Lengkap - Contoh Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 4 Subtema 2 Pengetahuan
Contoh Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 4 Subtema 2 Pengetahuan - Halo adik adik yang baik, pada kesempatan kali ini tentunya kakak tidak bosan bosan untuk membagikan beberapa contoh soal kepada adik adik, soal ini mengenai soal latihan ulangan harian atau latihan soal penilaian harian yang telah kakak susun untuk adik adik kelas iv sd/mi, soal ini berjumlah 20 soal yang mana sudah kakak sediakan juga kunci jawabannya. Semoga bermanfaat ya.
Soal untuk kelas 4 SD/MI Tema 4 Subtema 2 Pengetahuan
Contoh Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 4 Subtema 2 Pengetahuan - Bagi Adik adik dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 4 Subtema 2 Pengetahuan ini, adik adik bisa menguduh materi ini di rumpunnews dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 4 Subtema 2 Pengetahuan.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut rumpunnews memberikan Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 4 Subtema 2 Pengetahuan
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
Kerjakan soal-soal berikut ini !
1. Berikan 3 contoh sikap yang menunjukan sila kedua Pancasila dalam kehidupan sehari hari !
2. Apa makna dari simbol rantai dalam Pancasila?
3. Sebutkan makna sila ke 2 Pancasila?
4. Kapan hari kesaktian pancasila diperingati?
5. Cerita “Si Kancil dan Petani” merupakan salah satu cerita …..
6. Apa yang dimaksud dengan tokoh utama dan tokoh pembatu dalam suatu cerita?
7. Perhatikan cerita dibawah ini !
Ada seekor siput selalu memandang sinis terhadap katak. Suatu hari, katak yang kehilangan kesabaran akhirnya berkata kepada siput: “Tuan siput, apakah saya telah melakukan kesalahan, sehingga Anda begitu membenci saya?”
Siput menjawab: “Kalian kaum katak mempunyai empat kaki dan bisa melompat ke sana ke mari, Tapi saya mesti membawa cangkang yang berat ini, merangkak di tanah, jadi saya merasa sangat sedih.”
Katak menjawab: “Setiap kehidupan memiliki penderitaannya masing-masing, hanya saja kamu cuma melihat kegembiraan saya, tetapi kamu tidak melihat penderitaan kami (katak).”
Dan seketika, ada seekor elang besar yang terbang ke arah mereka, siput dengan cepat memasukan badannya ke dalam cangkang, sedangkan katak dimangsa oleh elang.
Apa pesan moral yang dapat kita pelajari dari cerita diatas?
8. Perhatikan cerita berikut !
Kura-kura dan burung Elang adalah sepasang sahabat. Kura-kura lebihbanyak menghabiskan waktu di pantai, sedangkan Elang lebih banyak terbang. Walaupun mereka sibuk, Elang selalu mengunjungi teman kecilnya yang baik hati. Keluarga Kura-kura sangat ramah dan selalu menyambut kedatangan Elang dengan gembira. Mereka juga selalu memberi Elang makanan dengan royalnya. Oleh karena itu, Elang selalu datang berkali-kali untuk mendapatkan makanan gratis. Setiap habis makan dari keluarga Kura-kura, Elang selalu berkata, “Ha ha betapa bodohnya si Kura-kura. Aku dapat merasakan kenikmatan makanan yang selalu dia berikan, namun tidak mungkin dia dapat merasakan nikmatnya makananku. Sarangku terletak jauh di atas gunung”. Akibat sikap Elang yang rakus dan tidak tahu terima kasih, maka seluruh penghuni hutan mulai menggunjingkannya. Para penghuni hutan tidak suka dengan sikap Elang.
Suatu hari, Kera memanggil Kura-kura yang sedang berjalan dekat sungai. “Hai temanku kura-kura, berilah aku semangkuk kacang polong, maka aku akan memberitahukan rahasia padamu,” seru Kera. Setelah menghabiskan semangkuk kacang polong dari kura-kura, Kera berkata lagi, “Kura-kura, sahabatmu Elang telah menyalahgunakan persahabatan dan kebaikan hatimu. Setiap kali sehabis bertamu di sarangmu, dia selalu mengejekmu. Dia berkata bahwa kamu sangat bodoh.
Pada suatu hari nanti, Elang akan datang kembali dan akan meminta sekeranjang makanan darimu dan berjanji akan memberikan makanan untuk kau dan anak-anakmu”. Benarlah yang dikatakan oleh Kera. Elang datang membawa keranjang dan seperti biasanya ia menikmati makanan dari Kura-kura. Elang berkata, “Hai temanku kura-kura, izinkan aku mengisi keranjangku dengan makanan darimu. Nanti istriku akan kuminta memberikan makanan buatannya untuk istri dan anakmu”. Elang menyimpan keranjang itu, lalu pergi. Kemudian Elang terbang dan kembali menertawakan Kura-kura. Setelah Elang terbang, Kura-kura masuk ke dalam keranjang tersebut.
Istri kura-kuramenutupi tubuh Kura-kura dengan sayuran dan buah-buahan sampai tidak terlihat.
Ketika Elang kembali, istri Kura-kura mengatakan bahwa suaminya baru saja pergi. Ia memberikan keranjang penuh berisi makanan kepada Elang. Elang segera bergegas terbang ke sarangnya sambil membawa keranjang tersebut. Sepanjang jalan, elang tak henti-hentinya menertawakan Kura-kura. Diam-diam Kura-kura mendengar perkataan sahabatnya. Setibanya di sarang Elang, Elang membuka keranjang berisi makanan tersebut. Betapa kagetnya Elang ketika melihat Kura-kura muncul tiba-tiba dari keranjang. Kura-kura berkata, “Hai Elang, kini aku berada di sarangmu. Aku juga telah memberimu makanan. Sekarang aku mau menagih janjimu. Berikan aku makanan buatan istrimu!”. Elang gugup karena di rumahnya tidak ada makanan sedikitpun. Ia tidak pernah bekerja mencari makanan. Ia hanya mengandalkan makanan pemberian Kura-kura. Istri Elang terkejut. Ternyata makanan yang dibawa Elang selama ini adalah hasil meminta-minta kepada Kura-kura. Istri Elang marah besar. Ia meninggalkan Elang dan berjanji tidak akan kembali lagi.
Elang merasa malu pada istrinya dan Kura-kura. Kura-kura berkata, “Ini pelajaran bagimu. Janganlah engkau malas dan suka berbohong! Jangan pernah menghianati kepercayaan sahabat sendiri. Akibat perbuatanmu, semua penghuni hutan tidak ada yang mau berteman denganmu. Termasuk istrimupun meninggalkanmu”. Elang pun meminta maaf kepada Kura-kura. Ia juga berjanji tidak akan mengulangi perbuatan buruknya.
9. Sebutkan 3 kegiatan yang menghasilkan barang !
10. Sebutkan 3 kegiatan yang menghasilkan jasa !
11. Apa yang dimaksud kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi?
12. Sebutkan kegiatan produksi yang berada didaerah sekitarmu?
13. Apa yang dimaksud dengan karya seni 3D?
14. Suatu gambar yang memiliki sifat dan fungsi untuk menerangkan suatu peristiwa disebut …..
15. Apa saja yang perlu diperhatikan dalam mengambar 3D?
16. Berikan contoh gambar 3D !
17. Amatilah gambar berikut !
Apakah gambar diatas yang menunjukan sikap melestarikan alam? Jelaskan pendapatmu !
18. Jelaskan perbedaan nelayan dengan cara tradisonal dan menggunakan teknologi modern !
19. Mengapa kita perlu memakai pensil secara hemat dan efektif?
20. Apa manfaat dari penggunaan teknologi dalam setiap kegiatan?
Kunci Jawaban
1. Contoh sikap sila ke 2 :
Senang membantu teman yang sedang mengalami kesusahan.
Memberikan bantuan kepada korban bencana alam.
Mengembangkan sikap tenggang rasa.
Menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia.
2. Mata rantai berbentuk segiempat melambangkan laki-laki. Mata rantai berbentuk lingkaran melambangkan perempuan. Mata rantai yang saling berkaitan melambangkan hubungan manusia satu dengan yang lainnya yang perlu bersatu dan saling membantu sehingga menjadi kuat seperti rantai.
3. Makna sila ke 2 :
Setiap manusia setara, sejajar
Beradab dalam rasa, pikiran, dan tindakan
Anti penjajahan
Mengutamakan kebenaran dan keadilan
4. 1 Oktober
5. Dongeng
6. utama adalah tokoh yang diutamakan penceritaannya dalam novel yang bersangkutan. Ia merupakan tokoh yang paling banyak diceritakan, baik sebagai pelaku kejadian maupun yang dikenai kejadian.
Tokoh pembantu yaitu tokoh yang memegang peran pelengkap atau tambahan dalam cerita
7. Nikmatilah kehidupanmu, tidak perlu dibandingkan dengan orang lain. keirian hati kita terhadap orang lain akan membawa lebih banyak penderitaan. Lebih baik pikirkanlah apa yang kita miliki. Hal tersebut akan membawakan lebih banyak rasa syukur dan kebahagiaan bagi kita sendiri.
8. Kura-kura, Sang Elang, Kera, Istri kura-kura, Istri Elang
9. Pengrajin kayu, Penjahit, Petani
10. Guru, Dokter, Tukang cukur
11. Produksi adalah kegiatan membuat atau menghasilkan barang/jasa.
Distribusi adalah kegiatan penyalurkan/menyampaikan barang atau jasa kepada Konsumen
Konsumsi adalah kegiatan menggunakan/mengurangi nilai guna barang atau jasa yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan.
12. Pembuat tempe, pengrajin bambu, guru les privat
13. Karya seni 3D merupakan seni rupa yang dibatasi dengan 3 sisi yaitu sisi panjang, sisi lebar dan tinggi atau dalam pengertiannya yaitu karya seni yang memilki volume dan ada di dalam sebuah ruang
14. Ilustrasi
15. Mempunyai panjang, lebar, tinggi
Menempati ruang dan bisa dilihat dari segala sudut pandang
16. Patung, kriya, keramik, arsitektur
17. Tidak karena menangkap ikan menggunakan bom ikan dapat merusak ekosistem air disekitar begitu pula penangkapan ikan dengan pukat harimau menggunakan alat tangkap berat yang diletakkan di dasar laut, hal itu menyebabkan kehancuran ekosistem laut yaitu kerusakan terumbu karang yang merupakan habitat ikan dan juga merusak rumput laut .
18. Nelayan tradisional = menangkap ikan dengan jaring dan sampan
Nelayan modern = mengunakan pukat harimau, radar, bahkan bom
19. Karena bahan membuat pensil yaitu campuran dari grafit dan tanah liat kemudian dibalut mengunakan kayu. Kayu yang ditebang berasal dari pohon, jika kita tidak menghemat pohon di lingkungan kita akan cepat habis dan itu berdampak pada kerusakan lingkungan
20. Mempermudah aktivitas yang dilakukan manusia
Mempercepat kegiatan manusia
Meningkatkan keefektifan
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Contoh Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 4 Subtema 2 Pengetahuan ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
Contoh Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 4 Subtema 1 Pengetahuan |
Soal untuk kelas 4 SD/MI Tema 4 Subtema 2 Pengetahuan
Contoh Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 4 Subtema 2 Pengetahuan - Bagi Adik adik dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 4 Subtema 2 Pengetahuan ini, adik adik bisa menguduh materi ini di rumpunnews dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 4 Subtema 2 Pengetahuan.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut rumpunnews memberikan Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 4 Subtema 2 Pengetahuan
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
Kerjakan soal-soal berikut ini !
1. Berikan 3 contoh sikap yang menunjukan sila kedua Pancasila dalam kehidupan sehari hari !
2. Apa makna dari simbol rantai dalam Pancasila?
3. Sebutkan makna sila ke 2 Pancasila?
4. Kapan hari kesaktian pancasila diperingati?
5. Cerita “Si Kancil dan Petani” merupakan salah satu cerita …..
6. Apa yang dimaksud dengan tokoh utama dan tokoh pembatu dalam suatu cerita?
7. Perhatikan cerita dibawah ini !
Ada seekor siput selalu memandang sinis terhadap katak. Suatu hari, katak yang kehilangan kesabaran akhirnya berkata kepada siput: “Tuan siput, apakah saya telah melakukan kesalahan, sehingga Anda begitu membenci saya?”
Siput menjawab: “Kalian kaum katak mempunyai empat kaki dan bisa melompat ke sana ke mari, Tapi saya mesti membawa cangkang yang berat ini, merangkak di tanah, jadi saya merasa sangat sedih.”
Katak menjawab: “Setiap kehidupan memiliki penderitaannya masing-masing, hanya saja kamu cuma melihat kegembiraan saya, tetapi kamu tidak melihat penderitaan kami (katak).”
Dan seketika, ada seekor elang besar yang terbang ke arah mereka, siput dengan cepat memasukan badannya ke dalam cangkang, sedangkan katak dimangsa oleh elang.
Apa pesan moral yang dapat kita pelajari dari cerita diatas?
8. Perhatikan cerita berikut !
Kura-kura dan burung Elang adalah sepasang sahabat. Kura-kura lebihbanyak menghabiskan waktu di pantai, sedangkan Elang lebih banyak terbang. Walaupun mereka sibuk, Elang selalu mengunjungi teman kecilnya yang baik hati. Keluarga Kura-kura sangat ramah dan selalu menyambut kedatangan Elang dengan gembira. Mereka juga selalu memberi Elang makanan dengan royalnya. Oleh karena itu, Elang selalu datang berkali-kali untuk mendapatkan makanan gratis. Setiap habis makan dari keluarga Kura-kura, Elang selalu berkata, “Ha ha betapa bodohnya si Kura-kura. Aku dapat merasakan kenikmatan makanan yang selalu dia berikan, namun tidak mungkin dia dapat merasakan nikmatnya makananku. Sarangku terletak jauh di atas gunung”. Akibat sikap Elang yang rakus dan tidak tahu terima kasih, maka seluruh penghuni hutan mulai menggunjingkannya. Para penghuni hutan tidak suka dengan sikap Elang.
Suatu hari, Kera memanggil Kura-kura yang sedang berjalan dekat sungai. “Hai temanku kura-kura, berilah aku semangkuk kacang polong, maka aku akan memberitahukan rahasia padamu,” seru Kera. Setelah menghabiskan semangkuk kacang polong dari kura-kura, Kera berkata lagi, “Kura-kura, sahabatmu Elang telah menyalahgunakan persahabatan dan kebaikan hatimu. Setiap kali sehabis bertamu di sarangmu, dia selalu mengejekmu. Dia berkata bahwa kamu sangat bodoh.
Pada suatu hari nanti, Elang akan datang kembali dan akan meminta sekeranjang makanan darimu dan berjanji akan memberikan makanan untuk kau dan anak-anakmu”. Benarlah yang dikatakan oleh Kera. Elang datang membawa keranjang dan seperti biasanya ia menikmati makanan dari Kura-kura. Elang berkata, “Hai temanku kura-kura, izinkan aku mengisi keranjangku dengan makanan darimu. Nanti istriku akan kuminta memberikan makanan buatannya untuk istri dan anakmu”. Elang menyimpan keranjang itu, lalu pergi. Kemudian Elang terbang dan kembali menertawakan Kura-kura. Setelah Elang terbang, Kura-kura masuk ke dalam keranjang tersebut.
Istri kura-kuramenutupi tubuh Kura-kura dengan sayuran dan buah-buahan sampai tidak terlihat.
Ketika Elang kembali, istri Kura-kura mengatakan bahwa suaminya baru saja pergi. Ia memberikan keranjang penuh berisi makanan kepada Elang. Elang segera bergegas terbang ke sarangnya sambil membawa keranjang tersebut. Sepanjang jalan, elang tak henti-hentinya menertawakan Kura-kura. Diam-diam Kura-kura mendengar perkataan sahabatnya. Setibanya di sarang Elang, Elang membuka keranjang berisi makanan tersebut. Betapa kagetnya Elang ketika melihat Kura-kura muncul tiba-tiba dari keranjang. Kura-kura berkata, “Hai Elang, kini aku berada di sarangmu. Aku juga telah memberimu makanan. Sekarang aku mau menagih janjimu. Berikan aku makanan buatan istrimu!”. Elang gugup karena di rumahnya tidak ada makanan sedikitpun. Ia tidak pernah bekerja mencari makanan. Ia hanya mengandalkan makanan pemberian Kura-kura. Istri Elang terkejut. Ternyata makanan yang dibawa Elang selama ini adalah hasil meminta-minta kepada Kura-kura. Istri Elang marah besar. Ia meninggalkan Elang dan berjanji tidak akan kembali lagi.
Elang merasa malu pada istrinya dan Kura-kura. Kura-kura berkata, “Ini pelajaran bagimu. Janganlah engkau malas dan suka berbohong! Jangan pernah menghianati kepercayaan sahabat sendiri. Akibat perbuatanmu, semua penghuni hutan tidak ada yang mau berteman denganmu. Termasuk istrimupun meninggalkanmu”. Elang pun meminta maaf kepada Kura-kura. Ia juga berjanji tidak akan mengulangi perbuatan buruknya.
(Sumber : UniKIDS 6 November 2003)
Siapa saja tokoh yang ada di dalam cerita diatas?9. Sebutkan 3 kegiatan yang menghasilkan barang !
10. Sebutkan 3 kegiatan yang menghasilkan jasa !
11. Apa yang dimaksud kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi?
12. Sebutkan kegiatan produksi yang berada didaerah sekitarmu?
13. Apa yang dimaksud dengan karya seni 3D?
14. Suatu gambar yang memiliki sifat dan fungsi untuk menerangkan suatu peristiwa disebut …..
15. Apa saja yang perlu diperhatikan dalam mengambar 3D?
16. Berikan contoh gambar 3D !
17. Amatilah gambar berikut !
Apakah gambar diatas yang menunjukan sikap melestarikan alam? Jelaskan pendapatmu !
18. Jelaskan perbedaan nelayan dengan cara tradisonal dan menggunakan teknologi modern !
19. Mengapa kita perlu memakai pensil secara hemat dan efektif?
20. Apa manfaat dari penggunaan teknologi dalam setiap kegiatan?
Kunci Jawaban
1. Contoh sikap sila ke 2 :
Senang membantu teman yang sedang mengalami kesusahan.
Memberikan bantuan kepada korban bencana alam.
Mengembangkan sikap tenggang rasa.
Menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia.
2. Mata rantai berbentuk segiempat melambangkan laki-laki. Mata rantai berbentuk lingkaran melambangkan perempuan. Mata rantai yang saling berkaitan melambangkan hubungan manusia satu dengan yang lainnya yang perlu bersatu dan saling membantu sehingga menjadi kuat seperti rantai.
3. Makna sila ke 2 :
Setiap manusia setara, sejajar
Beradab dalam rasa, pikiran, dan tindakan
Anti penjajahan
Mengutamakan kebenaran dan keadilan
4. 1 Oktober
5. Dongeng
6. utama adalah tokoh yang diutamakan penceritaannya dalam novel yang bersangkutan. Ia merupakan tokoh yang paling banyak diceritakan, baik sebagai pelaku kejadian maupun yang dikenai kejadian.
Tokoh pembantu yaitu tokoh yang memegang peran pelengkap atau tambahan dalam cerita
7. Nikmatilah kehidupanmu, tidak perlu dibandingkan dengan orang lain. keirian hati kita terhadap orang lain akan membawa lebih banyak penderitaan. Lebih baik pikirkanlah apa yang kita miliki. Hal tersebut akan membawakan lebih banyak rasa syukur dan kebahagiaan bagi kita sendiri.
8. Kura-kura, Sang Elang, Kera, Istri kura-kura, Istri Elang
9. Pengrajin kayu, Penjahit, Petani
10. Guru, Dokter, Tukang cukur
11. Produksi adalah kegiatan membuat atau menghasilkan barang/jasa.
Distribusi adalah kegiatan penyalurkan/menyampaikan barang atau jasa kepada Konsumen
Konsumsi adalah kegiatan menggunakan/mengurangi nilai guna barang atau jasa yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan.
12. Pembuat tempe, pengrajin bambu, guru les privat
13. Karya seni 3D merupakan seni rupa yang dibatasi dengan 3 sisi yaitu sisi panjang, sisi lebar dan tinggi atau dalam pengertiannya yaitu karya seni yang memilki volume dan ada di dalam sebuah ruang
14. Ilustrasi
15. Mempunyai panjang, lebar, tinggi
Menempati ruang dan bisa dilihat dari segala sudut pandang
16. Patung, kriya, keramik, arsitektur
17. Tidak karena menangkap ikan menggunakan bom ikan dapat merusak ekosistem air disekitar begitu pula penangkapan ikan dengan pukat harimau menggunakan alat tangkap berat yang diletakkan di dasar laut, hal itu menyebabkan kehancuran ekosistem laut yaitu kerusakan terumbu karang yang merupakan habitat ikan dan juga merusak rumput laut .
18. Nelayan tradisional = menangkap ikan dengan jaring dan sampan
Nelayan modern = mengunakan pukat harimau, radar, bahkan bom
19. Karena bahan membuat pensil yaitu campuran dari grafit dan tanah liat kemudian dibalut mengunakan kayu. Kayu yang ditebang berasal dari pohon, jika kita tidak menghemat pohon di lingkungan kita akan cepat habis dan itu berdampak pada kerusakan lingkungan
20. Mempermudah aktivitas yang dilakukan manusia
Mempercepat kegiatan manusia
Meningkatkan keefektifan
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Contoh Soal UH / PH untuk kelas 4 SD/MI Tema 4 Subtema 2 Pengetahuan ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
Soal untuk kelas 4 SD/MI Tema 4 Subtema 2 File ini dalam Bentuk .pdf File Size 60kb
Diupload oleh www.rumpunnews.com
Baca Juga yang sejenis
Pencarian yang paling banyak dicari
- soal kelas 4 tema 4 subtema 2
- soal tema 4 subtema 2 kelas 4 sd
- kisi kisi soal kelas 4 tema 4 subtema 2
- soal tema 4 kelas 4 revisi 2020
- soal tema 4 kelas 4 revisi 2021
- soal sbdp kelas 4 tema 4 subtema 2
- soal ulangan tema 4 kelas 4 Pengetahuan
- soal tema 4 kelas 4 revisi 2019 pdf 2018,2019,2020,2021,2022