Lengkap - 30+ Contoh Soal UAS / PAS untuk kelas 3 SD/MI Tema 7 K13 plus Kunci Jawaban
30+ Contoh Soal UAS / PAS untuk kelas 3 SD/MI Tema 7 K13 plus Kunci Jawaban - Hai adik adik yang baik pada kesempatan yang berbahagia ini kakak ingin membagikan kepada adik adik yang sedang duduk dibangku kelas III SD/MI, soal ini kakak susun dari mata pelajaran Tematik tentang soal Ulangan Akhir Semester atau Penilaian Akhir Semester atau juga UKK Ulangan Kenaikan Kelas pada tema 7 kurikulum 2013 beserta dengan kunci jawaban. Semoga bermanfaat yah.
Soal untuk kelas 3 SD/MI Tema 7 K13 plus Kunci Jawaban
30+ Contoh Soal UAS / PAS untuk kelas 3 SD/MI Tema 7 K13 plus Kunci Jawaban - Bagi Adik adik dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal untuk kelas 3 SD/MI Tema 7 ini, adik adik bisa menguduh materi ini di rumpunnews dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal untuk kelas 3 SD/MI Tema 7.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut rumpunnews memberikan Soal untuk kelas 3 SD/MI Tema 7
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
Baca Juga yang sejenis
30+ Contoh Soal UAS / PAS untuk kelas 3 SD/MI Tema 7 K13 plus Kunci Jawaban |
Soal untuk kelas 3 SD/MI Tema 7 K13 plus Kunci Jawaban
30+ Contoh Soal UAS / PAS untuk kelas 3 SD/MI Tema 7 K13 plus Kunci Jawaban - Bagi Adik adik dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal untuk kelas 3 SD/MI Tema 7 ini, adik adik bisa menguduh materi ini di rumpunnews dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal untuk kelas 3 SD/MI Tema 7.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut rumpunnews memberikan Soal untuk kelas 3 SD/MI Tema 7
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
Baca juga
Kerjakan soal-soal berikut ini !
I. Berikan tanda silang (x) pada jawaban yang benar !
PPKN
1. Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa yang memiliki adat dan kebiasaaan berbeda. Dengan adanya perbedaan Indonesia memiliki semboyan “ Bhinneka Tunggal Ika “, dibawah ini lambang semboyan Negara Indonesia yang benar adalah ….
a. Burung Rajawali
b. Burung Garuda
c. Kepala Banteng
d. Harimau
2. Dengan adanya perbedaan, kita tetap dapat saling membantu. Selain itu, kita dapat saling melengkapi. Hal tersebut merupakan pengertian dari ….
a. Kolaborasi
b. Kerjasama
c. Berdiskusi
d. Kerja kelompok
3. Susi mengajak dodi untuk minum jus di kantin sekolah. Dito menolak ajakan susi.
“ maaf, susi. Aku tidak suka minum jus. Aku lebih suka minum susu coklat,” kata Dito.
Tanggapan tepat untuk melengkapi teks diatas adalah ….
a. “ayolah dit, sedikit saja!”
b. “bohong, kemaren aku lihat kamu minum jus”.
c. “ ohh, maaf ya dit, aku tidak tahu kalau kamu tidak suka sama jus”.
d. “sip, kamu mau pesan jus apa dit?”
4. Hal positif Akibat dari adanya perbedaan sifat dan kebiasaan yang benar adalah ….
a. Menghargai perbedaan
b. Memicu pertengkaran
c. Memaksakan kehendak
d. Muncul sikap tenggang rasa
BAHASA INDONESIA
5. Dibawah ini contoh bahan dasar alami untuk membuat pakaian, kecuali ….
a. Bulu ayam
b. Kepongpong ulat sutra
c. Kapas
d. Bulu domba
6.
Urutan yang benar pembuatan kain diatas adalah ….
a. 3 – 2 – 1 – 5 – 4
b. 3 – 4 – 1 – 5 – 2
c. 1 – 5 – 3 – 2 – 4
d. 1 – 5 – 4 – 3 – 2
7. Dalam bacaan “ Pengolahan Susu Sapi “ ada berbagai olahan yang dihasilkan dari susu sapi. Dibawah ini contoh olahan yang dihasilkan dari susu sapi, kecuali ….
a. Yogurt
b. Tempe
c. Keju
d. Mentega
8. Selain kentungan, gong dapat menjadi pilihan sebagai penyampaian pesan. Kata yang bergaris bawah merupakan contoh alat komunikasi ….
a. Modern
b. Ponsel
c. Tradisional
d. Purba
MATEMATIKA
9.
Berapa banyak simetri putar yang dimiliki bangun diatas ….
a. 5 simetri putar
b. 7 simetri putar
c. 6 simetri putar
d. 4 simetri putar
10. Hitunglah keliling bangun dibawah ini!
a. 6 satuan panjang
b. 9 satuan panjang
c. 18 satuan panjang
d. 20 satuan panjang
11. Hitunglah keliling bangun dibawah ini!
a. 15 satuan panjang
b. 13 satuan panjang
c. 10 satuan panjang
d. 9 satuan panjang
12.
hitunglah keliling bangun disamping ….
a. 12 cm
b. 13 cm
c. 14 cm
d. 15 cm
SBDP
13. Contoh gambar yang menunjukan kain songket adalah ….
14.
Gambar diatas merupakan contoh gerakan ….
a. Gerakan menjemur
b. Gerakan menenun 1
c. Gerakan menenun 2
d. Gerakan memintal kapas
15.
Gambar diatas merupakan contoh motif ….
a. Motif Paqkollong Buqkuq
b. Motif Paqpolloq Songkang
c. Motif Paqsulan Sangbua
d. Motif Paqtangko Pattung
Lanjutan lagu diatas yang sesuai adalah ….
a. Di depan rumah kami setiap pagi
b. Lewat tukang sayur langganan ibu
c. Dijualnya sayur dengan rumahnya
d. Sayur sayur sayur
PJOK
17.
Gambar diatas contoh gambar berenang menggunakan alat pelampung ….
A. Papan luncur
B. Ban lengan
C. Ban renang
D. Rompi renang
18. gambar tanda peringatan disamping artinya ….
a. Dilarang terjun dikolam dangkal
b. Dilarang berenang sendiri
c. Tanda kedalaman air
d. Dilarang terjun dikolam dangkal
19. Dibawah ini upaya menjaga keselamatan diri saat beraktivitas di air, kecuali ….
a. Gunakan pelampung
b. Lakukan pemanasan untuk mencegah cedera
c. Berlatih berenang di kolam yang dangkal
d. Makan yang banyak sebelum berenang
20.
Berdasarkan gambar diatas posisi lengan yang benar adalah ….
a. Kedua lengan lurus keatas, di samping telinga dengan ibu jari saling berkaitan.
b. Kedua lengan saling bersentuhan, di samping telinga dengan ibu jari saling berkaitan.
c. Kedua lengan agak keatas, di atas telinga dengan ibu jari saling berkaitan.
d. Kedua lengan agak rendah, di bawah telinga dengan ibu jari saling berkaitan.
II. Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat!
PPKN
1. Perhatikan gambar dibawah ini!
Sebutkan 6 daerah berdasarkanbaju adat pada gambar diatas!
2. Sebutkan 5 hal negatif akibat dari adanya keberagaman sikap!
BAHASA INDONESIA
3. Sebutkan macam-macam alat transportasi beserta contohnya!
4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan teknologi pangan?
MATEMATIKA
5.
Jika air di gelas dituangkan ke dalam panci, hitunglah masing-masing volume air!
Panci paling banyak terisi air ___ = ___L
Panci paling sedikit terisi air ___ = ___ L
Pancing ___ dan ___sama volume airnya
6.
Urutkan dan hitunglah dari kotak yang bervolume paling banyak hingga kotak yang bervolume paling sedikit!
….. – ….. – ….. – ….. – …..
___L + ___ L + ___ L + ___ L + ___L : ___ L
SBDP
7. Sebut dan berikan contoh motif ragam hias dalam membuat kerajinan!
8. Sebut dan jelaskan langkah-langkah pembuatan mobil dari kardus!
PJOK
9. Sebutkan 5 peraturan yang ada dikolam renang!
10. Sebutkan 4 upaya menjaga keselamatan diri saat beraktivitas di air!
KUNCI JAWABAN
I. Pilihan Ganda!
1. B
2. A
3. C
4. A
5. A
Untuk jawaban 6 hingga 20 sudah tersedia dilink download, silihkan klik download dibawah
II. Uraian
1. - Dayu dari daerah Bali
- Beni dari daerah Manado
- Rani dari daerah Padang
- Lani dari daerah Tionghoa
- Udin dari daerah sunda
- Edo dari daerah Papua
2. a. Menimbulkan perdebatan
b. Memecah antar suku
c. Memicu pertengkaran
d. Tidak mau bersatu
e. Berbeda pendapat
3. - Darat ( jalan raya ) :sepeda, motor, mobil
- Darat ( diatas rel ) :kereta
- Air :perahu, kapal, feri
- Udara : pesawat, balon udara
4. Teknologi pangan adalah penggunaan ilmu pengetahuan untuk mengolah pangan.
5. Panci paling banyak terisi air E : 14 L
Panci paling sedikit terisi air C : 5 L
Pancing B dan D sama volume airnya
6. 5 – 3 – 1 – 2 – 4
16 L + 15 L + 13 L + 9 L + 5 L : 58 L
7. • Flora: ragam hias dengan bentuk tumbuhan.
• Fauna: ragam hias dengan bentuk hewan.
• Geometris: ragam hias dengan bentuk bangun datar.
•Tumpal: ragam hias dengan bentuk tepian segitiga.
• Meander: ragam hias dengan bentuk tepian lekuk siku.
8. a. Siapkan peralatan.
b. Selotip dengan rapat bagian kardus yang terpotong dengan rapat.
c. Buat pola pintu mobil pada bagian samping kanan dan kiri kardus.
d. Potong garis pintu seperti pada gambar.
e. Buat pola kaca depan pada bagian atas kardus. Buat garis sekitar 1 cm dari setiap sisi sehingga membentuk persegi panjang. Potong pada 3 bagian sisi. Lalu, lipat potongan ke atas sehingga membentu kaca.
f. Potong kertas putih seukuran persegi panjang pada kaca depan. Lalu tempel bagian kaca depan.
g.Kelebihan kardus pada bagian belakang dilipat ke dalam, sehingga membentuk seperti sandaran kursi mobil.
9. 1. Tidak sakit kulit, sakit mata, sakit menular.
2. Gunakanlah pakaian renang.
3. Tidak membawa makanan ke dalam kolam.
4. Tidak membawa binatang peliharaan.
5. Membilas anggota tubuh sebelum berenang.
10. - Gunakan pelampung
- Lakukan pemanasan untuk mencegah cedera
- Berlatih berenang dikolam yang dangkal
- Tidak berenang sendiri dan pastikan ada yang mengawasi
PPKN
1. Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa yang memiliki adat dan kebiasaaan berbeda. Dengan adanya perbedaan Indonesia memiliki semboyan “ Bhinneka Tunggal Ika “, dibawah ini lambang semboyan Negara Indonesia yang benar adalah ….
a. Burung Rajawali
b. Burung Garuda
c. Kepala Banteng
d. Harimau
2. Dengan adanya perbedaan, kita tetap dapat saling membantu. Selain itu, kita dapat saling melengkapi. Hal tersebut merupakan pengertian dari ….
a. Kolaborasi
b. Kerjasama
c. Berdiskusi
d. Kerja kelompok
3. Susi mengajak dodi untuk minum jus di kantin sekolah. Dito menolak ajakan susi.
“ maaf, susi. Aku tidak suka minum jus. Aku lebih suka minum susu coklat,” kata Dito.
Tanggapan tepat untuk melengkapi teks diatas adalah ….
a. “ayolah dit, sedikit saja!”
b. “bohong, kemaren aku lihat kamu minum jus”.
c. “ ohh, maaf ya dit, aku tidak tahu kalau kamu tidak suka sama jus”.
d. “sip, kamu mau pesan jus apa dit?”
4. Hal positif Akibat dari adanya perbedaan sifat dan kebiasaan yang benar adalah ….
a. Menghargai perbedaan
b. Memicu pertengkaran
c. Memaksakan kehendak
d. Muncul sikap tenggang rasa
BAHASA INDONESIA
5. Dibawah ini contoh bahan dasar alami untuk membuat pakaian, kecuali ….
a. Bulu ayam
b. Kepongpong ulat sutra
c. Kapas
d. Bulu domba
6.
Urutan yang benar pembuatan kain diatas adalah ….
a. 3 – 2 – 1 – 5 – 4
b. 3 – 4 – 1 – 5 – 2
c. 1 – 5 – 3 – 2 – 4
d. 1 – 5 – 4 – 3 – 2
7. Dalam bacaan “ Pengolahan Susu Sapi “ ada berbagai olahan yang dihasilkan dari susu sapi. Dibawah ini contoh olahan yang dihasilkan dari susu sapi, kecuali ….
a. Yogurt
b. Tempe
c. Keju
d. Mentega
8. Selain kentungan, gong dapat menjadi pilihan sebagai penyampaian pesan. Kata yang bergaris bawah merupakan contoh alat komunikasi ….
a. Modern
b. Ponsel
c. Tradisional
d. Purba
MATEMATIKA
9.
Berapa banyak simetri putar yang dimiliki bangun diatas ….
a. 5 simetri putar
b. 7 simetri putar
c. 6 simetri putar
d. 4 simetri putar
10. Hitunglah keliling bangun dibawah ini!
a. 6 satuan panjang
b. 9 satuan panjang
c. 18 satuan panjang
d. 20 satuan panjang
11. Hitunglah keliling bangun dibawah ini!
a. 15 satuan panjang
b. 13 satuan panjang
c. 10 satuan panjang
d. 9 satuan panjang
12.
hitunglah keliling bangun disamping ….
a. 12 cm
b. 13 cm
c. 14 cm
d. 15 cm
SBDP
13. Contoh gambar yang menunjukan kain songket adalah ….
14.
Gambar diatas merupakan contoh gerakan ….
a. Gerakan menjemur
b. Gerakan menenun 1
c. Gerakan menenun 2
d. Gerakan memintal kapas
15.
Gambar diatas merupakan contoh motif ….
a. Motif Paqkollong Buqkuq
b. Motif Paqpolloq Songkang
c. Motif Paqsulan Sangbua
d. Motif Paqtangko Pattung
Baca juga
16.
Lanjutan lagu diatas yang sesuai adalah ….
a. Di depan rumah kami setiap pagi
b. Lewat tukang sayur langganan ibu
c. Dijualnya sayur dengan rumahnya
d. Sayur sayur sayur
PJOK
17.
Gambar diatas contoh gambar berenang menggunakan alat pelampung ….
A. Papan luncur
B. Ban lengan
C. Ban renang
D. Rompi renang
18. gambar tanda peringatan disamping artinya ….
a. Dilarang terjun dikolam dangkal
b. Dilarang berenang sendiri
c. Tanda kedalaman air
d. Dilarang terjun dikolam dangkal
19. Dibawah ini upaya menjaga keselamatan diri saat beraktivitas di air, kecuali ….
a. Gunakan pelampung
b. Lakukan pemanasan untuk mencegah cedera
c. Berlatih berenang di kolam yang dangkal
d. Makan yang banyak sebelum berenang
20.
Berdasarkan gambar diatas posisi lengan yang benar adalah ….
a. Kedua lengan lurus keatas, di samping telinga dengan ibu jari saling berkaitan.
b. Kedua lengan saling bersentuhan, di samping telinga dengan ibu jari saling berkaitan.
c. Kedua lengan agak keatas, di atas telinga dengan ibu jari saling berkaitan.
d. Kedua lengan agak rendah, di bawah telinga dengan ibu jari saling berkaitan.
II. Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat!
PPKN
1. Perhatikan gambar dibawah ini!
Sebutkan 6 daerah berdasarkanbaju adat pada gambar diatas!
2. Sebutkan 5 hal negatif akibat dari adanya keberagaman sikap!
BAHASA INDONESIA
3. Sebutkan macam-macam alat transportasi beserta contohnya!
4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan teknologi pangan?
MATEMATIKA
5.
Jika air di gelas dituangkan ke dalam panci, hitunglah masing-masing volume air!
Panci paling banyak terisi air ___ = ___L
Panci paling sedikit terisi air ___ = ___ L
Pancing ___ dan ___sama volume airnya
6.
Urutkan dan hitunglah dari kotak yang bervolume paling banyak hingga kotak yang bervolume paling sedikit!
….. – ….. – ….. – ….. – …..
___L + ___ L + ___ L + ___ L + ___L : ___ L
SBDP
7. Sebut dan berikan contoh motif ragam hias dalam membuat kerajinan!
8. Sebut dan jelaskan langkah-langkah pembuatan mobil dari kardus!
PJOK
9. Sebutkan 5 peraturan yang ada dikolam renang!
10. Sebutkan 4 upaya menjaga keselamatan diri saat beraktivitas di air!
KUNCI JAWABAN
I. Pilihan Ganda!
1. B
2. A
3. C
4. A
5. A
Untuk jawaban 6 hingga 20 sudah tersedia dilink download, silihkan klik download dibawah
II. Uraian
1. - Dayu dari daerah Bali
- Beni dari daerah Manado
- Rani dari daerah Padang
- Lani dari daerah Tionghoa
- Udin dari daerah sunda
- Edo dari daerah Papua
2. a. Menimbulkan perdebatan
b. Memecah antar suku
c. Memicu pertengkaran
d. Tidak mau bersatu
e. Berbeda pendapat
3. - Darat ( jalan raya ) :sepeda, motor, mobil
- Darat ( diatas rel ) :kereta
- Air :perahu, kapal, feri
- Udara : pesawat, balon udara
4. Teknologi pangan adalah penggunaan ilmu pengetahuan untuk mengolah pangan.
5. Panci paling banyak terisi air E : 14 L
Panci paling sedikit terisi air C : 5 L
Pancing B dan D sama volume airnya
6. 5 – 3 – 1 – 2 – 4
16 L + 15 L + 13 L + 9 L + 5 L : 58 L
7. • Flora: ragam hias dengan bentuk tumbuhan.
• Fauna: ragam hias dengan bentuk hewan.
• Geometris: ragam hias dengan bentuk bangun datar.
•Tumpal: ragam hias dengan bentuk tepian segitiga.
• Meander: ragam hias dengan bentuk tepian lekuk siku.
8. a. Siapkan peralatan.
b. Selotip dengan rapat bagian kardus yang terpotong dengan rapat.
c. Buat pola pintu mobil pada bagian samping kanan dan kiri kardus.
d. Potong garis pintu seperti pada gambar.
e. Buat pola kaca depan pada bagian atas kardus. Buat garis sekitar 1 cm dari setiap sisi sehingga membentuk persegi panjang. Potong pada 3 bagian sisi. Lalu, lipat potongan ke atas sehingga membentu kaca.
f. Potong kertas putih seukuran persegi panjang pada kaca depan. Lalu tempel bagian kaca depan.
g.Kelebihan kardus pada bagian belakang dilipat ke dalam, sehingga membentuk seperti sandaran kursi mobil.
9. 1. Tidak sakit kulit, sakit mata, sakit menular.
2. Gunakanlah pakaian renang.
3. Tidak membawa makanan ke dalam kolam.
4. Tidak membawa binatang peliharaan.
5. Membilas anggota tubuh sebelum berenang.
10. - Gunakan pelampung
- Lakukan pemanasan untuk mencegah cedera
- Berlatih berenang dikolam yang dangkal
- Tidak berenang sendiri dan pastikan ada yang mengawasi
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 30+ Contoh Soal UAS / PAS untuk kelas 3 SD/MI Tema 7 K13 plus Kunci Jawaban ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
Soal untuk kelas 3 SD/MI Tema 7 File ini dalam Bentuk .pdf File Size 60kb
Diupload oleh www.rumpunnews.com
Pencarian yang paling banyak dicari
- soal uas tema 7 kelas 3
- soal uas tema 7 kelas 3 dan kunci jawaban
- soal uas kelas 3 semester 1 kurikulum 2013 revisi 2018
- soal tema 7 kelas 3 dan kunci jawaban
- soal tematik kelas 3 semester 1 kurikulum 2013 revisi 2018
- soal uas kelas 3 semester 1 2019
- download soal tematik kelas 3 semester 1
- penilaian akhir tema 7 kelas 3 pdf 2018,2019,2020,2021,2022