Lengkap - 45+ Contoh Soal UASBN Sejarah Kelas 12 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru

45+ Contoh Soal UASBN Sejarah Kelas 12 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bospedia telah menyiapkan soal untuk adik adik nih, soal ini merupakan mata pelajaran Sejarah untuk kelas 12 SMA/MA, soal ini diasiapkan sebanyak 45 soal dan sudah tersedia dengan Kunci Jawabannya. Oiya Belajar sejarah berarti mempelajari peradaban manusia. Dengan belajar sejarah, kita mengetahui peristiwa penting di masa lalu. Kita juga dapat mengetahui mengapa dunia bisa seperti sekarang ini. Maka dari itu, belajar sejarah itu sangatlah penting. Namun sebelum kita mempelajari sejarah, ada baiknya kita mengetahui pengertian sejarah. Untuk memperkaya pengetahuan, saya akan memberikan beberapa pengertian sejarah menurut para ahli sejarah.
    45+ Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
    45+ Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru



     Nah, langsung saja kita simak yang pertama:

    J.V. Bryce
    Sejarah adalah catatan dari apa yang telah dipikirkan, dikatakan, dan diperbuat oleh manusia.

    W.H. Walsh
    Sejarah itu menitikberatkan pada pencatatan yang berarti dan penting saja bagi manusia. Catatan itu meliputi tindakan-tindakan dan pengalaman-pengalaman manusia pada masa lampau pada hal-hal yang penting sehingga merupakan cerita yang berarti.

    Patrick Gardiner
    Sejarah adalah ilmu yang mempelajari apa yang telah diperbuat oleh manusia.

    Roeslan Abdulgani
    Ilmu sejarah adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang meneliti dan menyelidiki secara sistematis keseluruhan perkembangan masyarakat serta kemanusiaan pada masa lampau beserta kejadian-kejadian dengan maksud untuk kemudian menilai secara kritis seluruh hasil penelitiannya tersebut, untuk selanjutnya dijadikan perbendaharaan pedoman bagi penilaian dan penentuan keadaan sekarang serta arah proses masa depan.

    Moh. Yamin
    Sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan bahan kenyataan.

    Ibnu Khaldun (1332–1406)
    Sejarah didefinisikan sebagai catatan tentang masyarakat umum manusia atau peradaban manusia yang terjadi pada watak/sifat masyarakat itu.

    R. Moh. Ali
    Moh. Ali dalam bukunya Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia, mempertegas pengertian sejarah sebagai berikut:
    1. Jumlah perubahan-perubahan, kejadian atau peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita.
    2. Cerita tentang perubahan-perubahan, kejadian, atau peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita.
    3. Ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan, kejadian, dan atau peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita.



    Soal UASBN Sejarah Kelas 12 SMA/MA



    45+ Contoh Soal UASBN Sejarah Kelas 12 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sahabat rumpunnews dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal UASBN Sejarah Kelas 12 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di rumpunnews dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal UASBN Sejarah Kelas 12 SMA/MA Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

    Berikut rumpunnews memberikan Soal UASBN Sejarah Kelas 12 SMA/MA

    PETUNJUK UMUM
    1. Tulis namamu di sudut kanan atas
    2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
    3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
    4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

    A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang benar !


    1. Sumber-sumber sejarah masa lampau dapat berupa barang peninggalan tertulis maupun tidak tertulis. Berikut ini peninggalan sejarah yang termasuk inskripsi antara lain ….
    A. tulisan yang ditorehkan pada benda keras seperti batu, logam, dan kayu.
    B. dokumen resmi tentang suatu persetujuan, pengakuan dan pemberian hak.
    C. barang-barang cetakan yang ditemukan di lapisan bumi tertentu.
    D. naskah-naskah yang berisi perjalanan sejarah tokoh-tokoh tertentu.
    E. seluruh peninggalan tertulis maupun gambar yang telah dibukukan.
    Jawaban: A

    2. Perhatikan ciri-ciri berikut!
    1) Cerita dalam tradisi ini dipercayai masyarakat sebagai kisah yang benar-benar terjadi.
    2) Menceritakan terjadinya alam semesta, bentuk khas binatang, dan petualangan para dewa.
    3) Tokoh utama dalam kisah tradisi ini adalah dewa atau manusia setengah dewa.
    Ciri-ciri di atas mengacu pada tradisi lisan yang berbentuk ….
    A. dongeng.
    B. legenda.
    C. mitologi.
    D. folklore.
    E. mitos.
    Jawaban: E

    3. Contoh periodisasi peristiwa sejarah Indonesia yang tersusun secara kronologis adalah….
    A. masa Kerajaan Hindu-Buddha – masa Kerajaan Islam – masa pendudukan Jepang – masa kemerdekaan.
    B. masa Kerajaan Islam – masa Kerajaan Hindu-Buddha – masa colonial Belanda – masa pendudukan Jepang.
    C. masa kemerdekaan – masa pendudukan Jepang – masa Kerajaan Hindu-Buddha – masa Kerajaan Islam – masa colonial Belanda.
    D. masa pendudukan Jepang – masa colonial Belanda – masa Kerajaan Islam – masa Kerajaan Hindu-Buddha – masa kemerdekaan.
    E. masa Kerajaan Hindu-Buddha – masa Kerajaan Islam – masa colonial Belanda – masa pendudukan Jepang – masa kemerdekaan.
    Jawaban: E

    4. Perhatikan kajian-kajian sejarah berikut ini.
    1. Kronologis peristiwa sekitar proklamasi hingga proklamasi kemerdekaan.
    2. Suasana kota Jakarta pada saat pembacaan proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945.
    3. Pelaksanaan sistem tanam paksa mulai tahun 1830 hingga 1870.
    4.  Pembangunan pada era Orde Baru
    Dari contoh kajian sejarah di atas, manakah yang merupakan kajian sejarah yang bersifat sinkronis?
    A. 1 dan 2
    B. 1 dan 3
    C. 2 dan 3
    D. 2 dan 4
    E. 3 dan 4
    Jawaban: D

    5. Berikut merupakan bentuk tradisi masyarakat Nusantara pada masa pra-aksara dan masa aksara adalah... .
    A. melakukan perburuan hewan untuk dijadikan bahan makanan dan menyembah benda yang mempunyai kekuatan ghaib.
    B. menumpuk sampah sisa makanan dan menulis setiap peristiwa yang dianggap penting.
    C. melakukan upacara keagamaan untuk memuja nenek moyang dan membuat alat-alat kehidupan berbahan dasar batu.
    D. mendiami gua-gua yang ada di pesisir pantai untuk dijadikan sebagai rumah dan membuat alata-alat dari batu besar.
    E. memilih pemimpin berdasarkan keturunan pemimpin sebelumnya dan sering melakukan perang antar suku.
    Jawaban: B

    6. Coba perhatikan gambar dan data berikut dengan saksama!



    Gambar di atas merupakan salah satu sub ras yang terdapat di Indonesia yang diperkirakan memasuki kepulauan Nusantara sejak 1000 SM. Mereka dianggap sebagai penduduk paling awal di wilayah kepualauan Nusantara.
    Berdasarkan gambar dan data diatas, sub ras tersebut adalah….
    A. Proto Melayu.
    B. Deutro Melayu.
    C. Austronesia.
    D. Melanesoid.
    E. Melayu Muda.
    Jawaban: D

    7. India merupakan salah satu peradaban yang banyak meninggalkan pengaruhnya di Indonesia. Pengaruhnya dalam bidang sosial dapat dilihat dari... .
    A. sistem kerajaan yang banyak dianut masyarakat, sehingga muncul kerajaan di Indonesia.
    B. berkembangnya ajaran Hindu dan Budha di berbagai wilayah Indonesia.
    C. tradisi ngaben yang biasa dilaksanakan oleh masyarakat Bali.
    D. pemberlakuan kasta dalam kehidupan masyarakat Bali.
    E. banyak bangunan di Indonesia yang dipengaruhi peradaban India.
    Jawaban: D

    8. Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha di Indonesia, khususnya yang terletak di wilayah Jawa Tengah dapat hidup berdampingan dan mempunyai rasa toleransi tinggi. Hal ini terbukti dengan ….
    A. rakyat bebas menganut agama dan kepercayaan yang diyakini.
    B. adanya sistem kasta tidak menutup adanya kawin campur.
    C. candi Hindu dibangun atas perintah Raja Sanjaya yang beragama Buddha.
    D. candi Hindu dapat digunakan oleh warga beragama Buddha.
    E. tidak pernah terjadi pertempuran antara kerajaan Hindu dan Buddha.
    Jawaban: A

    9. Sumber Kerajaan Tarumanegara yang lokasi penemuannya terletak di wilayah Provinsi Banten adalah …
    A. Munjul
    B. Tugu
    C. Cindanghiang
    D. Ciaruteun
    E. Kebon Kopi
    Jawaban: A

    10. Perhatikan informasi-informasi di bawah ini!
    1. banyak bermunculan pemberontakkan antara lain pemberontakkan Kuti.
    2. terjadinya perang saudara antar anggota keluarga Majapahit yang dikenal dengan perang paregreg.
    3. kemunculan kerajaan Demak yang didirikan oleh Rade Fatah.
    4. terjadi perang saudara antara Mapaji Garasakan dan Samarawijaya.
    5. perang yang terdadi antara kerajaan Sunda dengan kerajan Majapahit.

    Berdasarkan informasi tersebut, mana yang merupakkan faktor penyebab keruntuhan Majapahit adalah....
    A. 1, 2, dan 3.
    B. 1, 2, dan 4.
    C. 1, 3, dan 5.
    D. 2, 3, dan 4.
    E. 3, 4, dan 5.
    Jawaban: A


    11. Pada masa pemerintahan Raden Fatah, Kesultanan Demak pernah melakukan serangan ke Malaka yang sudah dikuasai Portugis. Serangan tersebut didasari oleh alasan...
    A. Portugis terlebih dahulu mengancam menyerang Demak.
    B. Raden Patah ingin memperluas wilayah kekuasaan di Sumatera.
    C. sebagai bentuk solidaritas terhadap sesama muslim sekaligus membebaskan Malaka
    D. Demak ingin membantu kesultanan Banten untuk membebaskan dari Portugis.
    E. ingin menunjukan kejayaan dan keperkasaan kesultanan Demak.
    Jawaban: C

    12. Pada masa pemerintahan Sultan Agung Mataram mulai dikenalkan sistem penanggalan Jawa. Secara prinsip, sistem kalender Jawa merupakan bentuk akulturasi antara kebudayaan...
    A. Islam – Hindu.
    B. Indonesia – Hindu.
    C. Masehi – Hijriyah.
    D. Hindu – Budha.
    E. Hindu – China.
    Jawaban: A

    13. Jika dibandingkan Kerajaan Spanyol dan Portugis, Belanda lebih akhir datang ke Indonesia. Faktor utama yang menyebabkan kedatangan Belanda ke Indonesia adalah... .
    A. adanya kesepakatan Thordesillas yang membagi pelayaran samudera menjadi dua.
    B. adanya kesepakatan Saragosa yang membagi pelayaran samudera menjadi dua.
    C. Pelarangan Belanda membeli rempah-rempah di Pelabuhan Lisabon Portugis.
    D. Belanda tidak memiliki armada perang sekuat Portugis.
    E. terjadi perang aliansi di Eropa yang melibatkan beberapa Negara Eropa seperti Prancis dan Belanda.
    Jawaban: C

    14. Untuk menumpas segala macam pembelotan dan pemberontakan yang dilakukan warga pribumi terhadap VOC, dikeluarkan hak istimewa berupa...
    A. hak monopoli perdagangan dari ujung selatan Afrika ke sebelah timur sampai ujung selatan Amerika.
    B. hak memiliki tentara sendiri dan pengadilan.
    C. hak memiliki mata uang sendiri.
    D. hak menguasai dan mengikat perjanjian dengan kerajaan-kerajaan lain di daerah kekuasaan monopoli perdagangan.
    E. hak untuk memungut pajak.
    Jawaban:  B

    15. Hal yang menjadi faktor internal pendorong munculnya nasionalisme Indonesia adalah... .
    A. kebijakan politik etis yang memunculkan kelompok cendikiawan di Indonesia.
    B. perjuangan membangkitkan nasionalisme yang dilakukan oleh Mahatma Gandhi di India.
    C. kemenangan Jepang atas Uni Soviet pada tahun 1905 di Manchuria.
    D. munculnya paham-paham baru di Eropa yang kemudian berkembang di Indonesia.
    E. perjuangan membangkitkan nasionalisme yang dilakukan oleh Jose Rizal di Filiphina.
    Jawaban: A

    16. Awal abad ke 20 merupakan tonggak awal kebangkitan nasional Indonesia, hal ini ditandai dengan banyak berdirinya organisasi yang bergerak dalam berbagai bidang seperti pendidikan, budaya, agama, bahkan politik. Berikut organisasi pergerakan nasional Islam yang pertama di Indonesia, yaitu... .
    A. Sarekat Dagang Islam.
    B. Nahdatul Ulama.
    C. Muhammadiyah.
    D. Masyumi.
    E. Perti.
    Jawaban: A

    17. Faktor yang melatarbelakangi pembubaran organisasi Indische Partij adalah munculnya artikel “Als Ik eens Nederlander Was” yang merupakan artikel dari Suwardi Suryaningrat sebagai protes terhadap rencana....
    A. diselenggarakannya Cultuurstelsel.
    B. pemilihan anggota Volksraad.
    C. pemilihan anggota Gemeenteraad.
    D. peringatan 100 tahun kemerdekaan Belanda dari Prancis.
    E. peringatan 300 tahun berdirinya VOC.
    Jawaban: D

    18. Perhimpunan Indonesia (1916) yang terdiri dari mahasiswa Indonesia yang belajar di negeri Belanda menyadari bahwa mereka harus menjadi penggerak untuk mencapai kemerdekaan Indonesia. Dengan bekerja sama dengan pemuda bangsa lain, mereka menghimpun kekuatan untuk melawan penjajah. Apa yang menjadikan organisasi tersebut dianggap memegang peranan penting bagi perjuangan kebangsaan Indonesia saat itu?
    A. Organisasi tersebut bekerjasama bangsa lain menentang penjajah.
    B. Memperjuangkan terciptanya kesatuan nasional dan solidaritas.
    C. Kembali ke Indonesia dan memimpin perlawanan terhadap Belanda.
    D. Mereka mengirim anggotanya menjadi Dewan Rakyat (Volksraad).
    E. Menerbitkan surat kabar yang berisi ajakan menentang penjajah.
    Jawaban: B

    19. Dalam menghadapi tuntutan Gabungan Politik Indonesia (GAPI) pemerintah Kolonial Belanda membentuk…
    A. Volksraad.
    B. Komisi Visman.
    C. Komisi Lintas Partai.
    D. Komisi Pertimbangan Pemerintah.
    E. Komisi Lintas Agama.
    Jawaban: B

    20. Pada masa awal pendudukan Jepang di Indonesia, para tokoh pergerakan nasional bersikap kooperatif terhadap Jepang. Hal ini terbukti dengan dibentuknya organisasi Pusat Tenaga Rakyat (Putera) oleh Jepang yang diketuai oleh Ir. Soekarno. Jepang berharap organisasi tersebut dapat dijadikan alat untuk mendukung perang Jepang di Pasifik. Namun kenyataan sebaliknya, para tokoh memanfaatkan organisasi tersebut untuk ….
    A. menanamkan semangat nasionalisme untuk mewujudkan Indonesia merdeka.
    B. melakukan gerakan di bawah tanah untuk berbalik menyerang Jepang.
    C. mempelajari strategi yang dilakukan Jepang dalam menghadapi Sekutu.
    D. menduduki posisi dalam pemerintahan pendudukan Jepang di Indonesia.
    E. mendapat simpati dalam upaya mempengaruhi kebijakan pemerintah Jepang.
    Jawaban: A

    21. Pada masa Pendudukannya, Jepang memberlakukan politik non-kooperatif dengan cara membubarkan seluruh organisasi pergerakan Indonesia. Namun terdapat satu organisasi yang tidak dibubarkan oleh Jepang dengan alasan memiliki persamaan pandangan terkait masalah Kolonialisme Barat. Organisasi yang tidak dibubarkan oleh Jepang tersebut adalah... .
    A. Partai Nasional Indonesia.
    B. Majelis Syuro Muslimin Indonesia.
    C. Pusat Tenaga Rakyat.
    D. Majelis Islam A’la Indonesia.
    E. BPUPKI.
    Jawaban: D

    22. Berikut merupakan pengaruh kebijakan liberalisasi ekonomi yang diberlakukan oleh pemerintah Kolonial Belanda, kecuali...
    A. tanah-tanah di wilayah Sumatera dan Kalimantan berubah menjadi wilayah perkebunan.
    B. berkembangnya sistem pendidikan di Indonesia yang berdampak kepada meningkatnya pendidikan bumi putera.
    C. berkembangnya sistem pendidikan di Indonesia yang membawa dampak kesejahteraan kaum bumi putera.
    D. munculnya aturan-aturan baru mengenai sistem ekonomi, ketenagakerjaan, pengupahan.
    E. meningkatnya kegiatan ekspor hasil perkebunan oleh pemerintah Kolonial Belanda.
    Jawaban: C

    23. Walaupun pada awalnya secara tersembunyi tujuan Pemerintah Kolonial mengeluarkan kebijakan Politik Etis adalah untuk menciptakan kalangan pegawai yang memiliki keterampilan dan dapat dibayar murah, namun kemudian kebijakan tersebut dapat memberikan dampak positif bagi bangsa Indonesia, yaitu... .
    A. meningkatkan volume ekspor tanaman perkebunan Indonesia.
    B. menciptakan kalangan elit baru yang lebih nasionalis.
    C. memunculkan dukungan dari kelompok-kelompok liberalis Belanda atas usaha kemerdekaan Indonesia.
    D. memunculkan kelompok cendekiawan yang kemudian hari menjadi pelopor perjuangan kemerdekaan Indonesia.
    E. berkembangnya infrastruktur bangunan kolonialisme di Indonesia.
    Jawaban: D

    24. ”Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia”. Makna penggalan pernyataan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tersebut bagi bangsa Indonesia adalah ….
    A. masyarakat dapat mengambil alih seluruh persenjataan Jepang di Indonesia.
    B. saatnya membangun kehidupan baru yang merdeka, bersatu, dan berdaulat.
    C. Jepang telah memenuhi janji kemerdekaan kepada masyarakat Indonesia.
    D. Indonesia segera menyusun pemerintahan dan ketatanegaraan yang baru.
    E. proklamasi kemerdekaan merupakan puncak perjuangan bangsa Indonesia.
    Jawaban: B

    25. Proklamasi Indonesian pada tanggal 17 Agustus 1945 bukan akhir dari perjuangan bangsa. Setelah proklamasi, justru bangsa Indonesia mendapatkan rintangan terkait keutuhan negara dana bangsa. Peranan tokoh Kasman Singodimedjo dalam menjaga keutuhan negara dan bangsa adalah... .
    A. menjadi penengah anatara golongan muda dan golongan tua terkait waktu pelaksanaan proklamasi.
    B. menjadi penengah antara golongan muda dan golongan tua terkait pembentukkan Badan Keamanan Rakyat yang banyak menuai protes.
    C. menjadi penengah antar anggota PPKI terkait permasalahan tujuh kata dalam piagam Jakarta.
    D. menjadi penengah antara kelompok Soekarno yang pro diplomasi dengan kelompok Jenderal Soedirman yang pro perjuangan senjata.
    E. menjadi penengah terkait permasalahan hasil dari perjanjian Renville yang dianggap terlalu merugikan Republik.
    Jawaban: C

    26. Setelah melakukan perdebatan panjang antara Bung Karno dan Para Pemuda pada tanggal 15 Agustus 1945, dimana Bung Karno tetap mempertahankan untuk melaksakan sidang PPKI yang merupakan badan bentukan Jepang pada tanggal 16 Agustus 1945 akhirnya para pemuda memutuskan untuk membawa Bung Karno dan Moh. Hatta ke Rengasdengklok pada tanggal 16 Agustus dini hari.

    Dasar pertimbangan pemuda yang paling prinsip adalah....
    A. kemerdekaan Indonesia merupakan hak dan soal bangsa Indonesia sendiri.
    B. kemerdekaan Indonesia merupakan peristiwa yang sangat bersejarah.
    C. rakyat sudah begitu lama menantikan kemerdekaan.
    D. Jepang tidak akan menepati janji kemerdekaannya.
    E. Jepang sudah menyerah kepada Sekutu dan tidak bisa memberikan kemerdekaan.
    Jawaban: A

    27. Dinamika kehidupan politik pada masa awal kemerdekaan diwarnai masa-masa pelaksanaan Demokrasi Liberal. Pada masa ini pemerintahan RI berbentuk parlementer, dimana kedaulatan rakyat disalurkan melalui wakil-wakil partai politik yang menduduki parlemen. Salah satu ciri masa pemerintahan tersebut adalah seringnya terjadi pergantian kabinet yang disebabkan oleh ….
    A. mosi tidak percaya anggota parlemen terhadap kinerja kabinet.
    B. kabinet terdiri dari orang-orang yang tidak ahli dalam bidangnya.
    C. sikap apatis para anggota kabinet terhadap upaya pembangunan.
    D. pemerintah mencurahkan perhatian pada upaya pembebasan Irian Barat.
    E. seringnya terjadi pemberontakan menyita perhatian anggota kabinet.
    Jawaban: A

    28. Setelah Dekrit Presiden Pemerintah melaksanakan Demokrasi Terpimpin pada periode 1959 – 1965. Berikut ini kebijakan-kebijakan masa Demokrasi Terpimpin, kecuali ....
    A. kekuasaan negara berada sepenuhnya di tangan presiden.
    B. pembentukan lembaga-lembaga melalui penetapan presiden.
    C. penetapan manipol USDEK menjadi GBHN.
    D. pelaksanaan politik luar negeri yang condong ke Blok-Timur.
    E. pelaksanaan politik luar negeri yang Bebas dan Aktif.
    Jawaban: E

    29. Perhatikan pernyataan berikut :
    1) Belanda mengakui secara de facto wilayah republik Indonesia atas Jawa, Madura dan Sumatera.
    2) pengakuan kedaulatan atas Republik Indonesia.
    3) Pembentukan Negara Indonesia Serikat (NIS) dan Uni Indonesia-Belanda.
    4) Belanda harus mengembalikan Irian Barat kepada Indonesia.
    5) Dibentuk Uni Indonesia – Belanda dengan Ratu Belanda sebagai kepala UNI.
    Dari pernyataan di atas yang merupakan hasil dari Perjanjian Linggarjati adalah …
    A. 1, 2, dan 3.
    B. 1, 2, dan 4.
    C. 1, 3, dan 5.
    D. 2, 3, dan 5.
    E. 3, 4, dan 5.
    Jawaban: C

    30. Pada bulan Januari 1966, terjadi aksi demonstrasi besar-besaran yang dilakukan masyarakat yang menuntut pembubaran PKI sebagai dampak terjadinya G30S/PKI pada bulan September 1965. Aksi yang menelan korban jiwa dari pelajar dan mahasiswa di Jakarta dan Yogyakarta tersebut, menimbulkan tekanan yang berat bagi pemerintah saat itu yang segera mengambil sikap antara lain….
    A. menangkap seluruh anggota dan simpatisan PKI yang ada.
    B. melakukan perombakan terhadap susunan Kabinet Dwikora.
    C. menurunkan harga bahan pokok melalui operasi pasar.
    D. mengadakan sidang istimewa MPRS menurunkan presiden.
    E. menugaskan Pangkopkamtib saat itu untuk mengamankan negara.
    Jawaban: B

    31. Salah satu syarat pembentukan suatu negara adalah berdirinya pemerintahan. Pemerintahan pertama Republik Indonesia ditetapkan dalaml sidang-sidang PPKI. Sidang kedua PPKI menghasilkan keputusan antara lain....
    A. pengangkatan Seokarno dan M. Hatta sebagai Presiden dan Wakil Presiden.
    B. pembentukkan Komite Nasional Indonesia untuk membantu tugas Presiden sebelum terbentuknya parlemen.
    C. penetapan Partai nasional Indonesia sebagai satu-satunya partai yang diakui dalam sistem kepartaian di Indonesia.
    D. pembentukkan 12 kementerian untuk roda pemerintahan Indonesia.
    E. pembentukkan Badan Keamanan Rakyat sebagai alat kelengkapan negara dalam bidang militer.
    Jawaban: D

    32. Jika dikaitkan dengan kehidupan sekarang, makna terpenting yang dapat diambil dalam peristiwa terpilihnya Soekarno dan Mohammad Hatta menjadi Presiden dan wakilnya pada Sidang PPKI pertama adalah....
    A. pemilihan presiden dan wakil presiden harus memperhatikan keterwakilan wilayah Jawa dan luar Jawa.
    B. mendahulukan musyawarah mufakat dalam pemilihan presiden dan wakil presiden.
    C. memilih pemimpin harus mendengarkan dan memperhatikan aspirasi rakyat sebagai pemegang kedualatan tertinggi.
    D. memilih pemimpin yang mempunyai perpaduan dalam bidang politik seperti Soekarno dan ekonomi seperti Hatta.
    E. dalam memilih pemimpin harus mendahulukan kepentingan bangsa dan negara.
    Jawaban: E

    33. Pada masa Demokrasi Terpimpin, Indonesia keluar dari keanggotaan PBB. Kebijakan ini terjadi sebagai dampak politik luar negeri RI yang bersifat anti imperialisme/kolonialisme.  Hal ini menyebabkan Indonesia terkucil dari dunia internasional. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah Orde Baru untuk mengembalikan citra Indonesia di mata dunia antara lain dengan ….
    A. menyetujui pembentukan negara federal Malaysia.
    B. mencari dukungan dari negara-negara di Asia Tenggara.
    C. memulihkan hubungan diplomatik dengan Malaysia.
    D. memutuskan hubungan dengan negara berhaluan kiri.
    E. mempererat hubungan diplomatik dengan negara-negara lain.
    Jawaban: C

    34. Bukti bahwa Indonesia sebagai anggota ASEAN telah melaksanakan politik luar negeri yang bebas aktif antara lain turut serta berpartisipasi dalam meredakan pertikaian antarfaksi di Kamboja pada tahun 1988 dengan cara ….
    A. memberi bantuan senjata kepada kelompok independen
    B. mengirim pasukan Garuda sebagai pasukan Dewan Keamanan PBB
    C. memberi bantuan ekonomi dan obat-obatan bagi rakyat Kamboja
    D. menyediakan tempat untuk pelaksanaan Jakarta Informal Meeting
    E. menjadi penengah antara keempat faksi yang sedang bertikai
    Jawaban: D

    35. Pada masa  Orde Baru peranan negara terus menguat. Hal tersebut tercermin pada hal-hal berikut, kecuali...
    A. kelompok oposisi dikendalikan dan dibatasi ruang geraknya.
    B. organisasi massa berada di bawah kendali penuh pemerintah.
    C. adanya keterlibatan secara langsung militer dalam sistem pemerintahan.
    D. partai politik diberi kekuasaan untuk melaksanakan aktivitas politiknya.
    E. pembredelan beberapa media karena dinilai tidak sejalan dengan pemerintah.
    Jawaban: D

    36. Stabilisasi dalam bidang politik dan keamanan sangat diperlukan untuk pembangunan ekonomi bagi kesejahteraan rakyat. Untuk menjaga stabilitas politik dan keamanan pemerintah melaksanakan program ....
    A. Pelita (pembangunan lima tahun).
    B. Dwi Fungsi ABRI.
    C. Politik luar negeri bebas aktif.
    D. Penanaman Modal Asing.
    E. Wamil (Wajib Militer).
    Jawaban: D

    37. Perhatikan pernyataan-pernyataan dibawah ini!
    1. Adili Suharto dan kroni-kroninya.
    2. Amandemen UUD 1945.
    3. Hapus Dwi Fungsi ABRI.
    4. Hapuskan Partai Golkar.
    5. Kebebasan Narapidana Politik.
    6. Pemerintahan KKN.

    Dari pernyataan diatas yang merupakan agenda reformasi adalah...
    A. 1, 2 dan 3
    B. 1, 2 dan 5.
    C. 1, 3 dan 4.
    D. 1, 3 dan 6.
    E. 4, 5 dan 6.
    Jawaban: A

    38. Pada masa peralihan sistem pemerintahan dan politik dari Orde Baru menuju pemerintahan Reformasi, muncul beberapa tokoh nasional yang menamakan diri sebagai kelompok Ciganjur. Berikut adalah nama-nama yang tergabung dalam kelompok Ciganjur, kecuali....
    A. Abdurrachman Wahid.
    B. Akbar Tanjung.
    C. Megawati Soekarno Putri.
    D. Amin Rais.
    E. Sri Sultan Hamengkubuwono X.
    Jawaban: B

    39. Pada masa pemerintahan Orde Baru, terdapat sekolempok tokoh yang menyerahkan sebuah dokumen yang dikenal dengan Petisi 50. Hal yang menjadi tuntutan utama Petisi 50 adalah...
    A. pencabutan aturan yang bersifat diskriminasi terhadap kelompok etnis Tionghoa.
    B. pencabutan aturan tentang pelarangan Partai Komunis Indonesia.
    C. protes penggunaan ideologi Pancasila untuk kepentingan politik praktis.
    D. pencabutan ajaran Eka Prasetya Pancakarsa.
    E. pencabutan ajaran Nasakom.
    Jawaban: C

    40. Gerakan Reformasi di Indonesia tahun 1998 merupakan gerakan untuk memperbaiki tatanan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945. Penyebab utama terjadinya gerakan ini adalah ….
    A. presiden yang terlalu lama berkuasa.
    B. utang luar negeri yang semakin banyak.
    C. ketidakadilan di berbagai bidang kehidupan.
    D. keinginan mengganti kedudukan presiden.
    E. munculnya golongan-golongan oposisi.
    Jawaban: C

    41. Pengalaman yang dimiliki oleh suatu masyarakat di masa lampau merupakan pengalaman yang bernilai sejarah dan berharga bagi bangsa tersebut pada masa kini. Sebutkan dan uraikan 2 dari 4 kegunaan mempelajari sejarah!
    Jawaban: Terdapat 4 kegunaan Sejarah.
    1. Edukatif, sejarah mempunyai keguanaan sebagai pembelajaran bagi manusia agar kehidupan lebih baik dimasa yang akan datang.
    2. Rekreatif, yaitu kegunaan sejarah sebagai sarana keindahan dan hiburan bagi manusia.
    3. Inspiratif, yaitu kegunaan sejarah sebagai sesuatu yang memberikan inspirasi bagi kehidupan manusia.
    4. Instruktif, yaitu sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran. dalam hal ini ejarah dapat berperan dalam upaya penyampaian pengetahuan dan keterampilan pada subyek belajar.

    42. Penjajahan yang dilakukan oleh bangsa Barat (Eropa) memunculkan reaksi perlawanan dari bangsa Indonesia. Bandingkan strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajah sebelum Abad XX dan sesudah Abad XXI!
    Jawaban:

    Tabel perbandingan strategi perjuangan Bangsa Indonesia sebelum abad ke 20 dan pada abad ke 20


    No
    Strategi Perjuangan Sebelum abad ke 20
    No
    Strategi Perjuangan Setelah abad ke 20
    1.
    Perjungan lebih bersifat kedaerahan
    1.
    Perjuangan telah bersifat atau berskala nasional
    2
    Perjuangan masih menggunakan perang secara fisik.
    2
    Perjungan dilakukan melalui organisasi-organisasi modern.
    3
    Lebih mengandalkan pemimpin, sehingga ketika pemimpin ditangkap oleh Kolonial Belanda maka perjuangan terhenti atau mengalami penurunan.
    3
    Tidak terlalu mengandalkan pemimpin (tidak pemimpin sentris) dan terdapat regenerasi kepeminpinan
    4
    Sangat mudah untuk diadu domba
    4
    Tidak mudah untuk diadu domba
    43. Setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, dinamika sejarah bangsa Indonesia menjadi semakin tinggi. Bandingkan perkembangan politik pada masa Demokrasi Liberal dengan Demokrasi Terpimpin!
    Jawaban:
    Tabel perbandingan Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin


    No
    Perkembangan Politik Demokrasi Liberal
    No
    Perkembangan Politik Demokrasi Terpimpin
    1.
    Keputusan di dominasi oleh individu atau perwakilan yang bersifat parlementer
    1.
    Segala keputusan didominasi oleh pemimpin negara
    2
    Ruang gerak partai politik sangat terbatas
    2
    Partai politik banyak berperan dalam pemerintahan.
    3
    Sering terjadi pergantian kabinet.
    3
    Kabinet cenderung stabil.
    4
    Parlemen memiliki peran yang sangat kuat
    4
    Parlemen tidak memiliki peranan yang kuat

    44. Agenda utama yang dibahas Pada sidang pertama PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945 adalah pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Berdasarkan usul dari Otto Iskandardinata maka anggota PPKI menyepakati secara aklamasi Soekarno dan Mohammad Hatta sebagai Presiden dan Wakil Presiden. Simpulkan dan maknai peristiwa di atas bagi kehidupan masa kini!
    Jawaban:
    Pada saat lembaga PPKI malakukan sidang pertama dengan agenda pengangkatan presiden dan wakil Presiden. Otto Iskandardinata yang menjadi salah satu anggota PPKI menyampaikan usul agar Soekarno dan Hatta dapat dipilih dan diangkat menjadi Presiden dan Wakil Presiden. Usul tersebut kemudian disepakati secara aklamasi oleh anggota PPKI yang lain. dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa anggota PPKI lebih mementingkan kepetingan Bangsa dan Negara di atas kepentingan individu dan kelompok.  Apa yang ditunjukkan oleh oleh anggota PPKI patut untuk dikedepankan pada masa kini hingga Indonesia dapat terhindar dari konflik horizontal maupun vertikal akibat kepentingan politik pribadi dan kelompok.

    45. Pidato pengunduran diri Soeharto menandai berakhirnya kekuasaan Orde Baru yang hampir mencapai waktu 32 tahun. Analisis dan simpulkan faktor penyebab berakhirnya kekuasaan Orde Baru!
    Jawaban:
    Faktor berakhirnya kekuasaan Orde Baru yang telah berkuasa selama hampir 32 tahun tidak disebabkan oleh faktor tunggal, melainkan banyak faktor yang menyebabkan mundurnya Presiden Soeharto. Beberapa faktor yang yang secara dominan menyebabkan berkahirnya Orde Baru antara lain; faktor krisis moneter, krisis ekonomi, krisis dalam bidang hukum, krisis bidang politik, krisis dalam bidang kehidupan sosial. Artinya faktor penyebab berakhirnya Orba adalah akibat krisis multidimensional.


    Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 45+ Contoh Soal UASBN Sejarah Kelas 12 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

    #
    Soal UASBN Sejarah Kelas 12 SMA/MA   File ini dalam Bentuk .doc File Size 42Kb
    Diupload oleh www.rumpunnews.com

    Baca juga yang sejenis

      Pencarian yang paling banyak dicari
      • soal usbn sejarah sma 2018 pdf
      • soal usbn sejarah 2019
      • download soal usbn sejarah sma 20120
      • soal usbn sejarah indonesia sma 2021
      • soal usbn sejarah sma 2018
      • soal usbn sejarah pdf
      • bank soal sejarah sma dan kunci jawaban
      • soal usbn sejarah 2017 pdf 2018,2019,2020,2021,2022


      Iklan Atas Artikel

      Iklan Tengah Artikel 1

      Iklan Tengah Artikel 2

      Iklan Bawah Artikel