Materi Sumber Daya, Administrasi Dan Pemasaran Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA
Materi Sumber Daya, Administrasi Dan Pemasaran Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Sumber Daya, Administrasi Dan Pemasaran dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas XI SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!
Materi Sumber Daya, Administrasi Dan Pemasaran Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA |
Abad 21 merupakan abad yang penuh dengan persaingan, baik berupa perdagangan maupun teknologi, setiap orang berlomba untuk menciptakan produk yang canggih dan bermanfaat, oleh karena itu diperlukan kreatifitas dan inovasi yang tinggi, produk kerajina sudah mulai banyak dikenal oleh internasional bahwan sudah banyak wirausahawan yang memasarkan produk kerajinannya ke berbagai mancanegara.
Modul pembelajaran ini akan mempelajari mengenai perencanaan usaha kerajinan berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global. Ayo Kalian pasti mampu bersaing dan memiliki kreatifitas dan inovasi yang baik.
Selamat mempelajari dengan semangat!
Istilah
- Bagan : Gambar rancangan, skema; diagram yang memperlihatkan informasi sebagai serangkaian garis atau blok.
- Fluktuasi : Gejala yang menunjukkan turun-naik nya harga; keadaan turun naiknya harga dan sebagainya
- kerajinan : Kegiatan yang menitik beratkan kepada keterampilan
- Riset : Pengamatan atau penelitian
- strenght : Kekuatan produk
- weeknws : Kelemahan produk
- Opportunity : Peluang suatu produk
- Threat : Hambatan yang mempengaruhi suatu produk
- modifikasi : Cara merubang produk dari yang kurang menarik menjadi lebih menarik
- Varian : Beraneka ragam atau banyak jenis dari produk
- Analisis : Proses pemecahan suatu masalah
- Perencanaan : Proses
- Wirausaha : Aktivitas dalam mengelola produk
- Kreatif : Menciptakan sesuatu yang berbeda
- Inovatif : Memulai sesuatu yang baru
- Ide : Gagasan
- Peluang : Kesempatan
A. Tujuan Pembelajaran
B. Uraian Materi
1. Sumber daya yang dibutuhkan
2. Administrasi
- Adanya suatu kelompok atau organisasi yang terdiri dari dua atau lebih.
- Terdapat kerja sama antar pegawai dan atasan.
- Terdapat suatu proses atau usaha.
- Adanya sebuah bimbingan, dalam kepemimpinan dan dalam pengawasan.
- Dalam sebuah perusahaan, organisasi, atau instansi harus memiliki satu tujuan.
- Administrasi bertujuan untuk memonitoring kegiatan atau data yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi.
- Agar pengelola usaha bisa mengevaluasi suatu kegiatan-kegiatan dalam pengorganisasian perusahaan.
- Administrasi bertujuan untuk menyusun suatu program pengembangan usaha dan suatu kegiatan pengorganisasian.
- Administrasi bertujuan untuk mengamankan data atau catatan atau mengamankan suatu kegiatan usaha dan organisasi perusahaan.
3. Bentuk dan Model Catatan Administrasi
- Surat menyurat.
- Perjanjian dagang.
- Pemesanan dan pengiriman produk.
- Produk pemasaran.
- Pembekalan atau persediaan.
- Kepegawaian.
- Proses produksi
- Gudang.
- Buku persediaan barang.
- Buku pembelian.
- Buku penjualan.
- Buku perlengkapan.
- Kuitansi, faktur, catatan, dan sebagainya.
4. Pemasaran
- Siapa target pasarnya, dimana lokasinya, dan berapa daya serapnya.
- Bagaimana teknik produksi yang efektif dan efisien.
- Bagaimana perubahan harga barang dan jasa di pasar .
- Bagaimana saluran distribusinya.
- Bagaimana keadaan saingannya.
- Bagaimana analisis swot dari perusahaannya.
- Bagaimana sumber daya manusianya dan fasilitasnya.
C. Rangkuman
- Modifikasi makanan khas daerah memiliki tujuan menambah daya tarik makanan bagi konsumen.
- Rancangan modifikasi dapat berupa rasa, bentuk dan system pengolahannya.
- Bahan baku pangan yang dapat diimodifihasi adalah bahan nabati dan hewani.
D. Penugasan Mandiri
E. Latihan Soal
F. Penilaian Diri
- sumber daya pemasaran adalah
- sumber daya, administrasi dan pemasaran hasil produksi budaya lokal
- memahami sumber daya, administrasi dan pemasaran untuk perencanaan usaha kerajinan
- apa perbedaan administrasi dan pemasaran
- administrasi dan pemasaran hasil produksi berdasarkan inspirasi budaya lokal non benda
- pengertian pemasaran
- tujuan administrasi dalam wirausaha
- komponen rencana pemasaran