Lengkap - 35+ Contoh Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru

35+ Contoh Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Hasi adik adik yang sedang menghadapi UTS atau ulangan tengah semester, pada kesempatan yang baik ini admin ingin berbagi lagi soal UTS untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia bagi adik adik yang sedang duduk dibangku kelas XI SMA/MA, admin sudah menyiapkan sekitar 35 soal yang bisa dijadikan baha latihan sebelum menghadapi Ulangan Tengah Semester. Oiya  Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013 dengan pembelajaran berbasis teks bertujuan agar dapat membawa peserta didik sesuai perkembangan mentalnya, dan menyelesaikan masalah kehidupan nyata dengan berpikir kritis. Dalam penerapannya, pembelajaran Bahasa Indonesia memiliki prinsip, yaitu sebagai berikut.
  1. Bahasa hendaknya dipandang sebagai teks, bukan semata-mata kumpulan kata atau kaidah kebahasaan.
  2. Penggunaan bahasa merupakan proses pemilihan bentuk-bentuk kebahasan untuk mengungkapkan makna.
  3. Bahasa bersifat fungsional, artinya penggunaan bahasa yang tidak pernah dapat dipisahkan dari konteks, karena bentuk bahasa yang digunakan mmencerminkan ide, sikap, nilai, dan ideologi pemakai/penggunanya.
  4. Bahasa merupakan sarana pembentukan berpikir manusia.

35+ Contoh Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
35+ Contoh Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru



Dengan prinsip di atas, maka pembelajaran bahasa berbasis teks membawa implikasi metodologis pada pembelajaran yang bertahap. Hal ini diawali dari kegiatan guru membangun konteks, dilanjutkan dengan kegiatan pemodelan, membangun teks secara bersama-sama, sampai pada membangun teks secara mandiri. Kegiatan ini dilakukan karena teks merupakan satuan bahasa yang mengandung pikiran dengan struktur yang lengkap. Guru harus benar-benar meyakini bahwa pada akhirnya peserta didik mampu menyajikan teks secara mandiri. Secara rinci tahapan tersebut sebagai berikut.


a. Membangun konteks

Membangun kontek, yaitu melalui kegiatan mengamati teks dalam konteksnya dan menanya tentang berbagai hal yang berkaitan dengan teks yang diamatinya. Pada langkah membangun konteks peserta didik dapat didorong untuk memahami  nilai spiritual, nilai budaya, tujuan yang melatari bangun teks. Dalam proses ini peserta didik mengeksplorasi kandungan teks serta nilai-nilai yang tersirat di dalamnya. Di samping itu, peserta didik dapat mengungkap laporan hasil pengamatan untuk bahan tindak lanjut dalam kegiatan belajar.


b. Membentuk model (Pemodelan)

Pemeodelan, yaitu melalui kegiatan mencoba dan menalar merumuskan model strukur fonologi, gramatikal, leksikal, dan makna teks dibacanya. Dalam langkah ini peserta didik didorong untuk meningkatkan rasa ingin tahu dengan memperhatikan (1)  simbol, (2) bunyi (3) tata bahasa dan (4) makna. Melalui analisis fakta dan data pada teks yang dipelajarinya peserta didik memperoleh model imbuhan, struktur imkata, frase, klausa, kalimat, maupun paragraf. Semua kegiatan tersebut peserta didik pelajari pada konteks pemakaiannya. Pada tahapan ini peserta didik dapat mengeksplorasi jenis teks yang dipelajarinya serta mengenali ciri-cirinya. Proses aktivitas pengenalan bukan sebagai tujuan akhir pembelajaran, melainkan sebagai awal kegiatan untuk mengembangkan daya cipta.


c. Membangun teks bersama-sama

Membangun teks bersama/berkelompok, yaitu menyusun teks bersama masih dalam kegiatan mencoba, menalar, dan mencipta secara kolaboratif yang dilanjutkan dengan menyaji. Peserta menggunakan hasil mengeksplorasi model-model teks  untuk membangun teks dengan cara berkolaborasi dalam kelompok. Melalui kegiatan ini diharapkan semua peserta didik   dapat memperoleh pengalaman mencipta teks sebagai dasar untuk mengembangkan kompetensi individu.


d. Mengembangkan teks secara mandiri

Mengembangkan teks secara mandiri, yaitu dengan titik tekan pada peserta didik dapat menunjukkan kompetensinya secara individual dalam mencipta. Oleh karena itu, dimensi kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia wajib memenuhi empat langkah dasar, enam langkah mengembangkan keterampilan beraktivitas secara saintifik, dua model  kegiatan koloboratif dan individual, dan berdimesi beraktivitas dan berkarya.

Untuk implemetasi dalam pembelajaran, guru dapat menggunakan model pembelajaran, antara lain model inkuiri based learning, discovery based learning, problem based learning, dan project based learning. Model-model tersebut masing-masing memiliki langkah kerja yang sistematis dalam penerapannya. Dalam penerapan model tidak ada satu model yang unggul dari model lain, namun guru perlu mencocokkan dengan lingkup materi dan strategi pembelajaran yang digunakan.


    Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA



    35+ Contoh Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sahabat rumpunnews dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di rumpunnews dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

    Berikut rumpunnews memberikan Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA


    PETUNJUK UMUM
    1. Tulis namamu di sudut kanan atas
    2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
    3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
    4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

    A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang benar !


    Untuk soal nomor 1 sampai dengan nomor 4, perhatikan bacaan berikut!

     Dr. Ilham Patu, ketua informasi dan Surveilans KLB di RS Pusat Infeksi Sulianti Saroso, menuturkan, Riska masuk RS Islam Cempaka Putih, pada hari Kamis, 8 September silam karena menderita “morbili” atau campak. Riska diizinkan pulang setelah dirawat selama empat hari. Namun, baru tiga hari dirumah, Riska kembali masuk rumah sakit. Kali ini pasien menderita demam, batuk, dan sesak nafas.
     “Setelah dilakukan pemeriksaan dengan foto thorax di  RS Islam, hasilnya ditemukan dugaan adanya sebaran vius. Jumat, 16 September, sampel darah Riska diperiksa di laboratorium. Hasilnya terjadi penurunan leukosit (sel darah putih), normalnya 21.500 turun hingga 2.700. pada pemeriksaan limposit sudah berkurang dari 25 menjadi 13. Dengan hasil pemeriksaan itu, Riska diduga mengidap infeksi flu burung,” papar Ilham.
     Meski korban flu burung terus bertambah, para ahli termasuk dr. Ilham Patu, menganjurkan agar warga tidak perlu panik. Masyarakat pun masih dapat mengonsumsi daging ayam.

    1. Langkah para ahli dalam mendeteksi pasien yang terinfeksi flu burung adalah ....
    a. dokter melakukan pemeriksaan dengan foto thorak
    b. mereka memeriksa contoh darah pasien
    c. dia memeriksa tekanan darah pasien
    d. mereka memeriksa suhu tubuh pasien
    e. petugas mengisolasi pasien yang sudah parah
    Jawaban: b

    2. Gagasan utama paragraf kedua teks tersebut adalah ....
    a. diduga mengidap infeksi flu burung
    b. penurunan limposit pada tubuh riska
    c. hasil pemeriksaan dengan foto thorax
    d. leukosit yang normal pada tubuh manusia adalah 21.500
    e. para ahli menganjurkan agar warga tidak perlu panik
    Jawaban: a

    3. Makna kata virus dalam paragraf kedua teks tersebut adalah ....
    a. mikroorganisme yang menyebabkan penyakit berbahaya
    b. mikroorganisme yang menyebabkan timbulnya penyakit
    c. mikroorganisme yang menyebabkan dan menularkan penyakit
    d. mikroorganisme yang menyebabkan penyakit dan pembusukan
    e. mikroorganisme yang dapat menyebabkan kematian penderita
    Jawaban: c

    4. Fakta yang terdapat dalam paragraf kedua teks tersebut adalah ....
    a. dugaan adanya sebaran virus di tubuh
    b. Riska diduga mengidap infeksi flu burung
    c. Terjasinya penurunan leukosit pada tubuh Riska
    d. warga tidak perlu panik atau takut
    e. Masyarakat pun masih dapat mengonsumsi daging ayam
    Jawaban: c

    5. Bacalah kalimat-kalimat berikut dengan seksama!
    (1) Periksalah ke dokter apabila suhu badannya tetap panas detelah dikompres dan diberi obat.
    (2) Langkah pertama kompres dengan air es secara teratur.
    (3) Lakukan perawatan di rumah sakit, sebagai tindak terakhir.
    (4) Di samping dikompres, penderita berilah minum yang banyak
    (5) Tidak hanya dikompres, berilah obat penurun panas secara teratur pula.
    Urutan kalimat yang tepat untuk menjelaskan pencegahan demam berdarah adalah ....
    a. (4),(2),(5),(3), dan (1)
    b. (4),(3),(5),(1), dan (2)
    c. (1),(2),(3),(4), dan (5)
    d. (2),(4),(5),(1), dan (3)
    e. (5),(3),(1),(4), dan (2)
    Jawaban: d

    6. Judul makalah: Upaya penghijauan di sekitar lingkungan
    Penulisan judul makalah yang tepat untuk memperbaiki judul tersebut adalah ....
    a. Upaya Penghijauan di Sekitar Lingkungan
    c. Upaya penghijauan di sekitar lingkungan
    d. Upaya PENGHIJAUAN di sekitar lingkungan
    d. Upaya PENGHIJAUAN di Sekitar Lingkungan
    e. UPAYA PENGHIJAUAN di SEKITAR LINGKUNGAN
    Jawaban: a

    7. Bacalah penggalan dialog berikut dengan seksama!
    Jane : Marno, Sayang.
    Marno : Ya, Jane.
    Jane : Bagaimana Alaska sekarang?
    Marmo : Alaska?....
    Jane : Maksudku ya, hawanya pada saat ini.
    Marno : Oh, aku kira tidak sedingin biasanya.
    Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog Marno tersebut adalah ....
    a. Aku sudah lama tidak ke sana.
    b. Bagaimana kamu tahu tentang Alaska?
    c. Tahu dari mana, kamu?
    d. Hawanya yang kamu maksudkan?
    e. Tentu udaranya sangat dingin.
    Jawaban: d

    8. Dalam suatu seminar, seorang peserta menabggapi pembicaraan.
    “Jika memerhatikan status OSIS dan KOPSIS, saya menyimpulkan bahwa KOPSIS mempunyai dasar hukum yang lebih kuat daripada OSIS. Bagaimana menurut pendapat Anda?”
    Kalimat jawaban yang tepat untuk tanggapan peserta di atas adalah ....
    a. Pernyataan Saudara tidak perlu dijawab karena semuanya sudah jelas.
    b. Rupanya Saudara kurang bisa memahami penjelasan saya.
    c. Pertanyaan Saudara saya tampung dulu, apabila ada waktu akan saya jawab.
    d. Maaf, tolong pertajam pemahaman Saudara terhadap pemaparan saya tentang OSIS dan KOPSIS.
    e. Analisis Saudara tentang status OSIS dan KOPSIS tempaknya sejalan dengan saya.
    Jawaban: e

    Untuk soal nomor 9 dan 10, perhatikan tajuk rencana berikut!

     Kalau kita angkat persoalan ini, karena memang ada yang pantas kita prihatinkan. Betapa segala sesuatu sekarang ini selalu diselesaikan dengan kekerasan1). Padahal selama ini kita selalu bisa menyelesaikan segala macam persoalan dengan cara yang elegan, dengan cara yang damai2). Kita mempunyai cara yang terbukti efektif untuk meraih terbosan yang membuat setiap orang merasa menag dan tidak kehilangan muka, yakni musyawarah untuk mencapai mufakat3). Cara melaksanakan musyawarah itu sendiri tidak selalu sama4). Setiap wilayah, setiap daerah mempunyai cara yang sesuai dengan kearifan lokal, yang memang dikenal dan biasa dilakukan masyarakat di tempat itu5).  Pertanyaannya, mengapa kearifan lokal yang menjadi kekuatan warga bangsa ini seakan sirna?6). Sekarang ini begitu mudah orang untuk marah, sampai-sampai polisi yang mencoba menenangkan keadaan sering kali malah menjadi korban kemarahan7)
    9. Isi tajuk rencana di atas adalah ....
    a. hilangnya kearifan lokal
    b. banyaknya kekerasan di daerah
    c. cara menyelesaikan persoalan dengan cara damai
    d. musyawarah dan mufakat dalam menangani kasus
    e. kekerasan mengakibatkan jatuhnya korban jiwa
    Jawaban: c

    10. Kalimat yang merupakan opini terdapat pada nomor ....
    a. 1
    b. 3
    c. 4
    d. 5
    e. 6
    Jawaban: a

    11. Selain tempat rekreasi, melepas ketegangan dan kepenatan rutinitas sehari-hari, Dunia Fantasi bisa dijadikan arena belajar anak-anak, karena kawasan ini akan dikembangkan sebagai laboratorium fisika raksasa. Kalau jeli, sebetulnya hampir semua wahana yang ada di Dunia Fantasi merupakan sebuah konsep fisik terapan. Teori ayun dapat dilihat pada permainan kora-kora. Halilintar pada percepatan, gravitasi, dan ketinggian. Untang-anting adalah gaya sentrifugal. Di Dunia Fantasi kita juga akan menemukan bahwa fisika itu mudah dan menarik. Fisika tidak menjadi momok yang menakutkan, tetapi sebuah fantasi yang mengasikkan, yang sama serunya berada di Lorong Sesat atau duduk-duduk di Istana Boneka.
    Gagasan utama paragraf di atas adalah ....
    a. Dunia Fantasi arena rekreasi dan belajar anak-anak.
    b. Dunia Fantasi sebuah fantasi yang mengasyikkan.
    c. Fisika itu mudah, menarik, dan perlu dikembangkan.
    d. Di kawasan Dunia Fantasi akan dikembangkan laboratorium fisika.
    e. Wahana yang ada di Dunia Fantasi merupakan konsep fisika terapan.
    Jawaban: a

    12. (1) Setelah Indonesia membatalkan pembelian pesawat tempur F-16 dari AS, pesawat Mirage 200 dari Prancis, dan Mig-19//Fulcrum pemerintah memutuskan untuk membeli Sukhoi-30 dari Rusia. (2) Menurut Habibie, pesawat tempur Sukhoi-30 memiliki keunggulan, terutama dalam aerodinamika. (3) Selanjutnya, beliau mengemukakan bahwa kewenangan untuk memilih pesawat tempur yang akan dibeli berada pada TNI. (4) Untuk menentukan pilihan pesawat tempur yang akan dibeli, kita harus mempertimbangkan harganya. (5) Akan tetapi, menurut ketua Bappenas, pilihan jenis pesawat tempur pengganti F-16 akan diumumkan pekan depan.
    Kalimat yang berupa fakta dalam paragraf tersebut adalah nomor ....
    a. (1)
    b. (2)
    c. (3)
    d. (4)
    e. (5)
    Jawaban: a

    13. Sumi : Biarlah semua tahu, keadaan yang memojokkan saya untuk bercerita. Kebenaran harus dibela, risiko apa pun kuhadapi.
    Ibu : Jadi! Bilang keladinya justru, Mam. Pantas!
    Dialog di atas menunjukkan drama telah sampai pada bagian ....
    a. Pengenalan
    b. komplikasi
    c. klimaks
    d. antiklimaks
    e. ending
    Jawaban: c

    14. Seni drama yang ditampilkan dalam bentuk tarian dikenal dengan istilah ....
    a. opera
    b. pantomim
    c. sendratari
    d. drama komedi
    e. drama tragedi
    Jawaban: c

    15. Improvisasi atau tindakan spontan pemain di atas panggung bertujuan untuk beberapa hal berikut, kecuali ....
    a. mengalihkan perhatian penonton
    b. menetralisasi suasana panggung
    c. menarik kesempatan pemain lain untuk mengingat dialog yang terlupa
    d. menarik perhatian penonton
    e. menjaga suasana penonton agar tetap tenang
    Jawaban: e

    16. Berikut contoh dramawan Indonesia adalah ....
    a. Taufik Ismail
    b. Y.B. Mangn Wijaya
    c. Umar Kayam
    d. Chairil Anwar
    e. Putu Wijaya
    Jawaban: e

    17. Berikut hal-hal yang harus dimiliki oleh seorang sutradara, kecuali ....
    a. bisa berorganisasi
    b. berbakat, kreatif, dan artistik
    c. disiplin dalam bekerja
    d. menguasai seluk-beluk drama
    e. pandai mengatur pembiayaan
    Jawaban: c

    18. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dilakukan pada saat menonton drama, kecuali ....
    a. mengidentifikasi alur
    b. menilai akting para tokoh
    c. menganalisis pelaku dan perwatakannya
    d. menginterprestasi tema dan amanat
    e. menyusun laporan hasil menonton drama
    Jawaban: e

    19. Tujuan utama mengapresiasi drama adalah untuk ....
    a. memberikan sarana untuk penulis
    b. menceritakan kembali isi cerita secara runtut kepada orang lain
    c. memperoleh pengalaman berharga tentang kehidupan
    d. memiliki keterampilan menulis cerita
    e. membandingkan isi cerita dengan cerita lain
    Jawaban: c

    20. Melisankan drama tidak boleh overacting dan bloking. Maksud kata overacting dan bloking adalah ....
    a. sesuai dengan peran dan menutupi sesama pelaku
    b. berlebihan dan manis sikapnya
    c. wajar dan tidak menutupi sesama pelaku
    d. berlebihan dan posisi saling menutupi sesama pelaku
    e. bertindak berlebihan dan sebaris letaknya
    Jawaban: d

    21. Pendapat yang kita sampaikan dalam diskusi harus berdasarkan ....
    Jawaban: fakta

    22. Kalimat yang kita ucapkan dalam berpendapat harus komunikatif. Arti komunikatif adalah ....
    Jawaban: mudah dipahami

    23. Orang mencatat inti pembicaraan dalam diskusi disebut ....
    Jawaban: notulis

    24. Editorial umumnya memuat ....
    Jawaban: berita

    25. Penulisan editorial harus memiiki kepekaan .... dan ....
    Jawaban: sosial dan imajinasi

    26. Mendeskripsikan perilaku manusia dalam bentuk drama berarti ....
    Jawaban: mementaskan naskah drama

    27. Tulisan yang berisi narasi umumnya menonjolkan urutan ....
    Jawaban: peristiwa

    28. Bagian cerita yang terdiri atas beberapa adegan disebut ....
    Jawaban: babak

    29. Drama yang dialognya berupa nyayian disebut ....
    Jawaban: opera

    30. Pemain yang menentang tokoh utama diistilahkan ....
    Jawaban: tokoh antagonis

    31. Sebutkan sifat-sifat yang harus dimiliki oleh seorang moderator!
    Jawaban: sifat-sifat yang harus dimiliki oeh seorang moderator adalah berjiwa seorang pemimpin, tegas adil, bijaksana, dan dewasa

    32. Hal-hal apa saja yang perlu dilakukan oleh seorang peserta saat mengikuti diskusi?
    Jawaban: hal-hal yang perlu dilakukan oleh seorang peserta saat mengikuti diskusi adalah aktif mendengarkan dan meyimak, kemudian menyampaikan usulan, pendapat, atau tanggapan apabila diberikan kesempatan.

    33. Buatlah kalimat fakta dan opini yang berisi masalah lingkungan, masing-masing dua kalimat!
    Jawaban:
    a. Opini
    1) Pencemaran udara saat ini, banyak disebabkan oleh limbah industri.
    2) Banyaknya asap knalpot dari sepeda motor roda dua menyebabkan pencemaran udara yang cukup parah.

    b. Fakta
    1) Di Indonesia sekarang ini kurang lebih 70% pencemaran udara disebabkan emisi kendaraan bermotor yagn mengeluarkan zat-zat berbahaya yang dampak menimbulkan dampak negatif, baik terhadap kesehatan manusia maupun terhadap lingkungan, seperti timbal/timah hitam (Pb).
    2) Data mengungkapkan bahwa 60% pencemaran udara di Jakarta disebabkan karena benda bergerak atau transportasi umum yang berbahan bakar solar terutama berasal dari angkutan umum.

    34. Berilah tiga contoh drama tradisional!
    Jawaban: wayang, lenong, ketoprak, randai

    35. Jelaskan pengertian drama kolosal!
    Jawaban: drama kolosal adalah drama yang dibuat secara besar-besaran.


    Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 35+ Contoh Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

    #
    Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA   File ini dalam Bentuk .doc File Size 38Kb
    Diupload oleh www.rumpunnews.com

    Baca juga yang sejenis

      Pencarian yang paling banyak dicari
      • soal bahasa indonesia kelas 11 semester 2 kurikulum 2013
      • soal essay bahasa indonesia kelas 11 semester 2
      • soal pilihan ganda bahasa indonesia kelas 11 semester 2
      • contoh soal bahasa indonesia kelas 11 beserta jawabannya
      • soal bahasa indonesia kelas xi semester 2 dan kunci jawaban
      • soal bahasa indonesia kelas 11 semester 1 beserta jawaban
      • soal bahasa indonesia kelas xi kurikulum 2013 dan jawabannya
      • soal pilihan ganda bahasa indonesia kelas 11 semester 1 2018,2019,2020,2021,2022


      Iklan Atas Artikel

      Iklan Tengah Artikel 1

      Iklan Tengah Artikel 2

      Iklan Bawah Artikel