Lengkap - Contoh Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 4 Subtema 3 Pengetahuan
Contoh Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 4 Subtema 3 Pengetahuan - Adik adik dimana saja berada, pada kesempatan yang cerah ini, seperti biasa kakak akan membagikan sedikit soal yang telah kakak susun. Soal ini kakak ambil dari mata pelajaran tematik yang dijadikan sebagai soal latihan ulangan harian atau penilaian harian untuk adik adik yang duduk dibangku kelas IV SD/MI, soal ini sudah dilengkapi dengan kunci jawaban, semoga bermanfaat ya.
Soal untuk kelas 4 SD/MI Tema 4 Subtema 3 Pengetahuan
Contoh Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 4 Subtema 3 Pengetahuan - Bagi Adik adik dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 4 Subtema 3 Pengetahuan ini, adik adik bisa menguduh materi ini di rumpunnews dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 4 Subtema 3 Pengetahuan.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut rumpunnews memberikan Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 4 Subtema 3 Pengetahuan
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
Kerjakan soal-soal berikut ini !
1. Sebutkan 3 contoh sikap yang mencerminkan sila ke 3?
2. Menggalang kegiatan sosial dan meningkatkan semangat gotong royong dan kekeluargaan merupakan pengamalan Pancasila sila ke …..
3. Apa manfaat budaya tegur dalam kehidupan sehari hari?
4. Perhatikan gambar berikut !
Apa makna symbol Pancasila tersebut?
5. Perhatikan cerita berikut !
Dahulu kala, hiduplah sepasang sahabat di daerah Kalimantan Barat. Mereka adalah seekor tupai dan seekor ikan gabus. Setiap hari mereka melakukan kegiatan bersama. Mencari makan, bermain, bahkan mengunjungi tempat-tempat baru selalu dilakuan bersama.
Suatu hari, Tupai tidak melihat Gabus, sahabatnya. Ia mencarinya ke tempat biasa Gabus tinggal. Saat bertemu, Tupai sangat kaget. Gabus terlihat lesu. Ternyata ia sedang sakit. Tupai sangat sedih. Ia menawarkan makanan untuk sahabatnya, namun Gabus tidak berselera makan. Gabus hanya menginginkan satu jenis makanan yang diyakininya dapat menyembuhkan penyakitnya. Tupai berjanji akan mencari demi sahabatnya.
Setelah Gabus mengatakan makanan yang dapat menyembuhkan penyakitnya, Tupai sangat kaget. Ia harus mencari hati ikan Yu. Ikan Yu sangat ganas. Tidak terpikir olehnya ia bisa mendapatkannya. Namun Tupai bertekad untuk mendapatkannya. Ia ingin sahabatnya sembuh.
Tupai kemudian melompat dari satu pohon kelapa ke pohon kelapa lainnya yang dekat dengan tepi pantai. Saat menemukannya, ia melubangi satu kelapa dan membiarkan airnya habis. Kemudian Sang Tupai masuk ke dalam kelapa. Angin kencang membuat kelapa jatuh ke pantai dan ikan Yu memakannya. Di dalam perut ikan, Tupai kemudian keluar dari kelapa dan menggigit hati ikan Yu. Ikan tersebut mencoba bertahan sampai kehabisan tenaga. Ombak besar membawa ikan Yu ke tepi pantai. Saat itulah Tupai keluar dari mulut Ikan Yu dan membawa hati ikan kepada sahabatnya.
Sampai di tempat Ikan Gabus, Tupai kemudian memberikan hati ikan Yu untuk dimakannya. Beberapa hari kemudian, Tupai melihat sahabatnya segar kembali. Betapa senangnya Tupai melihat Ikan Gabus sehat seperti sediakala.
6. Tempat dimana tokoh atau si pelaku mengalami kejadian atau peristiwa didalam cerita. Seperti misalnya: Didalam bangunan tua, di sebuah gedung, dan lain sebagainya disebut ….
7. Perhatikan teks berikut !
Pekerjaan ayahku adalah pengrajin kayu. Ayahku membuat meja dan kursi. Untuk menghasilkan kursi, awalnya ayahku membeli kayu, memotongnya, membentuk menjadi kursi, menghaluskan, lalu mengecatnya. Waktu yang dihabiskan untuk membuat kursi kurang lebih 1 minggu. Ayahku menjual meja dan kursi buatannya ke toko mebel. Di toko mebel itulah orang- orang bisa membeli meja dan kursi buatan ayahku.
Informasi apa yang kamu dapatkan dari teks diatas?
8. Perhatikan teks berikut !
Sambil menunggu bel masuk sekolah, Imam selalu membaca buku sebelum pelajaran dimulai. Semua tugas dari guru sudah dipersiapkan semuanya. Teman temannya yang lain ada yang sedang duduk sambi bercerita sesama teman, ada pula yang sedang membersihkan papan tulis serta menyapu lantai.
Latar waktu dan tempat pada teks diatas adalah?
9. Apa produk yang dihasilkan dari pengrajin kayu?
10. Jelaskan bagaimana kegiatan ekonomi pada proses pembuatan baju !
11. Jelaskan proses yang terjadinya meja dan kursi bisa sampai di rumahmu!
12. Apa tugas polisi hutan?
13. Perhatikan gambar berikut !
Sebutkan perbedaan pada kedua gambar diatas !
14. Sebutkan 3 contoh bentuk 3D !
15. Gambarlah salah satu bentuk 3D !
16. Apa manfaat menggambar?
17. Mengapa kita perlu memanfaatkan barang bekas?
18. Apa yang harus kita lakukan untuk menjaga kelestarian hutan?
19. Bagimana kondisi hutan jika terjadi penebangan terus-menerus?
20. Sebutkan 3 bahan yang dapat didaur ulang?
Kunci Jawaban
1. Bangga dan cinta terhadap tanah air dan bangsa.
Rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara
Mengembangkan sikap saling menghargai.
2. Ke 3
3. Budaya tegur sapa menjadi perekat warga. Budaya tegur sapa membangun kepedulian terhadap sesama.
4. Makna sila ke 3 :
a. Negara Kesatuan Republik Indonesia,
b. Cintai damai dan persatuan, dan
c. Tidak mementingkan kepentingan diri sendiri
5. Peduli, penolong, dan cerdas
6. Latar tempat
7. Dalam membuat meja dan kursi membutuhkan proses dan waktu yang cukup lama
8. Pagi hari di dalam kelas
9. Mebel ( Meja , Kursi, Jendela dll)
10. Produksi(membuat pakaian) distribusikan pakaian tersebut(mengantar barang dari produsen ke konsumen) lalu konsumen membeli dan memakai barang tersebut
11. Pohon dihutan => menebang pohon => kayu diangkut ke kota => pengrajin kayu => Toko mebel => pembeli.
12. Mengingatkan pengunjung untuk taat kepada aturan yang berlaku, Mendampingi pengunjung agar tetap menjaga kelestarian hutan serta habitan hewan dan tumbuhan
13. (a) = Bentuk 2D
(b) = Bentuk 3D
14. Kubus, Balok, Tabung
15.
16. Manfaat menggambar :
a. Meningkatkan focus
b. Melatih kreativitas anak
c. Sebagai media berekspresi
d. Meningkatkan kemampuan motorik anak
17. Untuk mengurangi jumlah sampah, dan menambah nilai guna pada barang tersebut.
18. Upaya kelestarian hutan:
a. Melakukan reboisasi
b. Menerapkan system tebang pilih
c. Menerapkan system tebang tanam
d. Menerapkan larangan penebangan hutan secara sewenang-wenang
19. Kondisi nya adalah hutan menjadi gundul,mudah terbakar selain itu dapat menyebabkan banjir dan longsor
20. Plastik, Kertas, Gelas
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Contoh Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 4 Subtema 3 Pengetahuan ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
Contoh Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 4 Subtema 3 Pengetahuan |
Soal untuk kelas 4 SD/MI Tema 4 Subtema 3 Pengetahuan
Contoh Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 4 Subtema 3 Pengetahuan - Bagi Adik adik dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 4 Subtema 3 Pengetahuan ini, adik adik bisa menguduh materi ini di rumpunnews dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 4 Subtema 3 Pengetahuan.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut rumpunnews memberikan Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 4 Subtema 3 Pengetahuan
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
Kerjakan soal-soal berikut ini !
1. Sebutkan 3 contoh sikap yang mencerminkan sila ke 3?
2. Menggalang kegiatan sosial dan meningkatkan semangat gotong royong dan kekeluargaan merupakan pengamalan Pancasila sila ke …..
3. Apa manfaat budaya tegur dalam kehidupan sehari hari?
4. Perhatikan gambar berikut !
Apa makna symbol Pancasila tersebut?
5. Perhatikan cerita berikut !
Dahulu kala, hiduplah sepasang sahabat di daerah Kalimantan Barat. Mereka adalah seekor tupai dan seekor ikan gabus. Setiap hari mereka melakukan kegiatan bersama. Mencari makan, bermain, bahkan mengunjungi tempat-tempat baru selalu dilakuan bersama.
Suatu hari, Tupai tidak melihat Gabus, sahabatnya. Ia mencarinya ke tempat biasa Gabus tinggal. Saat bertemu, Tupai sangat kaget. Gabus terlihat lesu. Ternyata ia sedang sakit. Tupai sangat sedih. Ia menawarkan makanan untuk sahabatnya, namun Gabus tidak berselera makan. Gabus hanya menginginkan satu jenis makanan yang diyakininya dapat menyembuhkan penyakitnya. Tupai berjanji akan mencari demi sahabatnya.
Setelah Gabus mengatakan makanan yang dapat menyembuhkan penyakitnya, Tupai sangat kaget. Ia harus mencari hati ikan Yu. Ikan Yu sangat ganas. Tidak terpikir olehnya ia bisa mendapatkannya. Namun Tupai bertekad untuk mendapatkannya. Ia ingin sahabatnya sembuh.
Tupai kemudian melompat dari satu pohon kelapa ke pohon kelapa lainnya yang dekat dengan tepi pantai. Saat menemukannya, ia melubangi satu kelapa dan membiarkan airnya habis. Kemudian Sang Tupai masuk ke dalam kelapa. Angin kencang membuat kelapa jatuh ke pantai dan ikan Yu memakannya. Di dalam perut ikan, Tupai kemudian keluar dari kelapa dan menggigit hati ikan Yu. Ikan tersebut mencoba bertahan sampai kehabisan tenaga. Ombak besar membawa ikan Yu ke tepi pantai. Saat itulah Tupai keluar dari mulut Ikan Yu dan membawa hati ikan kepada sahabatnya.
Sampai di tempat Ikan Gabus, Tupai kemudian memberikan hati ikan Yu untuk dimakannya. Beberapa hari kemudian, Tupai melihat sahabatnya segar kembali. Betapa senangnya Tupai melihat Ikan Gabus sehat seperti sediakala.
(disadur dari Dongeng dan Cerita Rakyat Nusantara paling Melegenda, Ajeng Restiyani)
Jelakan sifat tokoh tupai dalam cerita diatas?6. Tempat dimana tokoh atau si pelaku mengalami kejadian atau peristiwa didalam cerita. Seperti misalnya: Didalam bangunan tua, di sebuah gedung, dan lain sebagainya disebut ….
7. Perhatikan teks berikut !
Pekerjaan ayahku adalah pengrajin kayu. Ayahku membuat meja dan kursi. Untuk menghasilkan kursi, awalnya ayahku membeli kayu, memotongnya, membentuk menjadi kursi, menghaluskan, lalu mengecatnya. Waktu yang dihabiskan untuk membuat kursi kurang lebih 1 minggu. Ayahku menjual meja dan kursi buatannya ke toko mebel. Di toko mebel itulah orang- orang bisa membeli meja dan kursi buatan ayahku.
Informasi apa yang kamu dapatkan dari teks diatas?
8. Perhatikan teks berikut !
Sambil menunggu bel masuk sekolah, Imam selalu membaca buku sebelum pelajaran dimulai. Semua tugas dari guru sudah dipersiapkan semuanya. Teman temannya yang lain ada yang sedang duduk sambi bercerita sesama teman, ada pula yang sedang membersihkan papan tulis serta menyapu lantai.
Latar waktu dan tempat pada teks diatas adalah?
9. Apa produk yang dihasilkan dari pengrajin kayu?
10. Jelaskan bagaimana kegiatan ekonomi pada proses pembuatan baju !
11. Jelaskan proses yang terjadinya meja dan kursi bisa sampai di rumahmu!
12. Apa tugas polisi hutan?
13. Perhatikan gambar berikut !
Sebutkan perbedaan pada kedua gambar diatas !
14. Sebutkan 3 contoh bentuk 3D !
15. Gambarlah salah satu bentuk 3D !
16. Apa manfaat menggambar?
17. Mengapa kita perlu memanfaatkan barang bekas?
18. Apa yang harus kita lakukan untuk menjaga kelestarian hutan?
19. Bagimana kondisi hutan jika terjadi penebangan terus-menerus?
20. Sebutkan 3 bahan yang dapat didaur ulang?
Kunci Jawaban
1. Bangga dan cinta terhadap tanah air dan bangsa.
Rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara
Mengembangkan sikap saling menghargai.
2. Ke 3
3. Budaya tegur sapa menjadi perekat warga. Budaya tegur sapa membangun kepedulian terhadap sesama.
4. Makna sila ke 3 :
a. Negara Kesatuan Republik Indonesia,
b. Cintai damai dan persatuan, dan
c. Tidak mementingkan kepentingan diri sendiri
5. Peduli, penolong, dan cerdas
6. Latar tempat
7. Dalam membuat meja dan kursi membutuhkan proses dan waktu yang cukup lama
8. Pagi hari di dalam kelas
9. Mebel ( Meja , Kursi, Jendela dll)
10. Produksi(membuat pakaian) distribusikan pakaian tersebut(mengantar barang dari produsen ke konsumen) lalu konsumen membeli dan memakai barang tersebut
11. Pohon dihutan => menebang pohon => kayu diangkut ke kota => pengrajin kayu => Toko mebel => pembeli.
12. Mengingatkan pengunjung untuk taat kepada aturan yang berlaku, Mendampingi pengunjung agar tetap menjaga kelestarian hutan serta habitan hewan dan tumbuhan
13. (a) = Bentuk 2D
(b) = Bentuk 3D
14. Kubus, Balok, Tabung
15.
16. Manfaat menggambar :
a. Meningkatkan focus
b. Melatih kreativitas anak
c. Sebagai media berekspresi
d. Meningkatkan kemampuan motorik anak
17. Untuk mengurangi jumlah sampah, dan menambah nilai guna pada barang tersebut.
18. Upaya kelestarian hutan:
a. Melakukan reboisasi
b. Menerapkan system tebang pilih
c. Menerapkan system tebang tanam
d. Menerapkan larangan penebangan hutan secara sewenang-wenang
19. Kondisi nya adalah hutan menjadi gundul,mudah terbakar selain itu dapat menyebabkan banjir dan longsor
20. Plastik, Kertas, Gelas
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Contoh Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 4 Subtema 3 Pengetahuan ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
Soal untuk kelas 4 SD/MI Tema 4 Subtema 3 File ini dalam Bentuk .pdf File Size 60kb
Diupload oleh www.rumpunnews.com
Baca Juga yang sejenis
Pencarian yang paling banyak dicari
- soal kelas 4 tema 4 subtema3
- soal tema 4 subtema 3 kelas 4 sd
- kisi kisi soal kelas 4 tema 4 subtema 3
- soal tema 4 kelas 4 revisi 2020
- soal tema 4 kelas 4 revisi 2021
- soal sbdp kelas 4 tema 4 subtema 3
- soal ulangan tema 4 kelas 4 Pengetahuan
- soal tema 4 kelas 4 revisi 2019 pdf 2018,2019,2020,2021,2022