Lengkap - 30+ Contoh Soal UAS / PAS untuk kelas 4 SD/MI Tema 4 K13 plus Kunci Jawaban
30+ Contoh Soal UAS / PAS untuk kelas 4 SD/MI Tema 4 K13 plus Kunci Jawaban - Hai adik adik yang baik, bagaimana kabarnya? semoga sehat selalu ya, nah pada kesempatan yang baik ini tentunya kakak menyediakan soal untuk adik adik, soal ini kakak ambil dari mata pelajaran Tematik tentang Ulangan Akhir Semester / Penilaian Akhir Semester kelas IV SD/MI berserta dengan kunci jawabannya. Semoga dengan soal ini bisa membantu adik adik ya. Tetap semangat!!
Soal untuk kelas 4 SD/MI Tema 4 K13 plus Kunci Jawaban
30+ Contoh Soal UAS / PAS untuk kelas 4 SD/MI Tema 4 K13 plus Kunci Jawaban - Bagi Adik adik dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal untuk kelas 4 SD/MI Tema 4 ini, adik adik bisa menguduh materi ini di rumpunnews dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal untuk kelas 4 SD/MI Tema 4.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut rumpunnews memberikan Soal untuk kelas 4 SD/MI Tema 4
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
Kerjakan soal-soal berikut ini !
30+ Contoh Soal UAS / PAS untuk kelas 4 SD/MI Tema 4 K13 plus Kunci Jawaban |
Soal untuk kelas 4 SD/MI Tema 4 K13 plus Kunci Jawaban
30+ Contoh Soal UAS / PAS untuk kelas 4 SD/MI Tema 4 K13 plus Kunci Jawaban - Bagi Adik adik dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal untuk kelas 4 SD/MI Tema 4 ini, adik adik bisa menguduh materi ini di rumpunnews dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal untuk kelas 4 SD/MI Tema 4.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut rumpunnews memberikan Soal untuk kelas 4 SD/MI Tema 4
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
Kerjakan soal-soal berikut ini !
I. Berikan tanda silang (x) pada jawaban yang benar !
1. Menghargai setiap orang untuk memeluk agama masing - masing merupakan salah satu contoh pengalaman Pancasila yaitu …..
a. Sila 1
b. Sila 2
c. Sila 3
d. Sila 4
2. Yang bukan merupakan makna sila 1 dalam Pancasila yaitu ….
a. Percaya adanya Tuhan
b. Bebas memeluk agama
c. Saling kerjasama
d. Toleransi umat bergama
3. Berikut contoh sikap yang menunjukan sila kedua Pancasila dalam kehidupan sehari hari adalah …..
a. Membantu teman
b. Diskusi
c. Melaksanakan Ibadah
d. Saling menghargai
4. Simbol sila ke 2 dalam Pancasila yaitu ….
a. Bintang
b. Rantai
c. Pohon beringin
d. Padi dan kapas
5. Menggalang kegiatan sosial dan meningkatkan semangat gotong royong dan kekeluargaan merupakan pengamalan Pancasila sila ke …..
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
6. Yang bukan merupakan jesnis cerita adalah …..
a. Dongeng
b. Cerpen
c. Mitos
d. Majalah
7. Cerita khayalan (fiksi) yang biasanya bersifat menghibur dan mengandung nilai pendidikan juga diceritakan turun temurun.
a. Legenda
b. Dongeng
c. Mitos
d. Sejarah
8. Cerita “Si Kancil dan Petani” merupakan salah satu cerita …..
a. Legenda
b. Dongeng
c. Mitos
d. Sejarah
9. Tokoh yang diutamakan penceritaannya dalam novel yang bersangkutan. Ia merupakan tokoh yang paling banyak diceritakan, baik sebagai pelaku kejadian maupun yang dikenai kejadian.
a. Tokoh utama
b. Tokoh pembantu
c. Tokoh antagonis
d. Tokoh protagonis
10. Tempat dimana tokoh atau si pelaku mengalami kejadian atau peristiwa didalam cerita. Seperti misalnya: Didalam bangunan tua, di sebuah gedung, dan lain sebagainya disebut ….
a. Latar belakang
b. Latar tempat
c. Latar waktu
d. Background
11. Berikut manfaat hutan bakau, kecuali ….
a. Menahan rembesan air laut ke dalam
b. Sebagai perangkap zat pencemar dan limbah industri
c. Melindungi pantai dari erosi dan abrasi
d. Pembabatan hutan bakau dapat dijadikan usaha pertambakan
12. Kegiatan yang menghasilkan barang adalah ….
a. Guru
b. Dokter
c. Tukang cukur
d. Penjahit
13. Kegiatan yang menghasilkan jasa adalah …..
a. Pengrajin kayu
b. Arsitektur
c. Petani
d. Produksi tempe
14. Bukan produk yang dihasilkan dari pengrajin kayu yaitu .....
a. Meja
b. Kursi
c. Pintu
d. Kaca
15. Tindakan apasaja yang tidak boleh dilakukan oleh polisi hutan?
a. Menjaga tata tertib
b. Mendampingi pengunjung
c. Mengatur penebangan hutan
d. Memberikan pengarahan
16. Ilmu yang memperlajari tentang hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan disebut …..
a. Ekologi
b. Zoologi
c. Botani
d. Bioteknologi
17. Yang bukan merupakan tumbuhan langka dan dilindungi di Indonesia adalah ….
a. Bunga bangkai
b. Bunga melati
c. Rafflesia Arnoldi
d. Bunga edelweis
18. Salah satu manfaat dari penggunaan teknologi dalam setiap kegiatan adalah …..
a. Mempermudah aktivitas manusia
b. Dapat merusak moral
c. Menciptakan budaya malas
d. Pemborosan sumber energi
19. Yang tidak digunakan nelayan menggunakan teknologi modern adalah …..
a. Menggunakan pukat harimau
b. menggunakan radar
c. Menggunakan jarring dan sampan
d. Menggunakan bom ikan
20. Berikut bahan yang dapat didaur ulang adalah …..
a. Kantong plastik
b. Kertas
c. Styrofoam
d. Kaleng
II. Isilah titik titik dengan jawaban yang tepat !
1. Apa arti penting Pancasila bagi Negara Indonesia?
2. Sebutkan makna sila ke 2 Pancasila?
3. Perhatikan cerita dibawah ini !
Ada seekor siput selalu memandang sinis terhadap katak. Suatu hari, katak yang kehilangan kesabaran akhirnya berkata kepada siput: “Tuan siput, apakah saya telah melakukan kesalahan, sehingga Anda begitu membenci saya?”
Siput menjawab: “Kalian kaum katak mempunyai empat kaki dan bisa melompat ke sana ke mari, Tapi saya mesti membawa cangkang yang berat ini, merangkak di tanah, jadi saya merasa sangat sedih.”
Katak menjawab: “Setiap kehidupan memiliki penderitaannya masing-masing, hanya saja kamu cuma melihat kegembiraan saya, tetapi kamu tidak melihat penderitaan kami (katak).”
Dan seketika, ada seekor elang besar yang terbang ke arah mereka, siput dengan cepat memasukan badannya ke dalam cangkang, sedangkan katak dimangsa oleh elang.
Apa pesan moral yang dapat kita pelajari dari cerita diatas?
4. Perhatikan teks berikut !
Sambil menunggu bel masuk sekolah, Imam selalu membaca buku sebelum pelajaran dimulai. Semua tugas dari guru sudah dipersiapkan semuanya. Teman temannya yang lain ada yang sedang duduk sambi bercerita sesama teman, ada pula yang sedang membersihkan papan tulis serta menyapu lantai.
Latar waktu dan tempat pada teks diatas adalah?
5. Apa yang dimaksud kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi?
6. Sebutkan 3 contoh mata pencaharian masyarakat di lingkungan sekitar anda !
7. Jelaskan proses yang terjadinya meja dan kursi bisa sampai di rumahmu!
8. Apa yang dimaksud keseimbangan ekosistem?
9. Mengapa kita perlu memakai pensil secara hemat dan efektif?
10. Mengapa kita perlu memanfaatkan barang bekas?
KUNCI JAWABAN
I.
1 A 6 D
2 C 7 B
3 A 8 B
4 B 9 A
5 C 10 B
Untuk jawaban 11 hingga 20 sudah tersedia dilink download, silihkan klik download dibawah
II.
1. Pancasila dijadikan sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa untuk mengatur penyelenggaraan negara.
2. Makna sila ke 2 :
• Setiap manusia setara, sejajar
• Beradab dalam rasa, pikiran, dan tindakan
• Anti penjajahan
• Mengutamakan kebenaran dan keadilan
3. Nikmatilah kehidupanmu, tidak perlu dibandingkan dengan orang lain. keirian hati kita terhadap orang lain akan membawa lebih banyak penderitaan. Lebih baik pikirkanlah apa yang kita miliki. Hal tersebut akan membawakan lebih banyak rasa syukur dan kebahagiaan bagi kita sendiri.
4. Pagi hari di dalam kelas
5. Produksi adalah kegiatan membuat atau menghasilkan barang/jasa.
Distribusi adalah kegiatan penyalurkan/menyampaikan barang atau jasa kepada Konsumen
Konsumsi adalah kegiatan menggunakan/mengurangi nilai guna barang atau jasa yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan
6. Petani, Guru, Tukang kayu, pedagang sayur
7. Pohon dihutan => menebang pohon => kayu diangkut ke kota => pengrajin kayu => Toko mebel => pembeli.
8. Keseimbangan ekosistem adalah suatu kondisi dimana interaksi antara komponen-komponen di dalamnya berlangsung secara harmonis dan seimbang. Keseimbangan ekosistem tersebut berdampak signifikan pada keselerasan serta kesejahteraan hidup manusia dan mahluk hidup lainnya
9. Karena bahan membuat pensil yaitu campuran dari grafit dan tanah liat kemudian dibalut mengunakan kayu. Kayu yang ditebang berasal dari pohon, jika kita tidak menghemat pohon di lingkungan kita akan cepat habis dan itu berdampak pada kerusakan lingkungan
10. Untuk mengurangi jumlah sampah, dan menambah nilai guna pada barang tersebut
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 30+ Contoh Soal UAS / PAS untuk kelas 4 SD/MI Tema 4 K13 plus Kunci Jawaban ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!1. Menghargai setiap orang untuk memeluk agama masing - masing merupakan salah satu contoh pengalaman Pancasila yaitu …..
a. Sila 1
b. Sila 2
c. Sila 3
d. Sila 4
2. Yang bukan merupakan makna sila 1 dalam Pancasila yaitu ….
a. Percaya adanya Tuhan
b. Bebas memeluk agama
c. Saling kerjasama
d. Toleransi umat bergama
3. Berikut contoh sikap yang menunjukan sila kedua Pancasila dalam kehidupan sehari hari adalah …..
a. Membantu teman
b. Diskusi
c. Melaksanakan Ibadah
d. Saling menghargai
4. Simbol sila ke 2 dalam Pancasila yaitu ….
a. Bintang
b. Rantai
c. Pohon beringin
d. Padi dan kapas
5. Menggalang kegiatan sosial dan meningkatkan semangat gotong royong dan kekeluargaan merupakan pengamalan Pancasila sila ke …..
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
6. Yang bukan merupakan jesnis cerita adalah …..
a. Dongeng
b. Cerpen
c. Mitos
d. Majalah
7. Cerita khayalan (fiksi) yang biasanya bersifat menghibur dan mengandung nilai pendidikan juga diceritakan turun temurun.
a. Legenda
b. Dongeng
c. Mitos
d. Sejarah
8. Cerita “Si Kancil dan Petani” merupakan salah satu cerita …..
a. Legenda
b. Dongeng
c. Mitos
d. Sejarah
9. Tokoh yang diutamakan penceritaannya dalam novel yang bersangkutan. Ia merupakan tokoh yang paling banyak diceritakan, baik sebagai pelaku kejadian maupun yang dikenai kejadian.
a. Tokoh utama
b. Tokoh pembantu
c. Tokoh antagonis
d. Tokoh protagonis
10. Tempat dimana tokoh atau si pelaku mengalami kejadian atau peristiwa didalam cerita. Seperti misalnya: Didalam bangunan tua, di sebuah gedung, dan lain sebagainya disebut ….
a. Latar belakang
b. Latar tempat
c. Latar waktu
d. Background
11. Berikut manfaat hutan bakau, kecuali ….
a. Menahan rembesan air laut ke dalam
b. Sebagai perangkap zat pencemar dan limbah industri
c. Melindungi pantai dari erosi dan abrasi
d. Pembabatan hutan bakau dapat dijadikan usaha pertambakan
12. Kegiatan yang menghasilkan barang adalah ….
a. Guru
b. Dokter
c. Tukang cukur
d. Penjahit
13. Kegiatan yang menghasilkan jasa adalah …..
a. Pengrajin kayu
b. Arsitektur
c. Petani
d. Produksi tempe
14. Bukan produk yang dihasilkan dari pengrajin kayu yaitu .....
a. Meja
b. Kursi
c. Pintu
d. Kaca
15. Tindakan apasaja yang tidak boleh dilakukan oleh polisi hutan?
a. Menjaga tata tertib
b. Mendampingi pengunjung
c. Mengatur penebangan hutan
d. Memberikan pengarahan
16. Ilmu yang memperlajari tentang hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan disebut …..
a. Ekologi
b. Zoologi
c. Botani
d. Bioteknologi
17. Yang bukan merupakan tumbuhan langka dan dilindungi di Indonesia adalah ….
a. Bunga bangkai
b. Bunga melati
c. Rafflesia Arnoldi
d. Bunga edelweis
18. Salah satu manfaat dari penggunaan teknologi dalam setiap kegiatan adalah …..
a. Mempermudah aktivitas manusia
b. Dapat merusak moral
c. Menciptakan budaya malas
d. Pemborosan sumber energi
19. Yang tidak digunakan nelayan menggunakan teknologi modern adalah …..
a. Menggunakan pukat harimau
b. menggunakan radar
c. Menggunakan jarring dan sampan
d. Menggunakan bom ikan
20. Berikut bahan yang dapat didaur ulang adalah …..
a. Kantong plastik
b. Kertas
c. Styrofoam
d. Kaleng
II. Isilah titik titik dengan jawaban yang tepat !
1. Apa arti penting Pancasila bagi Negara Indonesia?
2. Sebutkan makna sila ke 2 Pancasila?
3. Perhatikan cerita dibawah ini !
Ada seekor siput selalu memandang sinis terhadap katak. Suatu hari, katak yang kehilangan kesabaran akhirnya berkata kepada siput: “Tuan siput, apakah saya telah melakukan kesalahan, sehingga Anda begitu membenci saya?”
Siput menjawab: “Kalian kaum katak mempunyai empat kaki dan bisa melompat ke sana ke mari, Tapi saya mesti membawa cangkang yang berat ini, merangkak di tanah, jadi saya merasa sangat sedih.”
Katak menjawab: “Setiap kehidupan memiliki penderitaannya masing-masing, hanya saja kamu cuma melihat kegembiraan saya, tetapi kamu tidak melihat penderitaan kami (katak).”
Dan seketika, ada seekor elang besar yang terbang ke arah mereka, siput dengan cepat memasukan badannya ke dalam cangkang, sedangkan katak dimangsa oleh elang.
Apa pesan moral yang dapat kita pelajari dari cerita diatas?
4. Perhatikan teks berikut !
Sambil menunggu bel masuk sekolah, Imam selalu membaca buku sebelum pelajaran dimulai. Semua tugas dari guru sudah dipersiapkan semuanya. Teman temannya yang lain ada yang sedang duduk sambi bercerita sesama teman, ada pula yang sedang membersihkan papan tulis serta menyapu lantai.
Latar waktu dan tempat pada teks diatas adalah?
5. Apa yang dimaksud kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi?
6. Sebutkan 3 contoh mata pencaharian masyarakat di lingkungan sekitar anda !
7. Jelaskan proses yang terjadinya meja dan kursi bisa sampai di rumahmu!
8. Apa yang dimaksud keseimbangan ekosistem?
9. Mengapa kita perlu memakai pensil secara hemat dan efektif?
10. Mengapa kita perlu memanfaatkan barang bekas?
KUNCI JAWABAN
I.
1 A 6 D
2 C 7 B
3 A 8 B
4 B 9 A
5 C 10 B
Untuk jawaban 11 hingga 20 sudah tersedia dilink download, silihkan klik download dibawah
II.
1. Pancasila dijadikan sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa untuk mengatur penyelenggaraan negara.
2. Makna sila ke 2 :
• Setiap manusia setara, sejajar
• Beradab dalam rasa, pikiran, dan tindakan
• Anti penjajahan
• Mengutamakan kebenaran dan keadilan
3. Nikmatilah kehidupanmu, tidak perlu dibandingkan dengan orang lain. keirian hati kita terhadap orang lain akan membawa lebih banyak penderitaan. Lebih baik pikirkanlah apa yang kita miliki. Hal tersebut akan membawakan lebih banyak rasa syukur dan kebahagiaan bagi kita sendiri.
4. Pagi hari di dalam kelas
5. Produksi adalah kegiatan membuat atau menghasilkan barang/jasa.
Distribusi adalah kegiatan penyalurkan/menyampaikan barang atau jasa kepada Konsumen
Konsumsi adalah kegiatan menggunakan/mengurangi nilai guna barang atau jasa yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan
6. Petani, Guru, Tukang kayu, pedagang sayur
7. Pohon dihutan => menebang pohon => kayu diangkut ke kota => pengrajin kayu => Toko mebel => pembeli.
8. Keseimbangan ekosistem adalah suatu kondisi dimana interaksi antara komponen-komponen di dalamnya berlangsung secara harmonis dan seimbang. Keseimbangan ekosistem tersebut berdampak signifikan pada keselerasan serta kesejahteraan hidup manusia dan mahluk hidup lainnya
9. Karena bahan membuat pensil yaitu campuran dari grafit dan tanah liat kemudian dibalut mengunakan kayu. Kayu yang ditebang berasal dari pohon, jika kita tidak menghemat pohon di lingkungan kita akan cepat habis dan itu berdampak pada kerusakan lingkungan
10. Untuk mengurangi jumlah sampah, dan menambah nilai guna pada barang tersebut
Soal untuk kelas 4 SD/MI Tema 4 File ini dalam Bentuk .pdf File Size 60kb
Diupload oleh www.rumpunnews.com
Baca Juga yang sejenis
Pencarian yang paling banyak dicari
- soal uas tema 4 kelas 4
- soal uas tema 4 kelas 4 dan kunci jawaban
- soal uas kelas 4 semester 2 kurikulum 2013 revisi 2018
- soal tema 4 kelas 4 dan kunci jawaban
- soal tematik kelas 4 semester 1 kurikulum 2013 revisi 2018
- soal uas kelas 4 semester 1 2019
- download soal tematik kelas 4 semester 1
- penilaian akhir tema 4 kelas 4 pdf 2018,2019,2020,2021,2022