalah….
      Jawaban: randai.

      99. Pementasan lenong Betawi diiringi musik….
      Jawaban: gambang kromong.

      100. Pementasan ketoprak diiringi musik….
      Jawaban: gamelan Jawa.

      101. Sebutkan lima staf artistik yang bertugas dalam persiapan pertunjukan seni teater!
      Jawaban:
      a. sutradara,
      b. stage manager,
      c. property master,
      d. penata setting,
      e. penata cahaya,
      f. penata suara,
      g. penata kostum,
      h. penata rias.

      102. Sebutkan lima latihan inti pada persiapan pertunjukan teater!
      Jawaban:
      a. laihan membaca,
      b. latihan blocking,
      c. latihan karya,
      d. latihan pelican, dan
      e. latihan umum.

      103. Apa saja yang diperlukan dalam tahap persiapan menurut D.Djajakusuma dan Tarigan!
      Jawaban:
      a. menentukan cerita (naskah drama),
      b. Menentukan sutradara,
      c. Menentukan pembantu sutradara, dan
      d. Menentukan pemain.

      104. Berikan contoh susunan acara pementasan teater!
      Jawaban:
      a. pembukaan.
      b. sambutan.
      c. pelaksanaan pementasan.
      d. penutup.

      105. Sebutkan tujuan dari penataan cahaya!
      Jawaban:
      a. Penunjuk suasana cerita dalam teater.
      b. Penerangan pentas.
      c. Memberikan efek pada penunjukan waktu.
      d. Membantu melukis dekor dalam menambah nilai warna, hingga terdapat efek sinar bayangan.
      e. Melambungkan maksud dengan memperkuat kejiwaannya.
      f. sebagai ekspresi mood dan atmosfer dari lakon.
      g. Memberikan berbagai variasi, sehingga adegan-adegan tidak statis.


      Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 105+ Contoh Soal Essay Seni Budaya Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

      #
      Soal Essay Seni Budaya Kelas 10 SMA/MA   File ini dalam Bentuk .doc File Size 42Kb
      Diupload oleh www.rumpunnews.com

      Baca juga yang sejenis

          Pencarian yang paling banyak dicari
          • soal seni budaya kelas 10 semester 1
          • soal uts seni budaya kelas 10 semester 1
          • soal seni budaya kelas 10 semester 1 kurikulum 2013
          • soal ukk seni budaya kelas 10 semester 2
          • soal essay seni budaya beserta jawaban
          • contoh soal seni budaya dan jawabannya
          • soal uts seni budaya kelas 10 semester 2
          • soal ukk seni budaya kelas 10 kurikulum 2013
          •  pdf 2018,2019,2020,2021,2022


          Iklan Atas Artikel

          Iklan Tengah Artikel 1

          Iklan Tengah Artikel 2

          Iklan Bawah Artikel