Lengkap - 30+ Contoh Soal UAS / PAS untuk kelas 3 SD/MI Tema 8 K13 plus Kunci Jawaban
30+ Contoh Soal UAS / PAS untuk kelas 3 SD/MI Tema 8 K13 plus Kunci Jawaban - Hai adik adik yang baik, bagaimana kabarnya? semoga sehat selalu. Nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin membagikan beberapa contoh soal yang mungkin bisa adik adik jadikan sebagai bahan refrensi. Soal ini kakak susun sebanyak 30 soal termasuk soal pilihan ganda dan soal essay dan juga kakak menyediakan kunci jawabannya. Semoga dengan soal ini bisa menambah wawasan adik adik. Tetap semangat!!
Soal untuk kelas 3 SD/MI Tema 8 K13 plus Kunci Jawaban
30+ Contoh Soal UAS / PAS untuk kelas 3 SD/MI Tema 8 K13 plus Kunci Jawaban - Bagi Adik adik dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal untuk kelas 3 SD/MI Tema 8 ini, adik adik bisa menguduh materi ini di rumpunnews dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal untuk kelas 3 SD/MI Tema 8.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut rumpunnews memberikan Soal untuk kelas 3 SD/MI Tema 8
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
Kerjakan soal-soal berikut ini !
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 30+ Contoh Soal UAS / PAS untuk kelas 3 SD/MI Tema 8 K13 plus Kunci Jawaban ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
Baca Juga yang sejenis
30+ Contoh Soal UAS / PAS untuk kelas 3 SD/MI Tema 8 K13 plus Kunci Jawaban |
Soal untuk kelas 3 SD/MI Tema 8 K13 plus Kunci Jawaban
30+ Contoh Soal UAS / PAS untuk kelas 3 SD/MI Tema 8 K13 plus Kunci Jawaban - Bagi Adik adik dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal untuk kelas 3 SD/MI Tema 8 ini, adik adik bisa menguduh materi ini di rumpunnews dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal untuk kelas 3 SD/MI Tema 8.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut rumpunnews memberikan Soal untuk kelas 3 SD/MI Tema 8
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
Baca juga
Kerjakan soal-soal berikut ini !
I. Berikan tanda silang (x) pada jawaban yang benar !
PPKN
1. Lambang burung garuda pada Lambang negara Indonesia menggambarkan ….
a. Kebesaran dan kesucian
b. Kebesaran dan kekuatan
c. Keberanian dan kesucian
d. Keberanian dan kekuatan
2. Ada beberapa warna pada lambang negara Garuda Pancasila. Salah satu warnanya adalah warna kuning yang berarti ….
a. Kemurnian
b. Keberanian
c. Keabadian
d. Kemegahan
3.
Pada sila ke 4 terdapat lambang ….
4.
Gambar diatas merupakan contoh sikap pengamalan sila …
a. Sila pertama
b. Sila kedua
c. Sila ketiga
d. Sila keempat
BAHASA INDONESIA
5.
Tanda gambar diatas berarti ….
a. Dilarang parkir
b. Kendaraan dilarang berhenti
c. Kendaraan jalan terus
d. Tidak boleh dilewati sepeda
6.
arti simbol lalu lintas disamping yang benar adalah ….
a. Awas Jalan berkelok-kelok!
b. Dilarang melewati jalan ini!
c. Awas Jalan licin!
d. Awas daerah longsor!
7.
Rani ingin menjenguk Susi yang sedang sakit dirumah sakit. Untuk menuju rumah sakitarah yang harus dilalui Rani adalah ….
a. Belok kiri
b. Belok kanan
c. Lurus mengikuti arah jalan
d. Belok kiri lalu lurus mengikuti arah jalan
8.
Rani beragama Hindu, arah yang harus dilalui Rani untuk menuju tempat ibadah adalah ….
a. Kekiri
b. Lurus mengikuti arah jalan
c. Kekanan
d. Ke kiri lalu belok kanan
MATEMATIKA
9.
Nama yang sesuai dengan sudut diatas adalah ….
a. Sudut siku-siku
b. Sudut lurus
c. Sudut tumpul
d. Sudut lancip
10. Bangun datar memiliki 4 sisi. Kedua sisi yang berhadapan sama panjang. Memiliki 4 titik sudut. Semua sudut yang dimiliki merupakan sudut siku-siku. Gambar seperti petunjuk berikut yang benar adalah ….
11.
Pernyataan yang sesuai dengan tabel diatas adalah, kecuali ….
a. Ada 8 anak di kelas 4 yang menyukai mangga
b. Ada 9 anak di kelas 2 yang menyukai apel
c. Ada 3 anak di kelas 3 yang menyukai apel
d. Ada 6 anak di kelas 1 yang menyukai anggur
12.
Pernyataan yang sesuai dengan tabel diatas adalah ….
a. Banyak rumah yang ada di jalan lili 60 rumah
b. Banyak rumahyang ada di jalan kamboja 50 rumah
c. Banyak rumah yang ada di jalan melati 15 rumah
d. Banyak rumah yang ada di jalan anggrek 30 rumah
SBDP
13.
Alat yang dibawa untuk memeragakan gerakan diatas adalah ….
a. 2 tempurung kelapa
b. 2 piring plastik
c. 2 kayu
d. 2 baskom plastik
14.
Gambar disamping merupakan contoh benda seni dengan hiasan ….
a. Garis
b. Titik
c. Warna
d. Bulat- bulat
15.
Gambar diatas merupakan manfaat dari …
a. Pohon mangga
b. Pohon pohon randu
c. Pohon kelapa
d. Pohon beringin
16. Lambang gerakan pramuka adalah ….
a. Burung garuda
b. Padi dan kapas
c. Pohon beringin
d. Tunas kelapa
PJOK
17.
Gerakan membungkukkan badan di atas bertujuan untuk ….
a. Melemaskan otot paha
b. Melemaskan otot tangan
c. Melemaskan otot kaki
d. Melemaskan otot pinggang
Nama permainan tradisional disamping yang tepat adalah ….
a. Ular tangga
b. Galasin atau gobak sodor
c. Jungkat- jungkit
d. Lompattali
19. Salah satu permainan pramuka yang membutuhkan kerja sama adalah, kecuali ….
a. Arung jeram
b. lompat tongkat
c. lompat tali
d. galasin
20.
Nama permainan diatas adalah ….
a. Galasin
b. Gobak sodor
c. Ular tangga
d. Jalaikan
II. Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat!
PPKN
1. Sebutkan 5 sila yang ada dipancasila beserta lambangnya!
2. Perhatikan gambar dibawah ini!
3. Sebutkan agama dan tempat ibadah berdasarkan gambar diatas!
BAHASA INDONESIA
4.
Sebutkan dan jelaskan warna beserta arti dalam lampu lalu lintas disamping!
5. Sebutkan 5 bidang dan warna tanda kecakapan khusus dalam pramuka!
MATEMATIKA
6. Perhatikantabeldibawah!
Jumlah siswa dalam satu sekolah___ siswa
Jumlah anak yang suka onde-onde___ siswa
Jumlah anak yang suka kelepon___siswa
Jumlah siswa yang suka dodol___siswa
Jumlah siswa yang suka serabi___siswa
Jumlah siswa yang suka kue lapis___siswa
Makanan yang paling banyak diminati ______ =___anak
7. Buatlah diagram berdasarkan tabel di bawah ini!
Hari Banyak cabe
Senin 6
Selasa 12
Rabu 15
Kamis 9
Jumat 21
Sabtu 18
Pembuatan diagram akan menggunakan tanda
Setiap mewakili 3 cabe
Tanda berarti 6 cabe
SBDP
8.
Apa nama tarian gambar diatas dan jelaskan cara permainannya!
9. Teknik apa saja yang digunakan dalam pembuatan rumah-rumahan?
PJOK
10.
Jelaskan cara melakukan latihan keseimbangan seperti gambar diatas!
11.
Jelaskan cara bermain permainan diatas!
KUNCI JAWABAN
I. Pilihan Ganda
1. B
2. D
3. C
4. A
5. B
Untuk jawaban 6 hingga 20 sudah tersedia dilink download, silihkan klik download dibawah
II. Uraian
1. - Ketuhanan Yang Maha Esa = bintang
- Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradap = kepala banteng
- Persatuan Indonesia = pohon beringin
- Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawarat Perwakilan rantai
- Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia = padi dan kapas
2. - Agama islam di masjid
- Agama hindu di pura
- Agama kristen di gereja
- Agama khonghucu di klenteng
3. -Lampu merah menyala berarti kendaraan harus berhenti
-Lampu kuning menyala berarti kendaraan harus bersiap-siap melaju atau berhenti
-Lampu hijau menyala berarti kendaraan boleh melaju
4. -Kuning = bidang agama
-Merah = bidang patriotisme dan seni budaya
-Putih = bidang ketangkasan dan kesehatan
-Hijau = bidang keterampilan dan teknik pembangunan
-Biru = bidang sosial
5. -Jumlah siswa dalam satu sekolah 150 siswa
-Jumlah anak yang suka onde-onde40siswa
-Jumlah anak yang suka kelepon 20 siswa
-Jumlah siswa yang suka dodol 10 siswa
-Jumlah siswa yang sukaserabi 30 siswa
-Jumlah siswa yang suka kue lapis 50siswa
-Makanan yang paling banyak diminati kue lapis = 50 anak
6.
Pembuatan diagram akan menggunakan tanda
Setiap mewakili 3 cabe
Tanda berarti 6 cabe
7. Tari Tempurung
a. Tepuk kantangan kedepan atas dan kebawah belakang. Tepuk kantangan sambil berjalan dalam barisan.
b. Tepuk kantangan dua kali di sebelah kiri dan sebelah kanan. Tepuk kantangan secara bergantian sebanyak empat kali.
c. Jalan kekiri dua langkah dan tepukkan satu kali. Lalu, jalan kekanan dua langkah dan tepuk kantangan satu kali. Lakukan gerakan tepuk tangan sambil melompat.
d. Tepuk kantangan di sebelah kiri bawah. Tepuk kantangan di sebelahkanan bawah. Tepuk kantangan di sebelah kiriatas. Tepuk kantangan di sebelah kanan atas sambil mengangkat kaki kiri. Lakukan sebanyak dua kali.
e. Jalan kekiri dua langkah dan tepuk tangan satu kali. Lalu, jalan kekanan dua langkah dan tepuk tangan satu kali. Sambil melangkah tengokkan kepala kekiri dan kekanan secara bergantian. Lakukan sebanyak dua kali.
f. Tepuk kantangan kedepan atas dan kebelakang bawah. Tepuk tangan dilakukan sambil berjalan membentuk lingkaran. Lalu, dengan gerakan yang sama berjalan keluar meninggalkan tempat menari.
8. -Memotong
-Menggunting
-Menempel
-Menyambung
9. 1. Berdiri tegak.
2. Angkat kaki kirimu.
3. Berdirilah dengan satu kaki dan jagalah keseimbangan.
4. Bertahanlah sampai hitungan kesepuluh.
5. Angkat kaki kanan.
6. Berdirilah dengan satu kaki dan jagalah keseimbangan.
7. Bertahanlah sampai hitungan kesepuluh.
10. 1. Semua peserta duduk membentuk lingkaran. Posisi kaki menjulur kedalam lingkaran.
2. Setiap peserta berpegangan kuat. Dapat juga menggunakan tali untuk berpegangan. Lakukan sesuai gambar. Semakin rapat jarak antar pemainakan semakin baik.
3. Semua peserta berusaha untuk berdiri secara bersamaan. Usahakan kedua kaki tegak, tidak menekuk lutut.
4. Lakukan berulang-ulang untuk melatih kekuatan kaki.
PPKN
1. Lambang burung garuda pada Lambang negara Indonesia menggambarkan ….
a. Kebesaran dan kesucian
b. Kebesaran dan kekuatan
c. Keberanian dan kesucian
d. Keberanian dan kekuatan
2. Ada beberapa warna pada lambang negara Garuda Pancasila. Salah satu warnanya adalah warna kuning yang berarti ….
a. Kemurnian
b. Keberanian
c. Keabadian
d. Kemegahan
3.
Pada sila ke 4 terdapat lambang ….
4.
Gambar diatas merupakan contoh sikap pengamalan sila …
a. Sila pertama
b. Sila kedua
c. Sila ketiga
d. Sila keempat
BAHASA INDONESIA
5.
Tanda gambar diatas berarti ….
a. Dilarang parkir
b. Kendaraan dilarang berhenti
c. Kendaraan jalan terus
d. Tidak boleh dilewati sepeda
6.
arti simbol lalu lintas disamping yang benar adalah ….
a. Awas Jalan berkelok-kelok!
b. Dilarang melewati jalan ini!
c. Awas Jalan licin!
d. Awas daerah longsor!
7.
Rani ingin menjenguk Susi yang sedang sakit dirumah sakit. Untuk menuju rumah sakitarah yang harus dilalui Rani adalah ….
a. Belok kiri
b. Belok kanan
c. Lurus mengikuti arah jalan
d. Belok kiri lalu lurus mengikuti arah jalan
8.
Rani beragama Hindu, arah yang harus dilalui Rani untuk menuju tempat ibadah adalah ….
a. Kekiri
b. Lurus mengikuti arah jalan
c. Kekanan
d. Ke kiri lalu belok kanan
MATEMATIKA
9.
Nama yang sesuai dengan sudut diatas adalah ….
a. Sudut siku-siku
b. Sudut lurus
c. Sudut tumpul
d. Sudut lancip
10. Bangun datar memiliki 4 sisi. Kedua sisi yang berhadapan sama panjang. Memiliki 4 titik sudut. Semua sudut yang dimiliki merupakan sudut siku-siku. Gambar seperti petunjuk berikut yang benar adalah ….
11.
Pernyataan yang sesuai dengan tabel diatas adalah, kecuali ….
a. Ada 8 anak di kelas 4 yang menyukai mangga
b. Ada 9 anak di kelas 2 yang menyukai apel
c. Ada 3 anak di kelas 3 yang menyukai apel
d. Ada 6 anak di kelas 1 yang menyukai anggur
12.
Pernyataan yang sesuai dengan tabel diatas adalah ….
a. Banyak rumah yang ada di jalan lili 60 rumah
b. Banyak rumahyang ada di jalan kamboja 50 rumah
c. Banyak rumah yang ada di jalan melati 15 rumah
d. Banyak rumah yang ada di jalan anggrek 30 rumah
SBDP
13.
Alat yang dibawa untuk memeragakan gerakan diatas adalah ….
a. 2 tempurung kelapa
b. 2 piring plastik
c. 2 kayu
d. 2 baskom plastik
14.
Gambar disamping merupakan contoh benda seni dengan hiasan ….
a. Garis
b. Titik
c. Warna
d. Bulat- bulat
15.
Gambar diatas merupakan manfaat dari …
a. Pohon mangga
b. Pohon pohon randu
c. Pohon kelapa
d. Pohon beringin
16. Lambang gerakan pramuka adalah ….
a. Burung garuda
b. Padi dan kapas
c. Pohon beringin
d. Tunas kelapa
PJOK
17.
Gerakan membungkukkan badan di atas bertujuan untuk ….
a. Melemaskan otot paha
b. Melemaskan otot tangan
c. Melemaskan otot kaki
d. Melemaskan otot pinggang
Baca juga
18.
Nama permainan tradisional disamping yang tepat adalah ….
a. Ular tangga
b. Galasin atau gobak sodor
c. Jungkat- jungkit
d. Lompattali
19. Salah satu permainan pramuka yang membutuhkan kerja sama adalah, kecuali ….
a. Arung jeram
b. lompat tongkat
c. lompat tali
d. galasin
20.
Nama permainan diatas adalah ….
a. Galasin
b. Gobak sodor
c. Ular tangga
d. Jalaikan
II. Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat!
PPKN
1. Sebutkan 5 sila yang ada dipancasila beserta lambangnya!
2. Perhatikan gambar dibawah ini!
3. Sebutkan agama dan tempat ibadah berdasarkan gambar diatas!
BAHASA INDONESIA
4.
Sebutkan dan jelaskan warna beserta arti dalam lampu lalu lintas disamping!
5. Sebutkan 5 bidang dan warna tanda kecakapan khusus dalam pramuka!
MATEMATIKA
6. Perhatikantabeldibawah!
Jumlah siswa dalam satu sekolah___ siswa
Jumlah anak yang suka onde-onde___ siswa
Jumlah anak yang suka kelepon___siswa
Jumlah siswa yang suka dodol___siswa
Jumlah siswa yang suka serabi___siswa
Jumlah siswa yang suka kue lapis___siswa
Makanan yang paling banyak diminati ______ =___anak
7. Buatlah diagram berdasarkan tabel di bawah ini!
Hari Banyak cabe
Senin 6
Selasa 12
Rabu 15
Kamis 9
Jumat 21
Sabtu 18
Pembuatan diagram akan menggunakan tanda
Setiap mewakili 3 cabe
Tanda berarti 6 cabe
SBDP
8.
Apa nama tarian gambar diatas dan jelaskan cara permainannya!
9. Teknik apa saja yang digunakan dalam pembuatan rumah-rumahan?
PJOK
10.
Jelaskan cara melakukan latihan keseimbangan seperti gambar diatas!
11.
Jelaskan cara bermain permainan diatas!
KUNCI JAWABAN
I. Pilihan Ganda
1. B
2. D
3. C
4. A
5. B
Untuk jawaban 6 hingga 20 sudah tersedia dilink download, silihkan klik download dibawah
II. Uraian
1. - Ketuhanan Yang Maha Esa = bintang
- Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradap = kepala banteng
- Persatuan Indonesia = pohon beringin
- Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawarat Perwakilan rantai
- Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia = padi dan kapas
2. - Agama islam di masjid
- Agama hindu di pura
- Agama kristen di gereja
- Agama khonghucu di klenteng
3. -Lampu merah menyala berarti kendaraan harus berhenti
-Lampu kuning menyala berarti kendaraan harus bersiap-siap melaju atau berhenti
-Lampu hijau menyala berarti kendaraan boleh melaju
4. -Kuning = bidang agama
-Merah = bidang patriotisme dan seni budaya
-Putih = bidang ketangkasan dan kesehatan
-Hijau = bidang keterampilan dan teknik pembangunan
-Biru = bidang sosial
5. -Jumlah siswa dalam satu sekolah 150 siswa
-Jumlah anak yang suka onde-onde40siswa
-Jumlah anak yang suka kelepon 20 siswa
-Jumlah siswa yang suka dodol 10 siswa
-Jumlah siswa yang sukaserabi 30 siswa
-Jumlah siswa yang suka kue lapis 50siswa
-Makanan yang paling banyak diminati kue lapis = 50 anak
6.
Pembuatan diagram akan menggunakan tanda
Setiap mewakili 3 cabe
Tanda berarti 6 cabe
7. Tari Tempurung
a. Tepuk kantangan kedepan atas dan kebawah belakang. Tepuk kantangan sambil berjalan dalam barisan.
b. Tepuk kantangan dua kali di sebelah kiri dan sebelah kanan. Tepuk kantangan secara bergantian sebanyak empat kali.
c. Jalan kekiri dua langkah dan tepukkan satu kali. Lalu, jalan kekanan dua langkah dan tepuk kantangan satu kali. Lakukan gerakan tepuk tangan sambil melompat.
d. Tepuk kantangan di sebelah kiri bawah. Tepuk kantangan di sebelahkanan bawah. Tepuk kantangan di sebelah kiriatas. Tepuk kantangan di sebelah kanan atas sambil mengangkat kaki kiri. Lakukan sebanyak dua kali.
e. Jalan kekiri dua langkah dan tepuk tangan satu kali. Lalu, jalan kekanan dua langkah dan tepuk tangan satu kali. Sambil melangkah tengokkan kepala kekiri dan kekanan secara bergantian. Lakukan sebanyak dua kali.
f. Tepuk kantangan kedepan atas dan kebelakang bawah. Tepuk tangan dilakukan sambil berjalan membentuk lingkaran. Lalu, dengan gerakan yang sama berjalan keluar meninggalkan tempat menari.
8. -Memotong
-Menggunting
-Menempel
-Menyambung
9. 1. Berdiri tegak.
2. Angkat kaki kirimu.
3. Berdirilah dengan satu kaki dan jagalah keseimbangan.
4. Bertahanlah sampai hitungan kesepuluh.
5. Angkat kaki kanan.
6. Berdirilah dengan satu kaki dan jagalah keseimbangan.
7. Bertahanlah sampai hitungan kesepuluh.
10. 1. Semua peserta duduk membentuk lingkaran. Posisi kaki menjulur kedalam lingkaran.
2. Setiap peserta berpegangan kuat. Dapat juga menggunakan tali untuk berpegangan. Lakukan sesuai gambar. Semakin rapat jarak antar pemainakan semakin baik.
3. Semua peserta berusaha untuk berdiri secara bersamaan. Usahakan kedua kaki tegak, tidak menekuk lutut.
4. Lakukan berulang-ulang untuk melatih kekuatan kaki.
Soal untuk kelas 3 SD/MI Tema 8 File ini dalam Bentuk .pdf File Size 60kb
Diupload oleh www.rumpunnews.com
Pencarian yang paling banyak dicari
- soal uas tema 5 kelas 8
- soal uas tema 5 kelas 8 dan kunci jawaban
- soal uas kelas 3 semester 1 kurikulum 2013 revisi 2018
- soal tema 8 kelas 3 dan kunci jawaban
- soal tematik kelas 3 semester 1 kurikulum 2013 revisi 2018
- soal uas kelas 3 semester 1 2019
- download soal tematik kelas 3 semester 1
- penilaian akhir tema 5 kelas 8 pdf 2018,2019,2020,2021,2022