Materi Pengertian Pasar Lokal dan Potensinya Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA
Materi Pengertian Pasar Lokal dan Potensinya Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Pengertian Pasar Lokal dan Potensinya dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas XI SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!
Materi Pengertian Pasar Lokal dan Potensinya Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA |
Kalian adalah penerus bangsa yang sangat cerdas, maka kecerdasan kalian pergunakan untuk mengembangkan diri sendiri dan bangsa. Materi prakarya dan kewirausahaan menanamkan jiwa kepemimpinan dan kreatifitas yang tinggi dalam mengembangkan diri, dapat berupa mengembangkan usaha sendiri atau kelompok. Salah satu usaha yang dapat dikembangkan adalah dari aspek kerajinan, dimana didalamnya kalian dapat menyusun perencanaan usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal, meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran, manfaat materi ini dapat kalian terapkan dalam kehidupan sehari-hari atau bahkan bisa menjadi sumber pendapatan diusia muda, selamat mempelajari dengan semangat!
Istilah
- Bagan : Gambar rancangan, skema, diagram yang memperlihatkan informasi sebagai serangkaian garis atau blok.
- Kerajinan : Kegiatan yang menitik beratkan kepada keterampilan
- Grafik : Lukisan pasang surut suatu keadaan dengan garis atau gambar (tentang turun naiknya hasil, statistik, dan sebagainya)
- Riset : Pengamatan atau penelitian
- strenght : Kekuatan produk
- weeknws : Kelemahan produk
- Opportunity : Peluang suatu produk
- Threat : Hambatan yang mempengaruhi suatu produk
- modifikasi : Cara merubah produk dari yang kurang menarik menjadi lebih menarik
- Varian : Beraneka ragam atau banyak jenis dari produk
- Analisis : Proses pemecahan suatu masalah
- Perencanaan : Proses
- Wirausaha : Aktivitas dalam mengelola produk
- Kreatif : Menciptakan sesuatu yang berbeda
- Inovatif : Memulai sesuatu yang baru
- Ide : Gagasan
- Peluang : Kesempatan
A. Tujuan Pembelajaran
- Memahami pengertian pasar lokal
- Memahami potensi pasar lokal
- Memahami kerajinan berdasarkan kebutuhan dan keinginan pasar lokal
B. Uraian Materi
- Pasar lokal; Pasar yang terbatas di lingkungan atau daerah yang sama dengan tempat produksi
- Pasar nasional
- Pasar global/pasar internasional
- Geografis atau tempat
- Demografis meliputi usia, gender, bangsa, etnis, pekerjaan, dan tingkat ekonomi
- Psikografis meliputi karakter kelas sosial, gaya hidup dan kepribadian
C. Rangkuman
- Definisi atau pengertian pasar adalah tempat bertemunya antara penjual & pembeli untuk bertransaksi jual beli barang maupun jasa
- Pasar lokal adalah pasar yang membeli dan menjual produk dalam satu kota tempat produk itu dihasilkan. Bisa juga dikatakan pasar lokal melayani permintaan dan penawaran dalam satu kota.
- Kebutuhan pasar lokal dapat diketahui dengan melakukan pengamatan terhadap pasar sasaran, sedangkan ide dari pengembangan produk dapat diperoleh dengan mengenali kebiasaan pasar sasaran didaerah setempat.
- Pasar dapat dibedakan berdasarkan luas pasar dan segmentasi pasar.
D. Penugasan Mandiri
E. Latihan Soal
- Jelaskan apa yang dimaksud dengan pasar!
- Jelaskan apa yang dimaksud dengan pasar lokal!
- Jelaskan apa yang dimaksud dengan kerajinan pasar lokal!
- Sebutkan jenis pasar berdasarkan luas wilayah!
- Sebutkan jenis pasar berdasarkan segmen pasar!
Jawaban Latihan Soal
- Pasar adalah tempat bertemunya antara penjual & pembeli untuk bertransaksi jual beli barang maupun jasa.
- Pasar lokal adalah pasar yang membeli dan menjual produk dalam satu kota tempat produk itu dihasilkan. Bisa juga dikatakan pasar lokal melayani permintaan dan penawaran dalam satu kota.
- Kerajinan pasar lokal adalah produk kerajinan yang dibuat atau diproduksi dengan memanfaatkan potensi dan sumberdaya yang ada disekita kita serta dipasarkan dipasar lokal.
- Jenis pasar berdasarkan luas wilayah:
- Pasar lokal; Pasar yang terbatas di lingkungan atau daerah yang sama dengan tempat produksi
- Pasar nasional
- Pasar global/ pasar internasional 4. Jenis pasar berdasarkan segmen pasar:
- Geografis atau tempat
- Demografis meliputi usia, gender, bangsa, etnis, pekerjaan, dan tingkat ekonomi
- Psikografis meliputi karakter kelas sosial, gaya hidup dan kepribadian
F. Penilaian Diri
- pasar lokal adalah
- contoh pasar lokal
- potensi pasar lokal
- contoh pasar regional
- pasar regional adalah
- pasar nasional dan contohnya
- pengertian pasar nasional
- jenis-jenis pasar dan contohnya